Aplikasi Gmail Baru Saja Tembus 10 Miliar Unduhan

Aplikasi Gmail Baru Saja Tembus 10 Miliar Unduhan

NESABAMEDIA.COMAplikasi Gmail untuk perangkat Android baru saja meraih pencapaian terbaru. Aplikasi itu telah mencatatkan raihan 10 miliar unduhan di Google Play Store. Ini menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi keempat Google yang menembus rekor unduhan tersebut setelah Google Play Services, Google Maps dan Youtube. 

Mengingat Gmail merupakan aplikasi dari Google yang cukup penting dan hadir secara pra-install di hampir semua perangkat smartphone Android out of the box sebagai bagian dari Google Apps Suite. Ini cukup mengejutkan karena membutuhkan waktu yang cukup lama bagi aplikasi tersebut untuk mencapai 10 miliar unduhan. Meski demikian ini tidak menampik fakta bahwa masih merupakan pencapaian besar untuk Google. 

Sebagai informasi, Google pertama kali meluncurkan aplikasi Gmail ke pengguna publik pada tanggal 1 April 2004, dan baru mencapai tonggak tersebut tahun 2022 ini, dan itu berarti aplikasi tersebut telah berusia hampir 18 tahun. Selain itu, pangsa pasar Gmail saat ini diketahui sebesar 53% dari pasar untuk aplikasi email yang ada. 

Aplikasi Gmail pada awalnya hadir diperuntukkan guna mengirim dan menerima email dengan mudah di smartphone. Kemudian, Google melakukan sejumlah perubahan ke aplikasi tersebut untuk mengintegrasikan lebih dalam ke sistem operasi dan layanan Google lainnya seperti kalender, event, maps dan lainnya. 

Baru-baru ini, aplikasi itu juga telah menerima integrasi Google Meet dan Chat yang memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung tanpa harus mengunduh aplikasi lainnya di perangkat mereka. 

Salah satu alasan mengapa Gmail cukup lama untuk bisa mencapai tonggak pencapaian ini kemungkinan karena adanya versi Go yang lebih ringan dan memiliki hampir semua yang ditawarkan oleh aplikasi reguler. Selain itu adanya versi web yang menawarkan lebih banyak rangkaian opsi dan pilihan serta fitur tanpa harus mengunduh versi aplikasinya sama sekali. 

Alasan lainnya kemungkinan juga karena kebanyakan produsen smartphone Android menawarkan aplikasi email mereka sendiri kepada pengguna, yang memiliki fitur yang mampu mewadahi banyak akun email dalam satu aplikasi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend