Aplikasi Browser Chrome Android, Kini Miliki Alat Screenshot Sendiri

Aplikasi Browser Chrome Android, Kini Miliki Alat Screenshot Sendiri

NESABAMEDIA.COMSetiap smartphone mungkin memiliki alat untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot bawaan, namun akan menjadi lebih mudah lagi apabila aplikasi browser juga memilikinya. Aplikasi browser Google Chrome untuk Android mungkin menjadi salah satu aplikasi browser paling terkenal saat ini, dan kini mereka menambahkan alat penangkap layar atau screenshot itu sebagai fitur bawaannya. 

Karena mungkin akan ada banyak hal yang membutuhkan tangkapan layar dari browser, maka fitur ini sepertinya akan menawarkan lebih banyak kemudahan, karena pengguna tak lagi harus melakukan tap dan menggeser layar untuk mengambil screenshot. 

Sejak Chrome versi 85, Google telah mengatur kembali opsi berbagi di browser tersebut, entah itu mengaksesnya lewat menu overflow atau kolom alamat. Menu berbagi itu sebelumnya memiliki nama halaman, URL, dan favicon dari situs yang hendak dibagikan. Sementara ketika di klik opsi lebih lanjut, maka akan muncul beberapa menu tindakan seperti menyalin tautan, mengirimkannya ke perangkat lain, kode QR dan mencetak. 

Kini dengan Chrome versi 91, pengguna akan melihat adanya sebuah alat tambahan dalam menu tersebut. Sebuah opsi bernama Screenshot. Jika diklik, maka sistem akan menangkap seluruh layar dari atas sampai bawah, dan juga ada menu baru lain seperti memangkas, memberi tulisan atau menambahkan gambar. 

Setelah selesai melakukan penyuntingan, pengguna nanti akan diarahkan ke opsi baru, apakah hendak membagikan tangkapan layar itu, menyimpannya di perangkat, atau menghapusnya. Jika memilih opsi mengunduh, maka akan dimunculkan di pengelola unduhan Chrome, seperti ketika mengunduh file lain dari browser Chrome. Alat Screenshot ini sepertinya mengadopsi tool markup yang ada di Android 11 dan 12, namun akan lebih berguna bagi mereka yang ingin menyimpan sesuatu langsung dari browser Google Chrome saat browsing.

Fitur ini sepertinya diluncurkan bersamaan dengan dirilisnya Chrome untuk Android versi 91. Jika saat ini anda masih belum mendapatkan fitur itu di browser Chrome, anda bisa mendapatkannya dengan terlebih dahulu mengunduh Chrome versi 91 dan mengaktifkan fitur itu dengan mengakses halaman chrome://flags/#chrome-share-screenshot di kolom alamat. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend