Apa Itu Xiaomi? Mengenal Perusahaan Xiaomi Lebih Jauh

Xiaomi adalah perusahaan asal Cina yang memproduksi berbagai produk teknologi, produk rumah tangga, dan produk fashion seperti sepatu dan tas. Perusahaan yang awalnya bernama Dami ini berdiri pada tahun 2010. Di antara sepuluh besar perusahaan manufaktur HP di dunia, usia Xiaomi termasuk yang paling muda.

Beberapa bulan setelah didirikan, Xiaomi meluncurkan skin MIUI untuk Android, yang kemudian disusul dengan peluncuran HP Xiaomi Mi 1 pada tahun 2011 dengan harga 1.999 yuan. Pada tahun 2014, Xiaomi menyandang predikat sebagai perusahaan smartphone terbesar di Cina.

Setelah sukses merilis beberapa HP di Cina, Xiaomi mulai melebarkan sayapnya ke dunia internasional. Dari sekian banyak HP yang sudah dirilis Xiaomi, semuanya bisa dikelompokkan setidaknya menjadi lima lini utama, yaitu seri Mi, Mi Note, Mi Mix, Mi Max, dan Mi A.

Kesuksesannya yang tanpa henti pada akhirnya menggoda Xiaomi untuk masuk ke bursa saham pada tahun 2018. Di tahun berikutnya, Xiaomi meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang berhasil masuk ke jajaran Fortune Global 500.

Mengenal Apa Itu Xiaomi

Dari sekedar memproduksi smartphone, Xiaomi kemudian melakukan ekspansi produk dengan memproduksi produk-produk smart home seperti yang bisa anda simak berikut ini.

Xiaomi Mi Home Security Camera: Kamera keamanan yang menawarkan kualitas rekaman Full HD, teknologi infrared dengan radius 10 meter, sudut pandang 130 derajat, dilengkapi dengan kemampuan untuk melihat dalam gelap (night vision), dan komunikasi dua arah.

Xiaomi Yeelight WiFi LED Bulb: Lampu pintar saingan Philips Hue yang bisa dikendalikan secara wireless melalui koneksi wifi, temperatur warna cahaya 1700K hingga 6500K, dan bisa diintegrasikan dengan Google Assistant dan Alexa.

Xiaomi Mijia Honeywell Fire Alarm Detector: Detektor asap yang terintegrasi dengan sebuah aplikasi mobile sehingga bisa mengirim pesan darurat ke pemilik rumah melalui layar HP.

Xiaomi Mi Air Purifier Pro: Sistem penyaring udara yang tidak berisik saat melakukan tugasnya. Bisa menangani ruangan dengan luas maksimal 60 meter persegi, mampu membersihkan udara sebanyak 500 meter kubik per jam, dan dilengkapi dengan panel layar OLED yang berfungsi sebagai indikator kualitas udara yang meliputi tingkat kelembaban dan suhu.

Mengenal Perusahaan Xiaomi Lebih Jauh

Xiaomi juga memproduksi laptop yang ditujukan untuk pengguna Windows, tapi dengan cita rasa desain yang kabarnya sangat terinspirasi dari desain-desain perangkat Apple.

Salah satu produk Xiaomi yang popularitasnya juga bagus adalah fitness tracker karena mengusung sejumlah fitur canggih tapi dengan harga yang terjangkau. Lini produk ini sering memperoleh rating tinggi di berbagai review.

Di negara-negara tertentu, Xiaomi menawarkan serangkaian produk TV Android dan Xiaomi Mi TV Stick untuk streaming.

Salah satu strategi Xiaomi dalam menjajakan produk-produknya adalah dengan menekan harga seminim mungkin tanpa terlalu mengorbankan kualitas. Di Indonesia, Xiaomi sering bekerja sama dengan toko online lokal untuk mengadakan flash sale.

Leave a Reply

Send this to a friend