Aplikasi Convert Video untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Convert Video untuk PC / Laptop Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Pernahkah Anda ingin memutar sebuah video pada perangkat yang mempunyai penyimpanan terbatas? Atau mungkin Anda pernah ingin menyimpan video ke dalam format yang sama, tapi video yang Anda miliki memiliki format yang berbeda beda? Tentu pernah kan?

Jadi, untuk membuka video di perangkat yang memorinya terbatas, terpaksa Anda harus mengurangi ukuran dari file video tersebut atau Anda perlu meng-convert nya agar menjadi format video seperti yang Anda inginkan. Saat ini meng-convert video sangat amat mudah. Anda bisa melakukannya secara online ataupun offline.

Aplikasi Convert Video untuk PC / Laptop

Melakukan konversi video bukanlah sesuatu yang sulit di era sekarang ini. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan boom video Anda bisa berganti format atau ukurannya yang menjadi kecil. Atau Anda tidak ingin mengunduh, Anda bisa menggunakannya secara online.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi convert video untuk PC atau laptop. Aplikasi ini tentunya harus Anda unduh terlebih dahulu.

Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini.

1. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter

Freemake Video Converter merupakan aplikasi convert video yang memiliki tampilan yang cukup sederhana, sehingga aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Meskipun Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi convert video, Anda pasti langsung tahu cara menggunakannya.

Aplikasi Freemake Video Converter ini bukan hanya dapat meng-convert video saja, tapi mampu meng-convert audio, bahkan juga bisa untuk ripping dvd. Aplikasi ini mampu meng-convert berbagai macam format video, seperti MP4, AVI, MPG, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan burn video ke DVD atau Blu-ray.

2. Handbrake

Aplikasi Convert Video untuk PC Windows

Handbrake merupakan aplikasi convert video untuk PC yang bisa digunakan di berbagai platform seperti sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Aplikasi Handbrake juga mendukung banyak sekali format video yang populer, seperti MPEG-2, MPEG-4, Theora, hingga format H.264.

Bukan hanya bisa untuk meng-convert video, tapi aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang menarik lainnya, misalnya seperti filter, setting frame, cropping, preset, dan lain sebagainya. Mungkin dengan banyaknya fitur yang dimilikinya untuk para pemula agak sedikit membingungkan, tapi jika sudah terbiasa Anda pasti sangat suka dengan aplikasi ini dan lebih memilih aplikasi Handbrake tentunya.

3. Format Factory

Format Factory merupakan salah satu aplikasi convert video di PC atau laptop yang cukup populer dikalangan para pengguna. Selain meng-convert video, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk meng-convert format file media lainnya, seperti audio dan image. Artinya Anda bisa meng-convert video menjadi audio, atau mengconvert video menjadi image, atau sebaliknya.

Aplikasi ini mendukung banyak format file, seperti MP3, MP4, FLV, WMA, FLAC, AVI, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga menggunakan FFMPEG untuk proses encodingnya agar menghasilkan hasil atau output yang bagus. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis.

4. MediaCoder

MediaCoder merupakan aplikasi convert video unti PC atau laptop yang memiliki proses yang bisa dinilai sangat cepat dalam mengubah format video. Aplikasi ini juga mendukung banyak format file video. Bahkan sangat memungkinkan untuk Anda mengubah format video yang mungkin sudah lama atau jadul menjadi format video yang lebih kekinian atau modern.

Bukan hanya bisa digunakan untuk meng-convert video saja, tapi apliaksi ini mirip seperti aplikasi Handbrake yang juga mempunyai fitur-fitur lainnya untuk editing, misalnya seperti menggabungkan video, sinkronisasi suara. penyesuaian aspek rasio, dan lain sebagainya.

5. Any Video Converter Free

Aplikasi Convert Video untuk Laptop Windows

Any video converter free merupakan aplikasi convert video yang menawarkan fitur convert video secara online dan offline yang bisa Anda pilih. Jika Anda memilih untuk menggunakannya secara online, Anda bisa mengaksesnya lewat handphone ataupun PC.

Aplikasi Any Video Converter Free juga memiliki fitur menarik yaitu ripping audio dari CD atau DVD. Aplikasi ini juga mendukung banyak format video yang bisa Anda convert. Bukan hanya bisa meng-convert video, tapi aplikasi ini juga bisa melakukan fitur editing sederhana, seperti crop, rotate, video effects, dan beberapa fitur editing lainnya.

6. Free HD Video Converter Factory

Free HD Video Converter Factory

Free HD Video Converter Factory merupakan aplikasi convert video untuk PC atau laptop yang sangat mudah untuk Anda gunakan. Anda hanya perlu melakukan drag and drop video ke aplikasi, atau juga bisa menggunakan menu pilihan, Anda bisa pilih format atau perangkat tujuan lalu tekan tombol Run.

Aplikasi ini bukan hanya menyediakan fitur convert video saja, tapi juga menyediakan fitur editing. Sebelum Anda meng-convert, Anda bisa memotong, crop, atau menambahkan efek-efek agar terlihat bagus pada video Anda. Jika Anda pengguna pemula, Anda bisa memilih perangkat yang ingin digunakan untuk memastikan format benar. Tapi jika Anda sudah ahli, Anda bisa mengaturnya secara manual.

7. Movavi Video Converter

Movavi Video Converter

Movavi Video Converter merupakan aplikasi convert video untuk PC atau laptop yang bukan hanya bisa melakukan covnert video saja. Aplikasi ini juga dapat meng-convert audio dan juga gambar. Hasil atau output yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang hampir sama dengan aslinya meskipun yang Anda convert adalah video 4K.

Jika Anda bandingkan dengan aplikasi Handbrake, aplikasi Movavi Video Converter ini lebih mudah digunakan terutama untuk pengguna baru. Anda bisa mengunduhnya secara gratis tapi Anda akan memasuki masa trial terlebih dahulu yang nantinya Anda harus membayarnya jika ingin menggunakannya secara utuh. Tapi, selama masa trial Anda bisa mencoba semua fitur yang dimilikinya.

8. iWisoft Free Video Converter

iWisoft Free Video Converter

iWisoft Free Video Converter merupakan aplikasi yang dapat meng-convert video ke format video lainnya, meng-convert video menjadi audio, meng-convert video menjadi gambar, dan meng-convert audio ke format audio lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan di sistem operasi Windows.

Aplikasi ini memiliki fitur batch conversion. Selain itu, aplikasi ini dapat meng-convert video menjadi beberapa format video yang berbeda. Misalnya ada video AVI yang akan di convert, video ini bisa di convert menjadi 3 format berbeda yaitu MP4, MKV, dan WMV. Dan juga bisa di convert menjadi kumpulan gambar yaitu PNG, JPG, GIF, dan BMP. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur preset yang tentunya dapat menghemat waktu Anda saat akan meng-covnert video.

9. TEncoder Video Converter

TEncoder Video Converter

TEncoder video converter merupakan aplikasi convert video dan audio multithread yang menggunakan MEncoder, MPlayer, dan FFMpeg. Sehingga hampir semua jenis video dan audio dapat di convert menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini menggunakan hingga 8 encoder simultan yang dapat dijalankan sehingga dapat mengurangi waktu encoding alias prosesnya menjadi lebih cepat.

Bukan hanya bisa meng-convert, tapi Anda juga bisa melakukan editing sederhana pada aplikasi ini, seperti cropping, efek deinterlace, pemberian subtitle, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga menyediakn berbagai macam preset hingga 800 lebih preset. Atau Anda juga bisa membuat preset yang Anda inginkan sendiri.

10. Hamster Free Video Converter

Hamster Free Video Converter

Hamster Free Video Converter merupakan aplikasi convert video di PC atau laptop yang membuat para penggunanya senang. Karena aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang bisa Anda ganti-ganti sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Aplikasi ini mendukung banyak format video, seperti AVI, MPEG, FLV, WMV, 3GP, XviD, DivX, MKV, M2TS. Dan Anda juga bisa meng-convert video untuk pemutar DVD, iPod, iPhone, iPad, Archos, Blackberry, Zune, PSP, HTC, atau Nokia hanya dalam 3 kali klik. Dan aplikasi Hamster Free Video Converter ini dapat Anda unduh secara gratis.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi convert video untuk PC ataupun laptop. Silahkan Anda tentukan aplikasi mana yang menurut Anda cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend