Google Chrome Antivirus Windows 10

Antivirus Windows 10 Kacaukan Browser Google Chrome

NESABAMEDIA.COMDikabarkan sebelumnya banyak sekali pengguna yang mengeluhkan bahwa antivirus di Windows 10 telah mengacaukan kinerja dari bookmark pada Google Chrome dan lainnya. Kini, hadirnya pembaruan dari Google, diklaim telah mengatasi keluhan yang dilaporkan banyak pengguna tersebut. 

Dalam sebuah rilisan resminya, pihak Google mendeteksi bahwa ada sejumlah fitur dan fungsi di browser Chrome yang tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini terjadi apabila pengguna mengaktifkan pemindaian penyimpanan lokal menggunakan antivirus di perangkat Windows 10.

“Program antivirus dan pemindai lainnya mungkin telah mengunci file baru, yang bisa berujung pada sejumlah masalah yang sering muncul saat menyimpan bookmark dan file lainnya yang menggunakan fungsi ImportantFileWriter,” jelas Bruce Dawson, pengembang software Google.

Sebagai langkah untuk mengatasi masalah ini, versi browser Chrome terbaru yang akan datang di perangkat Windows 10, akan dikonfigurasi sedemikian rupa untuk mencoba mengeksekusi ulang fungsi ReplaceFile selama beberapa kali. Hal ini secara khusus hanya akan dilakukan di perangkat Windows 10, sebab masalah ini tidak ditemukan di perangkat dengan sistem operasi lainnya.

Chrome yang menjadi browser flagship dari Google, memang menjadi raja browser saat ini, namun di sisi lain browser ini juga memiliki sejumlah masalah yang terus muncul selama beberapa bulan terakhir, selain masalah dengan antivirus di Windows 10.

Sebelumnya Google juga telah merilis perbaikan untuk bug Zero Day yang ada di browser Chrome pada bulan Oktober lalu. Bahkan exploit Zero Day itu sudah tersebar di internet tak terkendali.

Diketahui juga, keengganan pengguna untuk selalu memperbarui browser dan aplikasi lainnya, menjadi sumber dari masalah yang sering muncul. Hampir sekitar 50 versi browser yang berbeda yang telah beredar, terancam dengan kerentanan keamanan dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. 

Selain masalah keamanan, seperti yang terjadi di browser asli M1 buatan Apple yang dirancang khusus untuk Mac, juga ditemukan adanya isu yang menjadi sumber masalah, bahkan hingga menyebabkan perangkat yang baru dirilis itu rusak. 

Mengatasi celah keamanan dan masalah yang ada, merupakan bagian tak terpisahkan yang harus terus ditangani oleh tim pengembang manapun, namun pihak Google berharap dengan adanya pembaruan dan perbaikan ini, mereka bisa lebih santai selama beberapa minggu ke depan, yang bertepatan dengan musim liburan.

Leave a Reply

Send this to a friend