Aplikasi FTP Server untuk Android

5 Rekomendasi Aplikasi FTP Server untuk Android Terbaik

Kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang apa saja aplikasi FTP Server untuk Android yang bisa Anda gunakan. Namun sebelum itu, kami akan mengajak Anda untuk membahas apa itu FTP Server.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berperan sebagai media untuk melakukan penukaran data antara server dan client di dalam sebuah jaringan.

FTP dapat diatur agar layanannya dapat digunakan oleh semua orang. Dengan begitu, semua orang bisa mengakses data tersebut dalam waktu yang bersamaan. Lalu bagaimana dengan tingkat keamanannya? FTP memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan hanya client yang terdaftar saja yang mempunyai izin untuk mengaksesnya.

Fungsi FTP Server

Lalu apa fungsi dari adanya FTP Server? Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari FTP Server. Manfaat tersebut akan sangat terasa dialami oleh  para pengguna akun website. Mereka bisa menggunakan FTP Server untuk membuat cadangan data dengan proses dan langkah-langkah yang mudah. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari FTP Server adalah berkaitan dengan pengiriman file. Pengguna dapat melakukan pengiriman atau pertukaran file secara cepat dan mudah.

Langkah-langkah pengiriman filenya pun tidak sulit. Mereka bisa melakukan pertukaran data maupun file kapan saja dan dimana saja. FTP memang menyediakan layanan atau fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk melakukan pengiriman data atau informasi secara dua arah.

Data yang dikirim menggunakan layanan FTP dapat berjalan secara lebih efisien. Mengirim file dengan memanfaatkan layanan FTP juga membuat proses pengiriman bukan hanya cepat melainkan aman. Selain itu, data yang dikirim pun tidak akan terhapus maupun hilang dan masih banyak kelebihan lainnya.

5 Aplikasi FTP Server untuk Android

Jika dulu ketika ingin menggunakan FTP Server Anda memerlukan komputer atau laptop, namun sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan ini hanya dengan bermodal smartphone. Ada beberapa aplikasi FTP Server yang tersedia untuk para pengguna smartphone. Apa saja apalikasi tersebut? Berikut ini jawabannya.

1. WiFi FTP Server

WiFi FTP Server adalah Aplikasi FTP Server untuk Android

Aplikasi FTP Server yang akan kami bahas pertama kali adalah WiFi FTP Server. Salah satu aplikasi FTP Server terbaik yang bisa Anda install di smartphone Android. Aplikasi ini sudah banyak yang menggunakannya dan menjadikannya sebagai salah satu software terbaik saat ini. WiFi FTP Server memperoleh rating sebesar 4,4 yang menunjukkan bahwa memang aplikasi tersebut memiliki kualitas yang Anda butuhkan.

Hanya dengan WiFi FTP Server, maka ponsel atau tablet Android Anda sudah bisa difungsikan sebagai FTP Server. Anda bisa menggunakannya untuk mengirim file, audio, foto, dan lain sebagainya dengan mudah dan cepat. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh WiFI FTP Server antara lain:

  • Sudah dilengkapi dengan nomor port yang sudah dikonfigurasi. Jadi, Anda tinggal menggunakannya saja
  • Aplikasi WiFi FTP Server sudah mendukung FTP melalui SSL (FTPS) atau TLS
  • Akses anonium sudah dikonfigurasi
  • Transfer file dapat dilakukan dengan mudah dan cepat

Masih ada beberapa kelebihan lain yang terdapat pada WiFi FTP Server. Jika Anda ingin mengetahuinya, silakan Anda download aplikasi tersebut melalui link di bawah ini.

2. FTP Server

FTP Server

Sesuai dengan namanya, aplikasi FTP Server yang bisa Anda gunakan untuk perangkat Android adalah FTP Server. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk membaca maupun menulis apa saja, termasuk kartu SD.

Anda juga bisa mencadangkan foto maupun file Anda lainnya ke komputer atau laptop dengan mudah. Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi FTP Server adalah tampilannya yang mudah dipahami. FTP Server mendapatkan rating yang cukup bagus yaitu 4,0 di Play Store.

Meskipun Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi FTP Server, Anda tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menggunakannya. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Play Store. Namun sebenarnya, aplikasi FTP Server masih ada yang versi berbayar atau versi pro-nya yang dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi FTP Server, silakan download pada link berikut ini.

3. FTP Server – Multiple FTP Users

Aplikasi FTP Server Android Terbaik

Aplikasi FTP Server untuk Android yang ketiga adalah Multiple FTP Users. Aplikasi FTP Server yang powerful ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda yang menginginkan sebuah aplikasi dengan fitur lengkap yang memudahkan Anda untuk berbagi maupun mengirim file dengan mudah. Anda tidak perlu mengirim file menggunakan kabel untuk mengirim file karena proses pengirimannya dapat dilakukan secara nirkabel.

Salah satu kelebihan dari FTP Server – Multiple FTP Users adalah semua fitur yang dihadirkan dapat Anda gunakan secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan setiap fitur yang ada. Beberapa fitur yang sekaligus menjadi keunggulan dari aplikasi ini antara lain:

  • Mendukung berbagai tipe jaringan, seperti WiFi, Tethering, dan Ethernet. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan dukungan jaringan yang terdapat pada aplikasi ini
  • Aplikasi ini dapat memberikan izin kepada setiap pengguna untuk mengakses file tersembunyi
  • Aplikasi ini juga bisa memblokir akses kepada para pengguna agar tidak bisa melihat maupun mengakses file tersembunyi
  • FTP Server – Multiple FTP Users memiliki fitur berupa mode aktif dan mode pasif. Mode ini bisa digunakan untuk mengirim file secara bersamaan
  • Aplikasi ini dapat memberikan akses untuk membaca atau read only atau menulis kepada penggunanya

Masih banyak keunggulan lain yang dimiliki aplikasi ini. Dengan kelebihannya tersebut, membuat FTP Server – Multiple FTP Users mendapatkan rating sebesar 4,3. Ini menunjukkan bahwa aplikasi ini memang layak untuk Anda gunakan.

4. AndFTP

AndFTP

AndFTP juga menjadi aplikasi lain yang kami rekomendasikan untuk menggunakan FTP Server di perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan fitur dan kelebihan-kelebihan yang tidak jauh berbeda dengan beberapa yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Jumlah pengunduh AndFTP juga tidak sedikit. Jika Anda perhatikan kolom komentar atau ulasan di Play Store, banyak orang yang mengakui bahwa memang AndFTP merupakan salah satu aplikasi FTP Server terbaik.

Pengguna dapat mengupload file dengan mudah, memberikan izin, menjalankan perintah khusus, maupun berbagai aktivitas lainnya hanya dengan AndFTP. Untuk itu, aplikasi ini mendapatkan rating sebesar 3,8. Anda bisa mengunduhnya pada link di bawah ini dan dapatkan pengalaman menggunakan AndFTP.

5. FTP Server Pro

FTP Server Pro

Sebelumnya kami sudah membahas tentang aplikasi FTP Server. Namun aplikasi yang kami bahas sebelumnya merupakan versi gratis. Sekarang, aplikasi yang sedang kami bahas merupakan versi berbayar atau FTP Server Pro.

Sama dengan aplikasi versi pro pada umumnya, untuk FTP Server Pro mempunyai fitur yang lebih lengkap. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan FTP Server versi gratis atau versi pro. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Send this to a friend