Aplikasi CCTV Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi CCTV di PC / Laptop Terbaik, Pilih yang Mana?

NESABAMEDIA.COM – Saat ini keamanan sangatlah penting baik kemanan data ataupun barang – barang kita. Jadi untuk meningkatkan keamanan pada barang – barang disekitar, Anda bisa menggunakan CCTV. Saat ini PC atau laptop sudah bisa dijadikan sebagai kamera CCTV Anda karena sudah dilengkapi webcam dan IP camera.

Untuk dapat menggunakan webcam sebagai kamera pengawasan atau pengintai, dibutuhkan sebuah aplikasi tambahan supaya dapat mengkonfigurasi secara otomatis. Dengan menggunakan webcam, Anda dapat memantau bagian rumah dan tentunya tidak akan menghabiska banyak uang dan budget untuk membeli CCTV bisa kalian simpan.

10 Aplikasi CCTV di PC / Laptop Terbaik

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi CCTV untuk PC atau laptop yang bisa Anda gunakan. Aplikasi tersebut dapat merekam gerakan yang terdeteksi, lalu memberitahu Anda lewat email, dan lain sebagainya.

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi CCTV terbaik untuk laptop yang bisa Anda gunakan. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Camera Viewer Pro

Camera Viewer Pro

Camera Viewer Pro merupakan salah satu aplikasi CCTV yang terbaik dalam hal kegunaannya dan sumber daya sistemnya untuk PC atau laptop. Aplikasi ini menghadirkan keseimbangan pada fitur – fitur yang dimilikinya sehingga menjadikannya sangat mudah dikonfigurasikan dan digunakan tentunya.

Biasanya aplikasi kamera CCTV akan terus – terusan menggunakan banyak sumber daya CPU, tapi aplikasi Camera Viewer Pro ini sangat cerdas yaitu hanya menggunakan 0% hingga 1% dari penggunaan CPU selama dalam pemantauan. Hal yang mungkin akan Anda ubah setelah proses penginstalan adalah frame rate.

Frame rate yang diberikan secara default adalah 1 fps yang dapat memberikan hasil rekaman yang lebih halus, tapi Anda harus menurunkan sensitivitasnya dengan menurunkan ambang batas. Namun, pengembangan aplikasi Camera Viewer Pro ini telah dihentikan artinya aplikasi ini tidak akan mendapatkan pembaharuan lagi terhadap performanya.

2. Netcam Studio

Netcam Studio

Netcam Studio merupakan aplikasi CCTV yang diciptakan oleh developer yang juga membuat WebcamXP dan Webcam 7 yang telah populer sebelumnya yaitu Moonware Studios. Aplikasi Netcam Studio mirip dengan aplikasi Webcam lainnya tapi perbedaannya aplikasi ini menggunakan arsitektur baru serta penggunaan grafis untuk performa yang lebih baik.

Aplikasi Netcam Studio mempunyai beragam fitur kamera jaringan yang didukung sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikonfigurasi. Jika Anda menginginkan aplikasi CCTV yang memiliki banyak fitur, aplikasi Netcam Studio jawabannya.  Selain memiliki fitur umum seperti aplikasi CCTV lainnya, aplikasi Netcam Studio mampu mendeteksi audio, sinkronisasi rekaman ke Cloud atau NAS, dan pengenalan plat.

Namun, perlu Anda ketahui aplikasi Netcam Studio masih versi beta, sehingga Anda akan menemukan masalah saat proses instalasi. Tapi jangan khawatir masalah tersebut ada solusinya, Anda hanya perlu menginstal .NET Framework 4 dan Visual Studio minimal versi 2012.

3. iSpy

iSpy

iSpy merupakan aplikasi CCTV atau kamera keamanan yang bersifat open source dan dilengkapi dengan berbagai fitur termasuk “monitoring audio” yang sangat jarang ditemukan pada aplikasi CCTV lainnya. Karena aplikasi iSpy mempunyai banyak fitur, aplikasi ini sering digunakan untuk mengawasi bayi yang tidur, mengawasi hewan peliharaan, mesin, pegawai, dan lain sebagainya.

Walaupun aplikasi iSpy mempuyai banyak fitur, tapi ada beberapa fitur mendasar yang cuma bisa diakses oleh pengguna yang berbayar seperti akses remote streaming, email alert, dan lain sebagainya.

Selain itu, saat Anda ingin memutar hasil rekaman dengan menggunakan player yang sudah terintegarasi dengan aplikasi iSpy, Anda perlu mendaftarkan akun Anda di iSpy secara gratis terlebih dahulu meskipun nantinya hasil rekaman tersebut tetap diputar menggunakan player yang ada di sistem PC atau laptop Anda.

4. IP Webcam

IP Webcam

IP Webcam merupakan salah satu aplikasi CCTV terbaik yang dapat merekam segala bentu aktivitas di sekitarnya. Aplikasi ini buatan Pavel Khlebovich yang dapat merekam gerakan sampai suara sekalipun.

Aplikasi ini dapat digunakan di 2 perangkat, yaitu PC atau laptop dan Android. Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara, baik melalui VLC Media Player ataupun web browser untuk memantaunya atau memonitornya.

Kelebihannya lagi yang dimiliki aplikasi IP Webcam ini adalah mempunyai berbagai macam fitur canggih seperti pengaturan resolusi, pendeteksian suara, recording, dan lain sebagainya.

5. ContaCam

Aplikasi CCTV Terbaik untuk Pengguna Windows

ContaCam merupakan aplikasi CCTV yang dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini memiliki kualitas yang sama seperti aplikasi Camera Viewer Pro. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang dibutuhkan untuk menjadikan PC atau laptop Anda menjadi sistem CCTV.

Aplikasi ContaCam ini menyimpan hasil rekaman dalam bentuk animasi SWF. Hasil rekaman SWF tentunya sangat langkauntuk aplikasi CCTV karena SWF hanya mempunyai batasan frame hingga 16.000 saja, yang mana artinya Anda hanya dapat merekam selama 9 menit saja jika Anda menggunakan 30 fps. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mengubahnya ke dalam format AVI pada “Movement Detection tab” dibagian “Setting Device”.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah terbatasnya pengaturan jadwal, yang mana Anda hanya dapat menentukan satu rentang jangka waktu per hari untuk merekam.

6. YawCam

YawCam

Yawcam merupakan aplikasi CCTV yang sudah ada selama 1 dekade. Walaupun aplikasi YawCam terlihat tidak terlalu aktif dalam melakukan pengembangan, tapi setidaknya para pengembangnya masih berupaya untuk merilis update dari waktu ke waktu untuk memperbaiki bug.

Aplikasi YawCam mendukung kamera IP dan webcam, dan juga dapat mendeteksi suatu gerakan dengan tindakan seperti menyimpan file, mengirim email, upload ftp, memutar suara, menjalankan file excutable, mengirim email, memutar suara, video streaming dari built in webserver dan overlay.

Aplikasi YawCam juga membutuhkan Java untuk menjalankannya dan aplikasi ini merupakan satu – satunya aplikasi CCTV yang hasil rekamannya berupa gambar bukan video. Tapi, aplikasi ini mempunyai built-in tool untuk menggabungkan gambar – gambar tersebut menjadi sebuah file film.

7. Camera Management System 3.0

Aplikasi CCTV Terbaik di PC / Laptop

Camera Management System merupakan aplikasi CCTV atau kamera pengawassan untuk perangkat lunak NVR ‘CyeWeb’ (yang berkejrja sebagai aplikasi server untuk merekam serta mengalirkan video dari kamera). Aplikasi ini dirancang untuk penyebaran serta proyek pengawasan video dengan skala besar.

Aplikasi CMS dapat bekerja secara streaming dan host di banyak PC pada berbagai lokasi untuk menghubungkan ribuan kamera keamanan IP/DVR CCTV sehingga pengguna akan lebih mudah mengelola kamera dalam jumlah yang cukup besar.

Aplikasi CMS memiliki beberapa fitur canggih diantaranya seperti manajemen akun, pemutaran multi atau tunggal, tampilan panorama, popup video, grafik statistik, deteksi gerakan, dan lain sebagainya.

8. Sighthound Video

Sighthound Video

Sighthound Video adalah sebuah aplikasi yang sebelumnya dikenal sebagai Vitamin D Video. Aplikasi Sighthound Video memiliki tujuan untuk menjadi aplikasi video yang cerdas yang dapat mengenali manusia ataupun benda di kamera bukan cuma mendeteksi gerakan saja.

Aplikasi Sighthound Video memiliki beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan seperti mengaktifkan atau menonaktifkan kamera dan Anda juga melihat hasil rekamannya secara remote. Tampilan dari aplikasi Sighthound Video sangat user friendly tetapi banyak memakan memori yang besar. Versi gratis dari aplikasi ini hanya dibatasi pada 1 kamera saja dan hasil rekaman yang beresolusi rendah.

9. Rear View Mirror

Aplikasi CCTV Terbaik

Rear View Mirror merupakan aplikasi CCTV yang hadir dengan fitur yang lebih sederhana dan unik, yang mana jendela kamera pemantau hanya muncul saat adanya gerakan yang terdeteksi.

Aplikasi Rear View Mirror juga mempunyai konfigurasi untuk mengaktifkan suara peringatan dengan memainkan file WAV serta merekam video deteksi gerakan. Walaupun tidak mempunyai banyak fitur, aplikasi ini cukup memakan banyak daya CPU mulai dari 17% hingga 20% saat diuji hanya menggunakan 1 webcam saja.

10. Genius Vision NVR Community Edition

Genius Vision NVR Community Edition

Genius Vision NVR merupakan aplikasi rekam kamera IP untuk skla besar atau perusahaan. Aplikasi ini juga memberikan penawaran pada versi gratis yang disebut Community Edition yang tentunya mempunyai batasan 16 channel dengan 4 channel diantaranya menggunakan intelligent video yang mana sudah sangat cukup untuk penggunaan pribadi atau non komersial.

Aplikasi Genius Vision NVR CME ini bisa dikatakan aplikasi CCTV yang paling sulit untuk digunakan dan dikonfigurasi karena istilah – istilah penggunaannya berbeda dengan aplikasi lainnya. Contohnya saja pendeteksi gerakan yang disebut sebagai Video Analytics.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi CCTV terbaik untuk laptop / PC yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan pribadi ataupun komersial. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Zuhroh Nilakandi

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Send this to a friend