Inilah 10 Aplikasi Download Video Youtube untuk PC Windows, Pilih yang Mana?

Apakah Anda suka menonton video di Youtube? Menonton video youtube menjadi kegiatan alternatif bagi sebagian orang untuk mengisi waktu luangnya. Biasanya, orang tersebut akan menonton video melalui situs web atau aplikasi youtube yang sudah tersedia di smartphone.

Youtube merupakan situs berbagi video (sharing video) yang memudahkan para pengguna untuk menonton, mengunggah serta berbagi video dengan pengguna lain. Banyak orang memilih youtube karena layanan yang diberikan, seperti menyediakan berbagai video dan berbagai kualitas video yang dihasilkan.

Namun sayangnya, tanpa disadari mereka akan menghabiskan banyak kuota internet dalam menonton satu video saja. Oleh karena itu, sebagian orang lebih suka mendowload video agar tersimpan dan bisa diputar secara berulang-ulang tanpa khawatir kuota akan habis.

10 Aplikasi Download Video Youtube

Saat ini, sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload video youtube. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang pasti, semua aplikasi tersebut memudahkan para pengguna PC yang ingin mendownload video youtube dengan menawarkan cara pengoperasiannya yang sederhana.

Nah, dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai 10 aplikasi download video youtube yang bisa dipasang di perangkat windows Anda. Yuk, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

1. Free YouTube Downloaddownload aplikasi Free YouTube Download

Sesuai dengan namanya, Free YouTube Download merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunduh video youtube secara gratis. Aplikasi ini telah dirilis sejak 2006 dan terus melakukan pembaruan sampai saat ini.

Antar muka yang dirancang dalam aplikasi ini begitu sederhana sehingga pengguna baru yang belum profesional tetap dapat menggunakannya dengan mudah, yakni copy URL video dan klik tombol Paste yang telah disediakan. Setelah itu, Anda dapat mendwnload video dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Free YouTube Download menyediakan layanan pengunduhan multistream yang memungkinkan pengguna dapat mendownload beberapa video dengan kualitas asli dalam satu waktu yang sama. Anda juga bisa mengonversikan video yang didownload  kedalam beberapa format seperti  MP4, AVI, dan MP3.

2. YTD Video Downloader

Aplikasi Download Video Youtube untuk PC Windows

YTD Video Downloader merupakan suatu aplikasi yang memudahkan pengguna untuk melakukan pengunduhan video dari situs video streaming, seperti Youtube, Facebook, Metacafe, DailyMotion, Vimeo, dan lainnya.

Cara penggunaannya sama seperti aplikasi pertama, yakni dengan menyalin URL video yang diinginkan pada kolom yang sudah disediakan. Anda juga bisa menentukan kualitas video yang akan didownload.

Selain mengunduh, anda juga bisa mengonversi video kedalam format yang sering digunakan pengguna seperti MP3, MP4, AVI, WMV, AVI, FLV, MOV, 3GP dan AVI. Anda juga bisa menikmati berbagai fitur menarik lainnya dalam versi berbayar.

3. KeepVid Video Downloader

KeepVid Video Downloader

KeepVid Video Downloader merupakan aplikasi pengunduh video yang diperoleh dari situs streaming seperti YouTube, Facebook, Vimeo, DailyMotion, BBC, NBC, Yahoo, ESPN, SoundCloud, Vevo, MTV dan masih banyak lagi. Dilihat sekilas, aplikasi ini memiliki tampilan yang menyerupai iTunes, pemutar musik yang dibuat oleh Apple. Hal itu terlihat dari penggunaan warna dan kolom pemutar media.

Cara penggunaannya pun mudah. Anda tinggal memasukkan kata kunci pada kolom pencarian dan tekan Enter. Jika Anda sudah memiliki link video maka salin URL tersebut di kolom yang telah disediakan.

Yang membedakannya dengan aplikasi diatas adalah adanya jeda waktu pengunduhan sementara yang bisa digunakan untuk memprioritaskan video mana yang diinginkan dan melanjutkan waktu jeda pengunduhan yang telah tertunda. Penggunaan aplikasi ini gratis dalam 30 hari pemakaian. Setelah waktu berakhir, pengguna bisa melanjutkan pemakaian aplikasi dengan membayar lisensi.

4. iTube HD Video Downloader

Aplikasi Download Video Youtube untuk Windows

iTube HD Video Downloader merupakan aplikasi yang memudahkan Anda sebagai penguna Windows untuk dapat mengunduh video dari beberpa portal video populer, seperti Facebook, Instagram, Vimeo, Udemy, Vidio, dan situs lainnya.

Fitur yang bisa Anda nikmati dalam aplikasi ini adalah dapat mengonversi video kedalam format MP3, proses download dengan kecepatan maksimal hanya dalam sekali klik, merekam layar PC, dan dapat mendownload video dalam kualitas HD.

5. FreeMake Video Downloader

download aplikasi FreeMake Video Downloader

Berikutnya, ada aplikasi FreeMake Video Downloader yang bisa digunakan untuk mengunduh video youtube bagi pengguna Windows. Aplikasi ini memudahkan Anda mendownload video dari berbagai situs seperti Youtube, Facebook, Vimeo, Veoh, Metacafe, DailyMotion dan situs lainnya.

Beberapa fitur yang diberikan aplikasi ini antara lain : melakukan ektraksi video yang diperoleh dari situs tanpa mengurangi kualitas suaranya, memiliki converter video sehingga bisa mengonversi video kedalam format AVI, MKV, 3GP, MP3, iPod, PSP dan Android. Anda juga bisa menekan tombol Pause untuk menghentikan proses download dan menyambungkannya kembali tanpa harus mengulangi proses download dari awal.

6. Gihosoft TubeGet

download aplikasi Gihosoft TubeGet

Gihosoft TubeGet merupakan aplikasi pengunduh video portable yang bisa digunakan oleh pengguna Windows. Anda hanya perlu menyalin URL video dari situs youtube, maka aplikasi akan mendeteksinya secara otomatis dan mengizinkan Anda untuk dapat memilih kualitas video mulai dari 720P, 1080P, 2K, 4K dan 8K.

7. 4K Video Downloader

download aplikasi 4K Video Downloader

Aplikasi pengunduh video berikutnya adalah 4K Video Downloader. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengunduh video dari youtube hanya dengan satu klik saja. Ditambah lagi, Anda bisa memilih kualitas video yang akan didownload nantinya. Bila video yang didownload memiliki subtitle, maka akan terdownload menjadi satu dengan video melalui aplikasi ini.

Open Media LLC, selaku pembuat aplikasi ini merancang tampilannya dengan sangat sederhana dan user friendly sehingga siapapun bisa dengan mudah menggunakannya. Pada dasarnya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi, jika Anda ingin mendownload video dengan jumlah lebih dari 25 maka Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu yang telah disediakan pada tab Activate.

8. WinX YouTube Downloader

Aplikasi Download Video Youtube untuk Laptop

WinX Youtube Downloader merupakan aplikasi yang mengklaim dirinya sebagai aplikasi pengunduh video youtube dan 300 situs populer lainnya. Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sederhana, dimana Anda tinggal menempel URL dari video dan memilih kualitas video yang diinginkan. Secara otomatis, video tersebut langsung terdownload.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, WinX Youtube Downloader dapat memperbarui kodenya sendiri tanpa harus meminta pengguna untuk memasang kode baru agar dapat menikmati fitur yang canggih.

9. aTube Catcher

download aplikasi aTube Catcher

aTube Catcher tidak hanya berufngsi sebagai aplikasi pengunduh video youtube saja, melainkan bisa mengunduh video dari berbagai situs, seperti  Vimeo, Facebook, Metacafe, DailyMotion, Yahoo!, Globo, Spike, RTVE dan sebagainya.

Ada beberapa fitur aTube catche yang bisa Anda nikmati, yaitu dapat menyimpan video di hard drive, mengonversi video dari satu format ke format yang lain, mampu menangkap video streaming, merekam layar serta membuat DVD kustom.

10. ClipGrab

ClipGrab

ClipGrab merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengunduh video secara gratis. Video yang diunduh tidk hanya berasal dari youtube saja, melainkan bisa diperoleh dari beberapa situs seperti Vimeo, DailyMotion, CollegeHumor, MyVideo, Sevenload, Clipfish, MySpass, dan Tudou.

Jika Anda tidak suka video yang diunduh dalam format aslinya, Anda dapat mengonversi video kedalam format MPEG4, WMV, OGG Theora, MP3 dan OGG Vorbis. Walaupun demikian, tidak semua format dapat berfungsi di situs video streaming.


Demikianlah informasi mengenai 10 aplikasi download video youtube. Dari beberapa contoh aplikasi diatas, terdapat aplikasi yang bisa memanfaatakn selurh fitur canggihnya dengan gratis, namun ada juga versi berbayar untuk dapat menikmati fitur lengkap didalamnya. Semoga artikel diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend