Apa itu Parked Domain

Apa itu Parked Domain? Mengenal Pengertian Parked Domain

Pengertian Parked Domain

Parked Domain merupakan sebuah nama domain yang sudah terdaftar dan tidak ditautkan pada layanan hosting email maupun website. Secara umum, Parked Domain merupakan domain yang tidak dipakai secara aktif. Namun sesuai dengan namanya bahwa domain ini hanya akan menjadi “domain parkir” yang nanti akan digunakan ketika pada waktunya.

Biasanya, ketika nama domain sudah didaftarkan maka akan ditautkan pada sebuah layanan hosting. Sekadar informasi bahwa hosting merupakan tempat tinggal dari website. Domain maupun hosting tersebut bisa Anda beli dari penyedia layanan hosting terpercaya yang banyak tersebar di internet. Domain merupakan alamat yang nanti akan mengarahkan pengguna menuju website.

Ketika seseorang menerapkan Parked Domain, maka sambungan menuju layanan hosting menjadi tidak ada. Dengan kata lain, Anda bisa menerapkan Parked Domain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Parked Domain?

Pengertian Parked Domain

Lalu apa alasan yang mendasari pemilik website menggunakan Parked Domain? Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa Parked Domain perlu dilakukan. Salah satunya adalah karena mampu menghemat waktu sementara pemilik website melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas SEO pada websitenya. Di bawah ini merupakan beberapa alasan mengapa Parked Domain harus dilakukan.

1. Name Reservation

Salah satu alasan mengapa Parked Domain dilakukan adalah karena adanya pemesanan domain. Persaingan untuk mendapatkan nama domain bagus cukup ketat. Kasus yang terjadi adalah pada saat seseorang ingin memiliki nama domain yang bagus, namun ketika memesan ternyata nama domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Tentu saja hal ini akan membuat kita kecewa karena nama tersebut sudah kita impikan sebelumnya. Selain itu, tidak jarang orang mendaftarkan nama domain meskipun mereka belum memiliki ide tentang websitenya akan dibuat seperti apa. Parked Domain inilah yang bisa menjadi solusi karena Anda bisa menyimpan domain untuk digunakan suatu saat nanti di waktu yang tepat.

2. Perlindungan dari Cybersquatting

Cybersquatting merupakan sebuah ancaman nyata yang dihadapi pebisnis. Cybersquatting terjadi pada saat sesorang mendaftarkan nama domain berupa merk dari perusahaan besar, ada orang yang tidak bertanggung jawab kemudian menawarkan untuk menjual nama domain tersebut asalkan mendapatkan harga yang tinggi. Ketika hal ini terjadi, Anda yang merupakan pemilik website akan dirugikan.

Apalagi pada waktu itu Anda memiliki banyak pelanggan setia. Dikarenakan Anda tidak mempuyai kendali atas cybersquatting tersebut, maka semuanya menjadi di luar kendali Anda. Maka dari itu, Parked Domain hadir untuk memberikan perlindungan terhadap nama serta merk Anda. Anda bisa mendaftarkan seluruh merk dagang serta nama bisnis yang Anda miliki.

3. Memudahkan dalam Pengembangan Bisnis

Ketika Anda mempunyai nama domain yang sudah kuat, maka segera daftarkan. Anda bisa memanfaatkan Parked Domain sambil mengembangkan demi kesempurnaan website Anda. Tidak ada seorang pun yang bisa mengambil domain Anda tersebut. Untuk membuat pelanggan Anda tidak bingung, cobalah untuk menampilkan pesan bahwa website masih dalam proses pengembangan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend