Apa itu Bahasa Pemrograman C#? Mengenal Bahasa Pemrograman C#

Apa itu Bahasa Pemrograman C#? Mengenal Bahasa Pemrograman C#

Bahasa pemrograman C# atau yang juga dibaca C sharp merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat sederhana. Bahasa ini digunakan untuk tujuan umum, misalnya membangun aplikasi mobile maupun dekstop, pemrograman game, pemrograman server-side untuk web, dan lain sebagainya.

C# juga termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Dengan kata lain, bahasa pemrograman yang satu ini mengusung beberapa konsep seperti class, inheritance, encapsolution, dan polymorphims.

Di dalam praktekknya, bahasa C# bergantung pada .NET Framework yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan maupun menggabungkan kode C#. Dalam Sejarahnya, bahasa C# dibangun oleh Microsoft dengan merekrut seseorang bernama Anders Helsber. Tujuan pembuatan bahasa pemrograman yang satu ini adalah berperan sebagai bahasa pemrograman yang utama di dalam lingkungan .NET Framework.

Tidak sedikit pihak yang beranggapan bahwa C# dan Java saling bersaing. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa jik ada seseorang yang sudah belajar Java, maka belajar C# akan cenderung lebih mudah dan begiu sebaliknya. Tentu anggapan tersebut tidak bisa disalahkan. Hal ini karena pada dasarnya sebelum kemunculan C#, Microsoft telah mengembangkan J++.

Pada waktu itu Microsoft memiliki keinginan agar Java dapat berjalan pada platform Windows. Dikarenakan terjadi masalah dengan pihak luar, maka Microsoft terpaksa menghentikan proyek ini dan kemudian beralih dengan mengembangkan bahasa pemrograman C#.

Hubungan IDE dan C#

Pengertian Bahasa Pemrograman C#

Di dalam mengembangkan sebuah aplikasi maupun menerapkan fungsi yang berbasis C#, maka kita memerlukan IDE. IDE merupakan singkatan dari Integrated Development Environment yang sangat bermanfaat untuuk membantu mempermudah pekerjaan.

Untuk Windows, kita bisa memanfaatkan Visual Studio yang tersedia dengan berbagai fitur yang lengkap. Akan tetapi, tidak semua orang menggunakan sistem operasi Windows serta memiliki spesifikasi dan kapasitas penyimpanan yang memadai untuk menjalankan Visual Studio.

Maka dari itu, kita memerlukan IDE yang berperan sebagai alternatif dari Visual Studio yang diketahui juga memerlukan penyimpanan yang besar. Terdapat Xamarin Studio yang dapat Anda gunakan untuk lintas platform yang memiliki fitur tidak kalah lengkap dibandingkan Visual Studio. Xamarin Studio juga lebih dari cukup untuk Anda manfaatkan dalam membangun bahasa pemrograman C#.

Selain itu, terdapat tool bernama SharpDevelop yang sepertinya hanya bisa digunakan untuk sistem operasi Windows. Bagi Anda yang saat ini menggunakan sistem operasi selain Windows, Anda bisa menggunakan Mono yang nantinya akan berperan menggantikan .NET Framework. Namun, SharpDevelop sebenarnya merupakan pilihan yang bagus karena tidak menuntut perangkat dengan spesifikasi yang tinggi. Hanya saja, pastikan perangkat Anda tersebut menggunakan sistem operasi Windows.

Struktur Program C#

Di dalam bahasa pemrograman C#, terdapat 5 struktur dasar yaitu:

  • Resource atau library
  • Namespace
  • Nama Class
  • Deklarasi Method
  • Metod atau Command

Leave a Reply

Send this to a friend