• Our Partners:

Aplikasi Live Streaming untuk PC

10 Aplikasi Live Streaming untuk PC / Laptop (+Link Download)

Melakukan siaran langsung tentu belum lengkap tanpa mengandalkan aplikasi live streaming untuk PC / laptop yang kini jumlahnya variatif. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai perangkat lunak penunjang aktivitas live streaming di internet.

Ya, tren live streaming sedang hangat-hangatnya terjadi saat ini. Live streaming dinilai sebagai media promosi yang paling ampuh. Bahkan tak hanya itu saja, live streaming menjadi sarana hiburan dalam menikmati game yang disukai banyak orang, lho.

10 Aplikasi Live Streaming untuk PC / Laptop

Fenomena aktivitas live streaming tidak bisa dipisahkan dari platform yang memfasilitasinya. Ada YouTube hingga TikTok yang menyediakan ‘tempat’ bagi pengguna mereka untuk melakukan siaran langsung.

Ingin menyiarkan aktivitas Anda secara real-time? Tentu kamu harus menyiapkan gear alias perangkat fisik yang memadai. Tak hanya itu, aplikasi pihak ketiga juga dibutuhkan sebagai penunjang live streaming nantinya.

Untuk itu, kami sudah merangkum daftar aplikasi live streaming untuk PC / laptop yang bisa kamu download secara gratis maupun berbayar guna memaksimalkan jalannya siaran langsung, entah itu untuk kebutuhan konten gaming, promosi toko online, maupun jenis hiburan lainnya.

1. Raptr

Raptr

Raptr adalah salah satu software untuk live streaming yang paling populer saat ini. Alasannya, ia ringan ketika digunakan dan juga 100% gratis sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek jika tertarik untuk download Raptr.

Raptr ditujukan untuk mereka yang baru menekuni dunia live streaming. Aplikasi ini menyediakan beberapa tools yang kamu butuhkan jika ingin membuat siaran langsung, seperti menghubungkan kamera dengan Raprt.

User interface yang ramah membuat Raptr ideal untuk pengguna awam maupun mereka yang sudah pro sekalipun. Raprt sendiri kompatibel dengan sebagian besar versi Windows yang beredar saat ini.

2. Wirecast

Aplikasi Live Streaming untuk PC

Wirecast memudahkan kamu untuk melakukan live streaming lewat PC. Tersedia dalam dua versi, trial dan berbayar, untuk penggunaan yang lebih leluasa, kami menyarankan untuk download versi berbayarnya.

Wirecast memfasilitasi kamu dalam hal pembuatan konten lewat metode siaran langsung. Apapun jenis live streaming yang mau kamu buat, Wirecast bisa mengakomodirnya dengan apik. Keren, bukan?

Fleksibilitas menjadi keunggulan dari Wirecast  dimana ia kompatibel dengan apapun jenis kamera, perangkat, card yang bisa terhubung dengan aplikasi secara real-time. Adapun fitur pada Wirecast  yang tak boleh kamu lewatkan salah satunya adalah komposisi audio dan video.

3. AMD ReLive

AMD ReLive

Kamu pengguna komputer atau laptop dengan kartu grafis AMD? Kabar baik untukmu, pasalnya ada satu aplikasi pendukung live streaming yang dirancang khusus untuk itu.

Menyiarkan game secara langsung bakal dipermudah jika kamu mengandalkan AMD ReLive yang memiliki segudang fitur menarik. Sebut saja fitur reka ulang game, fitur pengeditan untuk tiap scene, hingga gift support. Aplikasi ini juga kompatibel dengan AMD Link, lho.

Intinya, pengguna kartu grafis AMD akan dimanjakan lewat kehadirkan AMD ReLive. Hadirnya dukungan AMD Link memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi streaming game ke smartphone. Canggih, bukan? 

4. Streaming Video Recorder

Streaming Video Recorder

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Streaming Video Recorder sesuai namanya, dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan siaran langsung yang dibuat oleh seseorang.

Tak ingin melewatkan streaming game content creator favoritmu karena sibuk? Cukup gunakan Streaming Video Recorder yang siap merekam jalannya siaran langsung secara otomatis. Aplikasi ini bahkan bisa digunakan pada live streaming sendiri, lho.

Streaming Video Recorder hadir dalam versi berbayar maupun gratis. Untuk penggunaan tanpa limit, tak ada salahnya untuk membeli versi berbayarnya.

5. OBS

Aplikasi Live Streaming untuk Windows

OBS adalah opsi berikutnya untuk kamu yang sedang mencari aplikasi live streaming untuk PC / laptop gratis namun dibekali berbagai fitur menarik.

Tak perlunya pengguna untuk merogoh kocek agar bisa menikmati fitur-fiturnya menjadikan OBS sebagai salah satu yang paling populer saat ini. Kerennya lagi, OBS mendukung berbagai sistem operasi, Windows, Linux, dan macOS.

Sifatnya yang open-source memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi sebebas mungkin seperti menambahkan plugin agar kegiatan live streaming jadi lebih maksimal.

6. XSplit

XSplit

Buat kamu yang sudah cukup familiar dengan dunia live streaming, nampaknya kamu akan menyukai fitur-fitur yang XSplit tawarkan dalam mendukung aktivitas tersebut.

Ya, XSplit adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna yang ingin menggeluti dunia live streaming secara profesional. Fitur yang ia sajikan menarik, baik pada versi gratis maupun yang berbayar. Namun kalau kamu ingin lebih leluasa, download versi berbayarnya lebih disarankan.

Salah satu keunggulan XSplit adalah fitur plugin dimana pengguna bisa menambahkan ekstensi pihak ketiga agar aktivitas streaming game maupun konten lainnya jadi lebih maksimal.

7. Gamecaster

Gamecaster

Dari namanya saja, tentu kamu sudah bisa mengetahui diperuntukkan sebagai apa aplikasi penunjang live streaming satu ini. Ya, Gamecaster adalah tools tambahan untuk kamu yang hobi menyiarkan permainan game desktop secara langsung!

Gamecaster menghadirkan user interface maupun fitur yang interaktif seperti notifikasi yang anti delay meliputi pemberitahuan untuk menghubungkan kamera dengan perangkat yang sudah kamu bekali dengan Gamecaster di dalamnya.

Ada pula fitur preview sebelum penyiaran langsung guna memastikan tampilan atau angle kamera nantinya sesuai dengan keinginan. Gamecaster kompatibel dengan banyak perangkat gaming seperti ASUS ROG dan ZenBook generasi terbaru.

8. BIGO LIVE for PC (Bigo Live Connector)

Aplikasi Live Streaming untuk laptop

Siapa tak kenal BIGO? BIGO adalah platform jejaring sosial berbagi video yang menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin melakukan live streaming.

Platform media sosial berbasis video ini kini hadir dalam bentuk aplikasi dekstop, tak hanya aplikasi untuk mobile saja. Agar user experience lebih memuaskan, menggunakan BIGO di komputer maupun laptop lebih disarankan.

Kamu bisa menciptakan konten yang menarik lewat BIGO LIVE for PC ini. Sama seperti aplikasi media sosial kebanyakan, kamu juga akan menemukan ragam konten dari pengguna BIGO lainnya lewat aplikasi ini.

9. Camfrog Video Chat

Camfrog Video Chat

Jika mengatur live streaming secara profesional dirasa cukup sulit, mengapa tidak mengandalikan aplikasi webcam untuk PC / laptop saja? Menawarkan pengalaman yang mirip-mirip, salah satu yang terbaik datang dari Camfrog Video Chat.

Camfrog Video Chat memungkinkan kamu untuk membuat siaran langsung untuk kemudian dibagikan kepada orang lain di waktu yang bersamaan. Mudahnya, Camfrog Video Chat bekerja bak platform konferensi video seperti Google Meet maupun Zoom.

Yang menarik dari Camfrog Video Chat adalah kemampuannya untuk mengundang hingga 1.000 user di dalam satu siaran langsung. Aplikasi ini juga terintegrasi langsung dengan Facebook Messenger, lho.

10. ManyCam

ManyCam

Mudah dioperasikan oleh siapa saja, ManyCam adalah live stream switcher software yang tersedia gratis untuk pengguna Windows 7 hingga Windows 10.

ManyCam memudahkan kamu untuk menciptakan tampilan live streaming yang memukau dengan menggunakan efek hingga meningkatkan resolusi dari video yang akan disiarkan.

Lewat ManyCam, kamu juga bisa merekam jalannya siarang langsung, lho. Semua tersaji di satu aplikasi yang powerful dengan tampilan antarmuka yang ramah pengguna.

Itu dia 10 rekomendasi aplikasi live streaming untuk PC / laptop terbaik yang bisa kamu download jika ingin menekuni dunia streaming secara profesional maupun sekadar hiburan saja.

Aplikasi-aplikasi yang kami sebutkan memungkinkan kamu untuk menghasilkan live streaming yang proper sehingga akan membuat orang-orang betah menyaksikan konten yang kamu tayangi. Jadi, tertarik untuk menggunakannya?

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend