Apa itu Keyboard QWERTY? Mengenal Pengertian Keybord QWERTY

Apa itu Keyboard QWERTY? Mengenal Pengertian Keyboard QWERTY

Keyboard merupakan salah satu perangkat input pada komputer. Keyboard merupakan salah satu hardware atau perangkat lunak yang berfungsi untuk memasukkan angka dan teks sehingga hasilnya akan muncul di layar.

Dalam sejarahnya, ada berbagai macam keyboard. Salah satunya adalah keyboard QWERTY. Berikut ini kami akan mengajak Anda untuk membahas tentang keyboard QWERTY yang merupakan jenis keyboard yang kita gunakan sekarang.

Mengenal Keyboard QWERTY

Mengenal Keybord QWERTY

Sekarang Anda perhatikan keyboard yang Anda miliki. Kemudian Anda lihat urutan huruf dari sebelah kiri atas. Maka terdapat huruf yang berurutan yang jika digabungkan bertuliskan QWERTY.

Keyboard QWERTY sudah sering kita temukan di mana-mana. Bahkan sekarang mungkin tidak ada perangkat baru yang tidak menggunakan jenis keyboard QWERTY. Jenis keyboard yang satu ini bahkan sudah digunakan untuk keyboard pada layar sentuh.

Sejarah Keyboard QWERTY

Perlu Anda tahu bahwa tata letak dari keyboard QWERTY dikembangkan oleh seseorang bernama Christopher Latham Sholes. Dia kemudian mengajukan permohonan untuk mematekan tata letak keyboard tersebut pada tahun 1867 namun hanya untuk versi mesin ketik.

Setelah dilakukan berbagai modifikasi, maka kemudian jenis keyboard tersebut benar-benar dipatenkan pada 1878. Namun tentunya berbeda dengan versi keyboard QWERTY yang kita gunakan saat ini karena dalam prosesnya pun masih dilakukan perubahan.

Sebenarnya, di awal pemakaiannya pun Sholes masih kebingungan dan kerap mengalami kesalahan ketika mengetik. Hal ini disebabkan oleh tata letak antara tuts yang satu dengan yang lainnya berdekatan. Jadi, ketika satu tombol ditekan maka tombol yang lainnya pun iku tertekan. Kemudain, Sholes kembali membongkar penemuannya tersebut dan kemudian mengacak-acak urutan atau teta letak hurufnya.

Pada akhirnya Sholes berhasil menemukan susunan keyboard seperti yang kita lihat dan kita gunakan seperti sekarang ini. Kemudian, setelah dilakukan berbagai perbaikan dan peningkatan mulai dari teknik gerak sampai dengan tuts-nya. Kemudian di tahun 1874, keyboard QWERTY mulai diperkenalkan ke publik dan digunakan oleh banyak orang.

Adapun perangkat pertama yang beroperasi dengan keyboard QWERTY adalah mesin ketik yang dibuat oleh E Remington. Untuk kata QWERTY sendiri memang diambil dari urutan huruf sebelah kiri atas pada keyboard yang kita gunakan sekarang. Penemuan Sholes tersebut semakin banyak dikenal dan penggunanya sudah semakin banyak.

Terlebih lagi ketika E Remington, Yost, Caligraph, Smith-Premir, dan Densmore merger menjadi sebuah perusahaan yang bernama Union Typewriter Company.

Akan tetapi, ketika keyboard QWERTY semakin terkenal malah nama Sholes seolah-olah tenggelam dan malah nama Remington yang sudah banyak dikenal orang. Meskipun pada 1932 terdapa jenis keyboard lainnya yang cukup populer yang dibuat oleh Profesor August Dvorak, namun keyboard QWERTY masih tetap diminati dan posisinya seolah-olah tidak bisa tergantikan.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai keyboard QWERTY. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend