Aplikasi Asli Windows 11 Yang Didesain Ulang Telah Tersedia Untuk Lebih Banyak Pengguna

Aplikasi Asli Windows 11 Yang Didesain Ulang Telah Tersedia Untuk Lebih Banyak Pengguna

NESABAMEDIA.COMPembaruan utama pertama Windows 11 adalah segalanya tentang aplikasi asli yang didesain ulang. Microsoft sebelumnya telah mengirimkan aplikasi Notepad, Windows Media Player dan Foto yang baru ke lebih banyak pengguna.

Aplikasi Notepad yang baru saat ini masih tersedia untuk pengguna di saluran Beta, sedangkan aplikasi Foto dan Media Player sudah tersedia untuk pengguna publik. 

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, Windows 11 semuanya adalah tentang peningkatan desain dan Microsoft telah mencoba untuk membuat aplikasi asli mereka selaras dengan tampilan dan suasana baru di sistem operasi tersebut.

Di saat peluncuran Windows 11, beberapa aplikasi ditinggalkan begitu saja, seperti Notepad dan Groove Music. Kini perusahaan asal Redmond itu mencoba memperbarui aplikasi tersebut dengan desain yang lebih terpadu, sehingga tampilannya seragam. 

Tampilan Baru Notepad

Pekan lalu, Microsoft  membuat aplikasi Notepad yang baru tersedia untuk pengguna di saluran Beta, yang berarti bahwa ini sekarang bisa dipasang di Windows 11 Build 22000 atau yang lebih baru. Notepad, yang masih menjadi aplikasi wajib untuk sebagian besar pengguna, mendapatkan dukungan mode gelap, menu yang didesain ulang dan halaman pengaturan sendiri. 

Penyegaran untuk aplikasi Notepad di Windows 11 ini mempertahankan desain yang sudah ada, namun dengan sentuhan WinUI dan Fluent Design yang baru. Misalnya, Notepad kini menggunakan sudut membulat di menu konteks klik kanan, jendela tingkat atas, menu, notifikasi pop-up, dan banyak lagi lainnya.

Microsoft juga menambahkan dukungan untuk ikon dan animasi baru yang berbasis WinUI. Terdapat juga halaman pengaturan baru yang memungkinkan anda untuk mengubah font dan tema untuk aplikasi, termasuk mode gelap. Anda juga bisa memodifikasi pengaturan bawaan itu untuk mengizinkan lebih banyak jenis file yang bisa diakses. 

Aplikasi Foto

Aplikasi Foto Microsoft yang telah didesain ulang juga telah tersedia untuk pengguna publik dan ini berisi dukungan untuk alat cropping baru, opsi rasio aspek, dan lainnya. Pengguna juga akan dengan lebih mudah bisa mengkustomisasi foto, melakukan perubahan pada cahaya, dan menggunakan opsi mark-up baru. 

Alat cropping kini akan terbuka di dalam layar pratinjau gambar, dan anda juga bisa menjelajahi antar gambar tanpa harus beralih dari satu gambar ke gambar lainnya, ini berkat sebuah kolom baru yang muncul di bagian bawah. 

Groove Music Kini Media Player

Bagi pengguna yang tidak bergabung dengan program Windows Insider, Microsoft telah menggantikan Groove Music dengan Windows Media Player yang baru. Media Player yang telah didesain ulang ini memang berbasis pada Groove Music dan ini memungkinkan anda memutar video termasuk file MKV dan MP4. 

Ini adalah pembaruan signifikan untuk Groove Music selama bertahun-tahun, seperti pembaruan Notepad di Windows 11. Namun jangan berharap adanya perubahan signifikan pada kinerja dan format video yang didukung. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini berbasis Groove Music dan belum siap untuk menggantikan media player yang lebih kuat seperti VLC dan MPV. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend