• Our Partners:

Android 13 Perkenalkan Fitur Senter Yang Telah Lama Ada di Smartphone Samsung dan Apple

Android 13 Perkenalkan Fitur Flashlight Yang Telah Lama Ada di Smartphone Samsung dan Apple

NESABAMEDIA.COMAndroid 13 versi Developer Preview (Pratinjau Pengembang) pertama telah dirilis sejak beberapa hari yang lalu. Versi Android 13 tersebut menghadirkan banyak sekali fitur baru yang menarik seperti tema dinamis untuk ikon aplikasi pihak ketiga, clipboard yang bisa secara otomatis terhapus, screen saver yang ditingkatkan dan saklar flashlight (senter) Quick Tap. Kali ini nesabamedia.com akan menyorot pada fitur flashlight, dengan adanya kontrol kecerahan baru. 

Tercatat, Android 13 memperkenalkan dua API baru, getTorchStrengthLevel dan turnOnTorchWithStrengthLevel, pada class CameraManager. API pertama akan memberikan feedback mengenai tingkat kecerahan flashlight LED, sedangkan API yang kedua menawarkan pengaturan kontrol seterang yang didukung oleh perangkat.

Keduanya, akan memberikan pengguna opsi untuk menyesuaikan kecerahan flashlight smartphone, ketimbang hanya mengaktifkan atau mematikannya saja. 

Meskipun fitur pengatur kecerahan ini hadir untuk Android 13, beberapa perangkat mungkin tidak bisa memanfaatkannya. Hal tersebut dikarenakan batasan yang diterapkan oleh Hardware Abstraction Layer (HAL). Perangkat kamera HAL versi lama tidak menyebutkan adanya kontrol kecerahan sebagai bagian dari fungsi kontrol flashlight mereka. Namun, sepertinya versi yang lebih baru yang ada di Android 13 Pratinjau Pengembang untuk Pixel 6 Pro akan mendukung dua API baru tersebut. 

Hal ini menyiratkan bahwa OEM lain harus menerapkan versi HAL kamera yang baru, agar kontrol kecerahan flashlight bisa berfungsi dan digunakan. Tetapi kemungkinan, para OEM tidak akan menerapkannya. 

Apa yang menjadikan OEM berperilaku demikian? Jawabannya karena program Google Requirement Freeze tidak memaksakan OEM untuk melakukan peningkatan HAL ke Android 13, sehingga mereka bisa menggunakan kembali implementasi yang lama.

Di sisi lain, perangkat yang diluncurkan dengan Android 13 out-of-the-box, kemungkinan akan mendukung fitur ini, dengan asumsi Google mengamanatkan dukungan versi kamera HAL yang lebih baru dalam Vendor Software Requirements (VSR), yang saat ini belum selesai untuk Android 13.

Jika anda menggunakan smartphone Samsung atau Apple, anda mungkin telah mampu melakukan penyesuaian flashlight smartphone anda sejak lama. Namun dengan Google yang memaketkannya ke Android 13, seharusnya produsen lain bisa dengan mudah menerapkannya secara asli, bukan sebagai tambahan fitur khusus. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend