Apakah Gimbal Pada Smartphone Dibutuhkan

Apakah Gimbal Pada Smartphone Dibutuhkan?

NESABAMEDIA.COMPasti pernah melihat ada beberapa orang atau content creator yang mengambil video menggunakan smartphone yang dilengkapi gimbal, agar hasil video menjadi lebih stabil dan minim goyangan. Namun apakah gimbal pada smartphone memang begitu dibutuhkan?

Kenapa Membutuhkan Gimbal Pada Smartphone?

Sebelum berinvestasi pada perlengkapan dan peralatan smartphone, akan sangat bijak untuk bertanya ke diri sendiri, “Apakah saya benar-benar membutuhkan gimbal ini?”. Dengan demikian maka anda bisa menghindari pembelian perlengkapan yang tidak perlu. Jadi jika memang ingin memiliki gimbal di smartphone, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut:

Videografi

Jika anda memang hobi atau memiliki pekerjaan di bidang videografi serta memahami dasar-dasar pembuatan film atau video, maka gimbal adalah sebuah keharusan. Tentunya, kebutuhan perlengkapan semacam gimbal pada smartphone harusnya setara dengan kreativitas yang ingin diciptakan.

Sering mengambil video di luar ruangan

Saat mengambil video di luar ruangan, maka kemampuan untuk mengontrol sekitar akan sangat berkurang dan pada akhirnya anda yang harus mengarahkan kamera ke sana kemari untuk mengambil gambar yang diinginkan. Gimbal pada smartphone juga dibutuhkan jika ingin lebih efisien dan ringkas dalam menyiapkan peralatan, mengingat ukurannya yang kecil, mudah dibawa dan disimpan.

Jangan Beli Gimbal Karena Hal Ini

Namun hindari beberapa hal yang sebenarnya tidak memerlukan keberadaan gimbal untuk smartphone. Misalnya, tertarik menggunakan gimbal hanya agar terlihat keren. Saat anda tertarik untuk membuat sebuah video, tentu anda juga harus memahami dasar-dasar videografi dan merencanakan konten seperti apa yang akan dibuat. Tentu tidak akan berguna jika anda memiliki perlengkapan lengkap tetapi tidak memahami konsep dasar videografi, dan itu sangat membuang-membuang biaya. 

Kemudian juga ketika ternyata anda lebih sering mengambil gambar atau video di dalam ruangan atau studio, tentu keberadaan gimbal kurang begitu dibutuhkan. Untuk hal ini, lebih baik untuk berinvestasi pada tripod ketimbang gimbal. 

Gimbal sangat baik untuk dimiliki jika anda memang seorang videografer. Memilikinya di tangan akan memberi kepercayaan diri untuk memotret klip dinamis yang bergerak cepat, jernih dan stabil. Namun, mereka juga bisa menjadi investasi yang cukup besar.

Jika anda mampu membelinya, maka anda harus mendapatkannya dengan segala cara. Tetapi jika anda menganggarkan sumber daya yang terbatas, maka harus bijaksana dalam membelanjakannya. Jika bisa menggunakannya secara dengan efektif untuk berbagai kebutuhan, maka itu pasti sepadan. Tetapi jika anda ingin mendapatkannya hanya karena terlihat keren, mungkin Anda harus mempertimbangkannya kembali.

Leave a Reply

Send this to a friend