Aplikasi Defrag Hardisk di PC dan Laptop

10 Aplikasi Defrag Hardisk di PC / Laptop Terbaik untuk Windows

NESABAMEDIA.COM – Anda sebagai pengguna PC / laptop pasti pernah menginstal dan meng-uninstall sebuah program atau aplikasi. Hal tersebut dapat menghasilkan fragmen yaitu pecahan dari sebuah file yang disimpan menyebar alias tidak saling berdekatan.

Padahal biasanya sebuah program pasti memiliki banyak file didalamnya. Anda pasti dapat membayangkan seberapa berantakannya file dari program aplikasi yang disimpan didalam hardisk tersebut. Fragment yang tersimpan menyebar tersebut dapat menyebabkan performa PC / laptop Anda turun alias kerjanya menjadi semakin lambat.

10 Aplikasi Defrag Hardisk di PC / Laptop

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkannya Tool Defragment and Optimize Drives yang digunakan untuk mengkonsolidasi fragmen file yang tersebar tersebut. Namun, sayangnya Tool Defragment and Optimize Drives hanya bisa melakukan defrag pada file yang berukuran kecil saja.

Maka dari itu, diperlukannya aplikasi pihak ketiga agar dapat melakukan defrag yang lebih baik. Saat ini sudah banyak aplikasi defragmenter pihak ketiga yang dapat Anda gunakan. Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi defrag hardisk di PC / laptop. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Smart Defrag

Smart Defrag

Smart Defrag merupakan aplikasi defrag hardisk di PC / laptop yang sangat baik. Aplikasi ini dapat melakukan penjadwalan defrag secara otomatis dengan sangat baik.

Selain dapat mendukung untuk menjalankan defrag dengan proses penjadwalan, aplikasi Smart Defrag ini juga dapat memungkinkan untuk melakukan defrag saat boot untuk menghapus fragmen dari file yang terkunci.

Aplikasi Smart Defrag juga mampu untuk mengecualikan file ataupun folder dari proses defrag / analisa, melakukan defrag hanya pada Windows Metro Apps, mengganti Windows Disk Defragmenter menjadi defrag default, dan skip defragging file yang melebihi ukuran tertentu.

2. Defraggler

Defraggler

Defraggler tool merupakan aplikasi defrag hardisk di PC / laptop yang sangat mudah untuk digunakan dan tentunya aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi Defraggler ini dapat melakukan defrag data ataupun hanya ruang kodong baik itu dari drive internal ataupun drive eksternal yang Anda miliki.

Anda juga mempunyai pilihan untuk defragmenting hanya file saja atau hanya folder tertentu. Aplikasi Defraggler mampu menjalankan defrag saat boot, mengecek apakah drive mempunyai kesalahan, mengosongkan tempat sampah atau recycle bin sebelum melakukan defrag, menjalankan defrag saat PC / laptop tidak digunakan, mengecualikan file atau folder tertentu dari proses defrag, serta dapat memindahkan file yang lebih kecil secara selektif ke akhir drive untuk mempercepat akses disk.

3. Puran Defrag

Aplikasi Defrag Hardisk di PC / Laptop

Puran Defrag merupakan aplikasi defrag hardisk yang mempunyai fitur optimasi khusus yang biasa disebut Puran Intelligent Optimizer (PIOZR). Fitur tersebut memiliki fungsi untuk memindahkan file atau folder biasa secara cermat ke akhir drive untuk mempercepat akses ke file ataupun folder tersebut.

Seperti beberapa aplikasi defrag hardisk lainnya, aplikasi Puran Defrag ini juga mampu melakukan defrag file ataupun folder melalui menu konteks klik kanan pada Windows Explorer. Selain itu, juga dapat menghapus file ataupun folder tertentu sebelum proses degrag dijalankan, serta juga mampu menjalankan proses defrag saat boot.

Aplikasi Puran Defrag ini memiliki pilihan penjadwalan yang spesifik, misalnya seperti menjalankan proses defrag secara otomatis dalam setiap jam, saat sistem tidak digunakan, ataupun saat screensaver berjalan. Penjadwalan khusus ini juga dapat diatur untuk melakukan defrag saat boot pada PC / laptop pertama kali, satu minggu pertama, atau saat PC / laptop booting setiap bulan.

4. WinUtilities DiskDefrag

WinUtilities DiskDefrag

WinUtilities DiskDefrag merupakan aplikasi defrag hardisk yang mempunyai beberapa fitur standar seperti yang dimiliki oleh aplikasi sejenisnya, yaitu dapat melakukan penjadwalan defrag, defrag saat PC / laptop tidak digunakan, pengaturan penjadwalan lanjutan serta pengaturan power management.

Pada pengaturan, terdapat lebih dari 10 tindakan yang berbeda yang dapat set untuk dijalankan saat Anda menekan tombol defrag, tindakannya seperti menganalisa saja ataupun menganalisa dan memindahkan ke akhir disk.

Selain itu, terdapat juga banyak pengaturan khusus, diantaranya megatur seberapa cepat proses defrag serta file atau folder apa saja yang akan dikecualikan dari proses defrag.

5. Disk Speedup

Aplikasi Defrag Hardisk di PC Terbaik

Disk Speedup merupakan aplikasi defrag hardisk yang dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini bukan hanya dapat melakukan defrag hardisk secara keseluruhan tapu aplikasi ini juga mampu melakukan defrag pada file ataupun folder yang sudah Anda tetapkan. Anda juga bisa menjalankan defrag otomatis saat sistem sedang tidak digunakan selama beberapa menit.

Aplikasi Disk Speedup mempunyai pengaturan yang cukup spesifik, misalnya seperti menonaktifkan defrag jika file mempunyai ukuran fragmen yang lebih kecil dari 5 MB, atau yang mempunyai lebih dari 3 fragmen, ataupun yang mempunyai ukuran lebih dari 100 MB.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi pada aplikasi secara otomatis memindahkan file atau folder yang berukuran besar, tidak terpakai, atau file dengan sebuah format tertentu, atau memindahkan file yang berukuran lebih kecil ke awal yang diharapkan dapat meningkatkan kecepatan akses.

6. O&O Defrag Free Edition

O&O Defrag Free Edition

O&O Defrag Free Edition merupakan aplikasi defrag hardisk yang mempunyai tampilan antarmuka yang sangat rapi dan tentunya sangat mudah digunakan.

Aplikasi ini mempunyai semua fitur umum yang dapat Anda temukan didalam aplikasi sejenis, misalnya seperti mengoptimalkan drive, melihat semua daftar file yang sudah terfragmentasi, serta mengecek drive apakah terdapat error atau tidak.

Selain dapat melakukan penjadwalan defrag seminggu sekali, Anda juga bisa melakukan konfigurasi aplikasi ini agar dapat menjalankan defrag secara otomatis saat screensaver aktif. Anda bisa menjalankannya melalui konfigurasi wizard cepat untuk melakukan penjadwalan ulang dengan mudah atau dapat memilih pengoptimalan secara bersama – sama.

7. Toolwiz Smart Defrag

Toolwiz Smart Defrag

Toolwiz Smart Defrag merupakan aplikasi derag hardisk yang mempunyai ukuran cukup kecil sehingga proses instalasinya sangat cepat. Aplikasi ini juga mempunyai tampilan antarmuka yang bersih dan juga minimalis.

Aplikasi Toolwiz ini mampu mengklaim 10 kali lebih cepat dibandingkan aplikasi defrag default yang disediakan oleh Windows serta mampu menempatkan file arsip ke bagian yang berbeda dari disk supaya dapat mempercepat akses ke file biasa.

8. MyDefrag

Aplikasi Defrag Hardisk di PC / Laptop Windows

MyDefrag pada nama sebelumnya adalah JkDefrag. Aplikasi ini dapat menjadi aplikasi defrag yang sederhana tapi juga bisa menjadi kompleks tergantung dengan kebutuhan Anda. Aplikasi MyDefrag ini berkerja untuk memuat serta menjalankan script pada satu drive ataupun lebih.

Beberapa script dasar disertakan saat Anda menginstalnya, seperti melakukan penjadwalan defrag, menganalisa drive, serta mengatur ruang bebas pada drive. Instalasi aplikasi ini cukup standar sehingga tidak akan menyulitkan bagi para pemula. Pengguna yang sudah profesional bisa membuat script khusus mereka sendiri.

9. UltraDefrag

UltraDefrag

UltraDefrag merupakan aplikasi defrag yang bisa digunakan untuk para pemula ataupun profesional, karena fitur yang dimiliki aplikasi ini sangat mudah dipahami dan digunakan oleh semua orang.

Aplikasi ini juga mempunya pengaturan lanjutan jika Anda ingin melakukan perubahan yang spesifik apada aplikasi. Beberapa fungsi umum yang dimiliki aplikasi ini seperti memperbaiki, defragging, serta mengoptimalkan drive dengan mudah. Tapi, jika Anda ingin memodifikasi aplikasi atau pengaturan defrag saat boot, Anda perlu tahu cara menggunakan serta meng-edit file “BAT”.

10. Ashampoo WinOptimizer Free

Ashampoo WinOptimizer Free

Ashampoo WinOptimizer Free dapat dikatakan sebagai kumpulan aplikasi kecil yang disebut modul, salah satunya adalah defragmenting hard drive.

Anda bisa mengatur defrag untuk menjalankannya pada satu ataupun lebih hardisk saat PC / laptop sedang tidak digunakan, bahkan Anda juga bisa menentukan presentasi penggunaan CPU yang tidak terpakai sebelum melakukan proses defrag. Aplikasi ini juga memiliki fitur penjadwalan rutin.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi defrag hardisk di PC / laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Zuhroh Nilakandi

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Send this to a friend