• Our Partners:

Pengertian OVO adalah

Apa itu OVO? Pengertian OVO Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Saat ini transaksi pembayaran online semakin meningkat, maka penggunaan E-money pun juga semakin diminati oleh masyarakat. Karena penggunannya yang sangat mudah dan efisien sehingga proses pembayarannya pun cepat. E-money atau E-wallet adalah alat pembayaran yang didalamnya memiliki nilai uang yang tersimpan di dalam suatu media dan digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital.

Kebiasaan masyarakat yang sebelumnya yang masih banyak melakukan transaksi secara tunai, sekarang telah berganti ke transaksi pembayaran secara online atau biasa disebut cashless. Salah satu produk E-wallet atau dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah OVO.

Pengertian OVO

Jika Anda diberi pertanyaan, OVO itu apa sih? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab OVO itu aplikasi yang memudahkan untuk bertransaksi dan sering memberikan promo serta cashback yang banyak.

Nah, jawaban seperti itu tidak salah karena memang seperti itu adanya kan. Saat ini, tingkat transaksi pembayaran online semakin meningkat, kebanyakan orang lebih sering dan lebih senang bertransaksi secara online karena lebih mudah, lebih efisien, dan lebih cepat.

OVO adalah sebuah aplikasi pintar yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan transaksi dan pembayaran secara online. Namun, sayangnya tidak semua toko atau tempat melayani pembayaran menggunakan OVO. Aplikasi OVO dapat digunakan untuk bertransaksi hanya di toko atau merchant yang bertanda OVO Accepted Here atau hanya aplikasi – aplikasi yang sudah memiliki kerjasama dengan OVO yang dapat digunakan.

Contoh aplikasi yang saat ini bekerjasama dengan OVO seperti Tokopedia, Grab, MatahariMall.com dan lain sebagainya. Anda bisa melihat daftar merchant apa saja yang tergabung di dalam aplikasi OVO. OVO memiliki 2 jenis keanggotaan yaitu OVO Club dan OVO  Premier. Berikut pejelasannya:

  • OVO Club – saldo maksimum Rp 2.000.000 dan maksimum top up Rp 1.000.000
  • OVO Premier – saldo maksimum dan maksimum top up Rp 10.000.000. Gratis transfer antar pengguna dan ke semua Bank.

Jika Anda ingin meng-upgrade ke OVO premier caranya sangat mudah, silahkan Anda foto KTP Anda melalui aplikasi OVO dan pilih lokasi OVO Booth terdekat untuk bertemua agen OVO.

Fungsi dan Kegunaan OVO

Pengertian OVO dan fungsinya adalah

OVO merupakan salah satu platform aplikasi pembayaran digital yang bisa digunakan di berbagai macam merchant atau toko yang bekerja sama dengan aplikasi OVO itu sendiri. Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah toko tersebut bekerja sama atau tidak dengan OVO, Anda bisa langsung mengecek apakah ada tanda, seperti papan yang berwarna ungu bertuliskan OVO Accpeted Here yang biasanya terpampang di depan merchant atau toko tersebut.

Bagi Anda pengguna aplikasi OVO bukan hanya terbantu dalam bertransaksi, tapi Anda juga dapat menikmati kemudahan dan kelancaran pembayaran dengan non tunai atau cashless. Dan Anda juga bisa mendapatkan OVO Points dari bertransaksi di merchant atau toko dengan  mereka bukan hanya bisa menikmati kemudahan dan kelancaran pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai, tapi juga mendapatkan OVO Points dengan bertransaksi di toko atau merchant dengan tanda OVO Zone.

OVO memberikan penawaran dalam bertransaksi dengan dua metode yaitu: OVO Cash dan OVO Points. Setiap metode mempunyai fungsi dan kegunaannya masing – masing.

1. OVO Cash

Secara umum, OVO Cash digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran terhadap merchant atau toko yang sudah bekerja sama dengan OVO. OVO Cash dapat dapat diisi ulang, Anda bisa melakukan top-up terhadap saldo OVO Anda. Anda bisa mengisinya lewat ATM, kartu debit, kartu kredit, ataupun lewat mitra pengemudi GRAB atau Tokopedia. Anad bisa mengisi ulang atau menambah saldo OVO Cash Anda lewat ATM, kartu kredit, kartu debit, OVO Booth ataupun lewat mitra pengemudi Grab atau Tokopedia.

OVO Cash juga bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan, seperti:

  • Pembayaran listrik PLN
  • Pembelian pulsa / token PLN
  • Isi ulang pulsa berbagai macam provider
  • Investasi di OVO Invest
  • Pembayatan di berbagai macam merchant atau toko online maupun offline
  • Dan lain sebagainya

Ada beberapa merchant atau toko, saat setelah Anda melakukan transaksi dengan menggunakan OVO Cash, Anda bisa mendapatkan rewards yang berupa OVO points. Namun, tidak semua merchant atau toko, hanya merchant pilihan dari OVO tersebut.

2. OVO Points

OVO Points adalah loyalty rewards yang akan didapatkan oleh pengguna OVO setelah bertransaksi di berbagai merchant atau toko yang menjadi rekan OVO. Syarat untuk mendapatkan OVO Points biasanya Anda harus melakukan transkasi minimal sebesar Rp 10.000 saja. Biasanya OVO Points didapat ketika Anda medapatkan cashback.

Lalu, apa sih fungsi dan kegunaan dari OVO Points itu sendiri? OVO Points sama halnya dengan OVO Cash dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant atau toko yang bekerja sama dengan OVO, dengan menggunakan OVO Points pengguna juga bisa mendapatkan berbagai macam penawaran menarik. Contoh penawaran yang bisa Anda dapatkan dengan menukar OVO Points seperti kupon diskon atau voucher potongan. Saat Anda melakukan pembayaran menggunakan OVO Points, bisa dikatakan Anda membayarnya secara gratis atau diskon karena Anda tidak menggunakan saldo OVO Cash.

Lalu, berapa sih nilai 1 OVO Points saat ditukarkan ke dalam bentuk rupiah? Inilah salah satu keuntungan dari OVO Points, setiap Anda mendapatkan 1 poin berarti nilainya sama dengan Rp 1. Jika Anda memiliki 100.000 OVO Points, artinya Anda memiliki Rp 100.000.

Namun, perlu Anda ingat OVO Points memiliki masa berlaku atau masa kadaluarsa yaitu 18 bulan setelah pertama kali Anda dapatkan. Jika Anda melakukan transaksi menggunakan OVO Points maka Anda tidak akan mendapatkan OVO Points lagi. Jadi artinya OVO Point hanya bisa Anda dapatkan jika Anda sebelumnya melakukan transaksi pembayaran menggunakan OVO Cash.

Lalu, produk apa saja yang bisa menggunakan saldo OVO Points? Berikut ini beberapa contoh produk yang bisa Anda beli menggunakan OVO Points:

  • Membeli pulsa dengan OVO Points di aplikasi OVO
  • Bertransaksi di aplikasi Grab menggunakan OVO Point (seperti, GrabFood, GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress)
  • Belanja di aplikasi Tokopedia (tidak semua barang, hanya barang tertentu saja)
  • Belanja di merchant atau toko yang bekerja sama dengan OVO

Kelebihan dan Kekurangan OVO

Apa itu OVO? Pengertian OVO adalah...

Bagi Anda yang lebih senang dan terbiasa bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai, OVO adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang suka melakukan transaksi jual beli. Bukan hanya memudahkan Anda dalam bertransaksi secara cashless tapi OVO juga menyediakan promo – promo yang menarik. Berikut ini kelebihan atau keuntungan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan OVO:

Kelebihan atau Keuntungan OVO

1. Menawarkan banyak promo cashback yang menarik

Selain Anda bisa bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai atau cashless, Anda bisa sering mendapatkan promo cashback. Cashback yang diberikan biasanya dimulai dari 10% hingga 70% tergantung dari merchant atau tokonya.

Jika Anda pengguna baru atau baru pertama kali bertransaksi, biasanya Anda akan mendapatkan cashback 100% dengan minimal pembelanjaan Rp 25.000 dengan OVO Cash dan mendapatkan bonus cashback sebesar 25.000 OVO Points.

2. Mudah saat top up saldo OVO

OVO juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam pengisian saldo. Anda bisa mengisi saldo OVO lewat berbagai macam cara, bisa melalui ATM, mobile banking, kartu kredit, kartu debit, OVO Booth bahkan pengemudi Grab.

3. Adanya loyalty rewards yang berupa poin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda bertransaksi menggunakan OVO Cash, Anda juga bisa mendapatkan OVO Points. Anda dapat mengumpulkan poin dari bertransaksi di merchant OVO. Lalu, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai diskon atau promo penawaran eksklusif lainnya.

4. Memiliki banyak merchant

Saat ini OVO sudah memiliki banyak rekan merchant yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain Tokopedia, hypermart, Cinemaxx, books & Beyond, MatahariMall.com, dan masih banyak lagi.

Kekurangan OVO

Selain memliki kelebihan dan keuntungan, OVO juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan OVO:

1. OVO Points memiliki masa kadaluarsa

OVO Points yang Anda dapatkan setelah bertransaksi menggunakan OVO Cash memiliki masa kadaluarsa yang cukup singkat. Masa berlaku OVO Points hanya sampai 18 bulan saja. Jika Anda tidak menggunakannya sampai waktu tersebut, maka OVO Points Anda akan hangus.

2. Transaksi bank dikenakan biaya admin

Dulu, saat OVO baru muncul semua transaksi bank tidak dikenakan biaya admin sama sekali. Tapi seiring berjalannya waktu, OVO mengenakan biaya admin sebesar Rp 3.000 untuk setiap transaksi bank.

3. Layanan tagihan belum lengkap

Saat ini OVO belum memberikan pelayanan berupa tagihan PDAM dan Gas PGN. Tapi, untuk layanan pembayaran lainnya seperti PLN, BJS, TV Kabel, Asuransi, dan Iuran lingkungan tersedia di aplikasi OVO.

4. Tidak ada pemberitahuan maintenance

Aplikasi OVO untuk saat ini masih belum memberi tahu jika aplikasinya sedang dilakukan maintenance. Jadi, pengguna masih merasa bingung jika tiba – tiba terjadi maintenance.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang pengertian OVO, beserta fungsi dan kegunaannya, dan juga kelebihan serta kekurangan aplikasi OVO. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend