• Our Partners:

Apa Itu Windows Movie Maker? Mengenal Aplikasi Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah salah satu software milik Microsoft yang ditujukan untuk mengedit video. Software ini relatif lebih mudah digunakan daripada software pengedit video lainnya sehingga jumlah peminatnya cukup banyak, terutama dari kalangan pengguna yang tidak mahir mengedit video atau sekedar ingin mengedit video hasil rekaman HP.

Windows Movie Maker sudah tersedia sejak tahun 2000 setelah Microsoft memasukkannya ke dalam Windows ME sebagai salah satu fitur bawaan sistem operasi tersebut. Pada tahun 2009, Windows Movie Maker sempat berubah nama menjadi Windows Live Movie Maker, tapi kemudian nama aslinya kembali lagi setelah pengembangan Windows Live dihentikan pada tahun 2012.

Versi Windows Movie Maker yang diluncurkan pada tahun 2012 tersebut menghadirkan beberapa perubahan seperti format MP4 yang menjadi opsi default untuk menyimpan output, dukungan untuk Vimeo, integrasi dengan beberapa penyedia musik stock gratis, dan lain-lain.

Mengenal Apa Itu Windows Movie Maker

Beberapa pengeditan yang bisa dilakukan dengan Windows Movie Maker antara lain:

  • Membuang bagian awal atau bagian akhir dari sebuah video dengan menggunakan fitur pemotongan yang tersedia.
  • Memecah sebuah video menjadi beberapa bagian untuk diedit secara terpisah.
  • Memasukkan lagu-lagu favorit ke dalam video.
  • Menambahkan teks melalui fitur overlay.
  • Menambahkan efek visual seperti blur dan grayscale.
  • Mengubah sekumpulan gambar menjadi video slideshow.
  • Menyisipkan efek transisi untuk memperhalus dan mempercantik pergantian gambar di dalam video slideshow seperti fade, dissolve, circle, diamond, bow tie, box out, cross out, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Kualitas video hasil pengeditan bisa diatur sesuai selera.
  • Mendukung resolusi HD dan Full HD.
  • Output bisa disimpan dalam beberapa format video seperti Windows Media Video (WMV), DV AVI, dan MPEG-4 Part 14 atau yang lebih dikenal dengan nama MP4. Sedangkan untuk file audio disimpan dalam format Windows Media Audio (WMA).

Mengenal Aplikasi Windows Movie Maker

Windows Movie Maker Palsu Yang Berbahaya

Microsoft sudah tidak lagi mengembangkan Windows Movie Maker sejak tahun 2017. Banyak pengguna yang merasa kehilangan sehingga mereka mencari link alternatif untuk mengunduh software tersebut.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh sejumlah pihak untuk menyediakan link alternatif demi menambah trafik ke website mereka. Tetapi, ada juga pihak tidak bertanggungjawab yang menyediakan link untuk mengunduh Windows Movie Maker palsu.

Windows Movie Maker palsu tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan seperti biasanya, tapi pengguna harus membayar puluhan dolar AS untuk menyimpan hasil pengeditannya. Yang lebih celaka, ternyata hasil pengeditan tetap tidak bisa disimpan meskipun sebagian pengguna sudah membayar.

Penipuan tersebut pada akhirnya terdeteksi oleh tim peneliti keamanan di ESET yang kemudian melaporkan temuannya ke Microsoft dan Google.

Trik penipuan seperti kasus ini sudah umum terjadi dan seringkali ditujukan untuk menyebar malware. Jadi, jika anda ingin mengunduh Windows Media Maker, unduhlah software ini dari website yang terpercaya.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend