Android 12 Kemungkinan Besar Rilis 4 Oktober

Android 12 Kemungkinan Besar Rilis 4 Oktober

NESABAMEDIA.COMKabar terkini menyebutkan bahwa Android 12 kemungkinan besar akan dirilis pada tanggal 4 Oktober 2021. Kabar tersebut merujuk pada dokumen internal yang telah bocor ke internet beberapa waktu yang lalu. Versi berikutnya dari sistem operasi seluler Google itu akan menampilkan desain visual Material You yang baru dan telah berada dalam versi beta publik sejak Mei.

Dokumen tersebut digunakan oleh Google untuk memberi tahu mitra OEM, ketika akan berhenti menyetujui pembuatan perangkat lunak untuk berbagai versi Android (yang dilakukannya untuk setiap pembaruan perangkat lunak untuk menjaga kompatibilitas dengan Google Mobile Services). Tanggal 4 Oktober adalah tanggal yang dicantumkan Google sebagai Android Open Source Project (AOSP) rilis Android 12 dalam dokumen itu. Sejumlah pihak mencatat bahwa tanggal rilis AOSP ini biasanya jatuh pada hari yang sama dengan peluncuran rilis stabil Android 12 untuk pelanggan. Pengguna dapat melihat cuitan yang berisi tangkapan layar dokumen di bawah ini:

Ada cara yang cukup mudah, untuk bisa meyakini bahwa tanggal 4 Oktober adalah tanggal perilisan Android 12, yakni dengan membandingkan tanggal rilis Android 11 dan Android 10 dengan isi dokumen. Versi stabil Android 10 dirilis dari versi beta pada tanggal 3 September 2019, sama seperti yang tercantum dalam daftar dokumen. Lalu tanggal 8 September 2020, hari yang dikatakan Google sebagai rilis AOSP Android 11, juga merupakan hari yang sama ketika perangkat lunak dirilis ke publik. Itu bukan konfirmasi yang sulit, tetapi itu membuat tanggal 4 Oktober 2021 tampak sebagai waktu yang lebih mungkin sebagai tanggal rilis Android 12.

Dengan menargetkan beberapa tanggal pada bulan Oktober juga akan menempatkan Android 12 dalam status ketersediaan umum ketika Google diharapkan untuk akhirnya mengumumkan Pixel 6, dengan tidak lagi mengeluarkan teaser atau detail atas perangkat smartphone baru itu. Rumor juga datang dari tim marketing Google sendiri, yang menargetkan tanggal 19 Oktober sebagai peluncuran flagship Google yang baru itu. 

Mulai meluncurkan Android 12 beberapa minggu sebelum meluncurkan produk smartphone flagship, adalah sebuah kemungkinan yang sangat besar.

Leave a Reply

Send this to a friend