Antarmuka Windows 11 Search Sudah Hadir, Namun Masalah Akurasi Belum Diperbaiki

Antarmuka Windows 11 Search Sudah Hadir, Namun Masalah Akurasi Belum Diperbaiki

NESABAMEDIA.COMAntarmuka baru untuk Windows 11 Search mulai diluncurkan ke pengguna, bersamaan dengan pembaruan kumulatif bulan April 2022 yang kini telah tersedia untuk lebih banyak orang. Antarmuka baru itu hadir dengan fitur yang disebut Search Highlights yang bertujuan untuk menyoroti konten baru seperti ilustrasi dan fakta atau topik yang sedang tren dari Bing.

Search Highlights diberdayakan oleh Bing dan fitur ini akan berlaku dinamis atau sering berubah untuk membantu pengguna mempelajari topik baru dan menemukan item yang sedang tren.

Misalnya, apabila hari ini adalah hari Bumi, maka Windows Search akan menyajikan beragam fakta dan berita penting terkait kelestarian lingkungan. Demikian juga, fitur itu juga bakal menyoroti berbagai momen seperti hari libur atau event lain secara global maupun sesuai dengan wilayah pengguna tinggal.

Microsoft mengatakan bahwa mereka ingin memberikan konten yang kaya, berani dan interaktif kepada pengguna melalui Windows Search dan Search Highlights akan mendapatkan peningkatan lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang. Tujuannya adalah untuk membagikan ilustrasi yang menyenangkan dari Bing dan membantu pengguna menemukan fakta baru agar pengguna bisa tetap terhubung dan produktif.

Untungnya, bagi pengguna yang tidak begitu berminat dengan adanya fitur semacam ini, mereka bisa mematikan melalui Windows Settings. Ketika anda mematikan Search Highlights, Windows Search akan menampilkan aplikasi yang disarankan, pencarian cepat dari Bing dan aplikasi yang paling sering digunakan.

Antarmuka fitur Windows Search juga terlihat berevolusi menjadi lebih mirip dengan Start Menu, yang akan menjadikan aktivitas dalam mencari sesuatu jadi lebih mudah dan cepat. Misalnya, anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi di halaman beranda pencarian, tanpa harus mencarinya di Taskbar atau Start Menu.

Lebih lanjut, Microsoft juga menjanjikan peningkatan pengalaman dengan mempersonalisasi pengalaman itu dari akun kerja atau sekolah. Sayangnya, Windows 11 Search masih belum mendukung fungsionalitas pencarian terbalik seperti yang ada di Windows 10.

Di sisi lain, Windows Search juga belum benar-benar sempurna dan masih memiliki kekurangan, seperti seringkali gagal menampilkan item yang benar pada hasil pencariannya. Misalnya, Windows Search memilih untuk menampilkan hasil pencarian dari web, namun mengabaikan hasil dari perangkat lokal ketika pengguna mencari sebuah aplikasi. Ini menjadi bukti bahwa integrasi dengan Bing bukan ide yang selalu bagus.

Meski demikian, Microsoft mengaku paham akan masalah tingkat akurasi ini, dan mengkonfirmasi sedang berupaya untuk meningkatkan Windows Search dan salah satu build pratinjau terbaru telah menyertakan perbaikan tambahan untuk menjadikan pencarian lebih cepat lagi.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend