Apa Itu WeChat? Mengenal Pengertian Aplikasi WeChat

Apa Itu WeChat? Mengenal Pengertian Aplikasi WeChat

WeChat adalah aplikasi pesan instan yang juga merangkap sebagai media sosial dan alat pembayaran digital. Bisa dipakai sebagai aplikasi mobile di perangkat Android dan iOS, bisa pula diinstall di laptop dan PC yang berbasis Windows atau Mac. Menggunakan browser pun bisa supaya tidak bolak-balik mengambil HP untuk chatting pada saat mengerjakan sesuatu di layar komputer.

Tencent adalah perusahaan yang berdiri di balik pengembangan WeChat. Awal perjalanan aplikasi ini bermula dari tahun 2010. Saat itu, rata-rata penduduk China mengandalkan software bernama QQ untuk berkomunikasi secara digital melalui laptop dan PC. Wajar, karena smartphone memang masih belum populer di tahun tersebut.

Sampai akhirnya muncullah Android dan iPhone. Tencent merespon kehadiran keduanya dengan membuat tim kerja khusus yang hanya mengemban satu misi penting. Yaitu, membuat aplikasi setara QQ yang bisa dipakai di kedua perangkat mobile tersebut.

Tak sampai 70 hari kemudian setelah tim tersebut memulai pekerjaannya dengan hanya beranggotakan 10 orang, lahirlah WeChat. President perusahaan Tencent kala itu menyebut kehadiran WeChat sebagai langkah strategis Tencent untuk menguasai dunia mobile. Pernyataannya terbukti, dari sekedar aplikasi pesan instan, kini WeChat sudah menjadi super app yang multi fungsi. Di negara asalnya, banyak penduduknya yang sangat tergantung dengan aplikasi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Apa Itu WeChat

WeChat memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap melalui teks, audio, dan video. Di dalam group chat, anggota yang bisa diterima jumlah maksimalnya mencapai 500 orang.

Stiker yang biasanya digunakan untuk mengekspresikan emosi juga ada dan tersedia dalam berbagai karakter. Membuat stiker sendiri pun mudah. Dengan berbekal foto selfie, siapa saja sudah bisa membuat stiker yang khas untuk WeChat.

Yang tidak ada kaitannya dengan komunikasi, tapi tetap menarik, adalah fitur WeRun. Fitur ini mengubah WeChat dari aplikasi pesan instan menjadi fitness tracker. Setiap langkah kaki pengguna dihitung dan jumlahnya ditampilkan dari waktu ke waktu. Agar lebih asyik, pengguna bisa bersaing dengan teman-temannya untuk mencapai jumlah langkah terbanyak.

Pengertian Aplikasi WeChat

Tak puas menyandang sebutan sebagai super app, WeChat terus dikembangkan hingga kemudian menjadi sebuah platform yang bisa memperluas fungsi-fungsinya melalui penambahan aplikasi pihak ketiga. Fitur yang dinamakan Mini Program ini dirilis pada tahun 2017. Sekitar dua tahun kemudian, di bulan Januari 2019, transaksi bisnis yang terjadi melalui Mini Program tercatat sudah mencapai 1,1 milyar transaksi setiap harinya.

Kemampuannya dalam merespon perkembangan zaman dengan cepat dan inovasi-ionvasinya yang menyegarkan membuat WeChat menjadi pesaing berat bagi Facebook Messenger, Telegram, dan aplikasi-aplikasi pesan instan lainnya.

Amerika pun tampaknya gerah dengan aplikasi WeChat. Pada tanggal 6 Agustus 2020, Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif untuk melarang peredaran WeChat di Amerika Serikat dengan klaim bahwa aplikasi tersebut mengancam keamanan nasional.

Leave a Reply

Send this to a friend