Aplikasi Mail Windows 10

Aplikasi Mail di Windows 10 Dibanjiri Lebih Banyak Iklan

NESABAMEDIA.COMAplikasi surat elektronik atau Mail di Windows 10 awalnya merupakan sebuah proyek yang cukup menarik, namun perlahan berubah menjadi sebuah aplikasi yang digunakan sedikit pengguna.

Hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh minimnya fitur yang disediakan atau rata-rata stabilitas dan kehandalannya saja. Sebab aplikasi Mail bawaan di Windows benar-benar membutuhkan peningkatan yang serius, namun lebih karena adanya iklan yang telah disematkan sejak lama dan kini justru ditambah lagi dengan tambahan iklan yang ditautkan ke Office di Web. 

Secara teori, pengguna mungkin tidak mengharapkan aplikasi Microsoft memiliki iklan di dalamnya, namun dalam prakteknya, Microsoft menggunakan aplikasi Mail untuk menautkan ke beberapa produknya yang lain, termasuk Outlook untuk platform mobile. 

Faktanya, tambahan banner untuk versi mobile dari Outlook ini menjadi salah satu keputusan yang paling tidak bisa diterima pengguna di luar sana, dan seperti yang sudah diduga, Microsoft bersikukuh untuk melakukannya.

Utamanya yang menjadi keluhan banyak pengguna adalah, aplikasi Mail Windows 10 ini seringkali mengarahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi Outlook versi mobile, meski sebenarnya pengguna telah memasang aplikasi tersebut di smartphone mereka. Baik Android maupun iPhone.

Kini bahkan Microsoft telah memasukkan tautan menuju ke aplikasi web Office, yang ditampilkan di samping banner yang merekomendasikan pengguna untuk berlangganan Office 365. Tentu saja, Microsoft bisa selalu beralasan bahwa hal itu bukanlah iklan, melainkan sebuah shortcut untuk menuju aplikasi web Office. 

Namun apa poin yang diutamakan dengan membuat antarmuka dari aplikasi Mail menjadi lebih mengganggu, dan tanpa memberikan pengguna pilihan untuk menghilangkan shortcut tersebut?

Mungkin jawabannya adalah strategi marketing, meski untuk saat ini, Microsoft tidak mau memberikan komentar dan memilih untuk menutup mulut atas masalah tersebut. 

Sepertinya, terlihat jika tautan tersebut memang muncul untuk semua pengguna, meski tidak semua pengguna untuk saat ini menemukan tautan tersebut di aplikasi Mail mereka. Sebab, Microsoft akan memunculkan iklan atau tautan itu secara bertahap, jadi bisa dipastikan iklan baru akan muncul ke semua pengguna dalam beberapa hari mendatang.

Leave a Reply

Send this to a friend