10 Aplikasi Monitoring Jaringan di PC Laptop Untuk LAN, WAN, dan WiFi

10 Aplikasi Monitoring Jaringan di PC / Laptop Untuk LAN, WAN, dan WiFi

Monitoring jaringan adalah sebuah proses pengumpulan serta analisis terhadap traffic data jaringan. Tujuannya untuk memaksimalkan sumber daya yang ada pada jaringan komputer.

Monitoring jaringan juga bermanfaat untuk membantu admin jaringan dalam menyusun ulang jaringan komputer. Untuk bisa melakukan hal tersebut, admin jaringan memerlukan aplikasi.

Aplikasi Monitoring Jaringan di PC / Laptop

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi monitoring jaringan di PC / laptop baik untuk jaringan LAN, WAN, maupun jaringan WiFi.

1. GFI LanGuard

GFI LanGuard

Aplikasi monitoring jaringan di PC / laptop untuk jaringan LAN dan WiFi adalah GFI LandGuard. Salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memindah atau memonitor sebuah jaringan kecil dan besar.

GFI LanGuard sudah support beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, dan juga MacOS. Di sini Anda bisa mengontrol jaringan kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Dikarenakan posisi Anda di sini sebagai Sysadmin atau admin jaringan, maka aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengamankan serta mem-patch seluruh perangkat yang tergabung di dalam jaringan. Untuk mengunduhnya, silakan Anda klik link di bawah ini.

2. Microsoft Network Monitor

Aplikasi Monitoring Jaringan di PC dan Laptop

Microsoft Network Moniotir merupakan aplikasi yang dibuat untuk memonitor paket data. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melihat, mengcapture, maupun melakukan analisis terhadap traffic jaringan.

Aplikasi ini juga sangat pas jika Anda ingin melakukan troubleshooting jaringan. Salah satu fitur utama dan menjadi unggulannya adalah dukungan protokol publik milik Microsoft yang jumlahnya lebih dari 300.

Selain itu, Microsoft Network Monitor juga dapat Anda gunakan untuk melakkan capture sessions dalam waktu yang bersamaan. Tidak sampai di situ, software yang satu ini juga bisa membantu Anda untuk bisa tahu seperti apa lalu lintas data yang dikirim dan diterima pada jaringan komputer. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi monitoring terbaik hingga sekarang.

3. Nagios

Nagios

Jika Anda mencari sebuah aplikasi yang siap membantu admin jaringan untuk tahu setiap layanan yang up dan juga running, maka Nagios merupakan aplikasi yang Anda butuhkan. Aplikasi akan langsung mengawasi host-host dan juga layanan yang sudah diterapkan oleh admin jaringan. Jika host-host tersebut kondisinya tiba-tiba memburuk atau mengalami masalah, Nagios akan langsung memberi tahu admin jaringan.

Perlu Anda tahu bahwa terdapat fitur yang membuat Nagios menjadi aplikasi monitoring yang powerfull. Fitur yang dihadirkan tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan monitoring jaringan seperti POP3, SMTP, NNTP, HTTP, PING, dan lain sebagainya.

Pengguna host resource seperti load, prosesor, penggunaan memory, file log dan juga hardisk, bisa dimonitor menggunakan Nagios. Terlebih lagi aplikasi ini menghadirkan sebuah tampilan yang mudah dipahami meskipun admin jaringannya merupakan orang yang baru pertama kali menggunakan Nagios.

4. NetXMS

NetXMS

Sebuah aplikasi monitoring jaringan yang tidak kalah populer adalah NetXMS. Aplikasi akan menampilkan informasi dalam bentuk grafis.

NetXMS juga cocok untuk semua sistem operasi sehingga tidak heran mengapa aplikasi ini masuk ke dalam daftar aplikasi monitoring terbaik. Beberapa fitur yang dimiliki oleh software ini antara lain: engine basis data, auto discovery, monitoring jaringan yang tedistribusi, analisis jaringan, dan lain sebagainya.

5. Advanced IP Scanner

Aplikasi Monitoring Jaringan di PC Windows

Salah satu aplikasi monitoring jaringan yang cepat dan mudah digunakan adalah Advanced IP Scanner. Aplikasi ini akan langsung melakukan pendeteksian terhadap semua perangkat termasuk juga perankat nirkabel seperti printer, smartphone, dan router WiFi dengan cepat. Aplikasi ini juga menyediakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk melakukan koneksi ke beberapa layanan seperti FTP dan HTTP.

Terdapat juga shared folders jika Anda mengaktifkan fitur tersebut pada perangkat remote. Advanced IP Scanner hadir dengan dua versi yaitu versi full dan portable. Pada saat Anda ingin menjalankan software ini, Anda harus mulai dari Settings – Option untuk menentukan sumber daya mana yang akan Anda pindai. Anda juga bisa menentukan seberapa cepat dan juga akurat pemindaian yang Anda lakukan.

Jika sudah, maka Anda tinggal menekan Scan. Tunggu saja sampai aplikasi ini melakukan pemindaian sesuai yang Anda inginkan. Kemudian, Anda bisa melihat hasilnya untuk mengetahui kira-kira mana sumber daya yang dapat Anda hubungkan ke masing-masing perangkat.

6. Netmonk

Netmonk Aplikasi Monitoring Jaringan

Netmonk merupakan salah satu aplikasi monitoring jaringan terbaik yang dibekali dengan fitur yang canggih sehingga infrastruktur atau perangkat jaringan dapat berjalan dengan optimal dan efisien. Aplikasi besutan anak Indonesia ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Golang, React js dan juga didukung dengan implementasi on cloud system.

Dengan adanya Netmonk ini akan mempermudah tim IT Network dalam mendapatkan informasi end-to-end jaringan secara real-time dari banyak perangkat jaringan yang terdiri dari berbagai vendor dan tipe. Lalu apa saja fitur-fitur utama yang dimiliki oleh Netmonk:

  1. Menu dashboard dengan tampilan yang user-friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengetahui informasi-informasi penting seperti perangkat yang mati (tidak terdeteksi), link jaringan yang memakan resource tinggi dan lain sebagainya.
  2. Fitur alarm otomatis yang akan dikirimkan ke grup Telegram grup maupun individu bilamana terdapat perangkat jaringan yang mati atau tidak terdeteksi.
  3. Fitur network map yang memungkinkan pengguna mengetahui perangkat jaringan yang bermasalah atau yang dalam pengawasan berdasarkan lokasi / region.
  4. Export laporan rangkuman informasi jaringan berbentuk PDF sehingga membantu tim IT network dalam mengelolah informasi penting seperti availability perangkat, statistik penggunaan link, statistik penggunaan CPU/RAM/Storage.

7. Capsa Free

Capsa Free

Salah satu aplikasi terbaik untuk menganalisis traffic jaringan adalah Capsa Free. Aplikasi ini juga menbantu dalam mengatasi isu-isu jaringan serta melakukan analisis terhadap paket data.

Capsa Free telah mendapatkan dukungan protokol jaringan yang jumlahnya lebih dari 300. Apalagi aplikasi juga memiliki kemampuan di dalam melakukan kustomisasi protokol, laporan yang dapt dimodifikasi, memonitor email serta autosave, dan lain-lain.

Ketika Anda menjalankann Capsa Frees, jangan lupa memilih adapter yang ingin Anda tampilkan dengan cara mengklik Start agar dapat menginisiasi proses capture. Anda bisa menggunakan tabs pada jendela utama agar nanti bisa menampilkan dashboard, aliran TCP/UDP, analisis paket data, dan juga statistik traffic.

8. Fiddler

Fiddler

Fiddler merupakan aplikasi debugging web yang akan menangkap traffic HTTP antara internet dengan komputer. Fiddler dapat digunakan untuk mengalisa paket data yang datang atau incoming maupun paket data yang keluar atau outgoing.

Bukan itu saja, aplikasi ini nanti juga bisa memodifikasi responses dan request sebelum nanti akan ditampilkan di layar browser. Fillder akan memberikan informasi secara lengkap berkaitan dengan traffic HTTP dan nanti juga bisa Anda gunakan untuk menguji performa website dan keamanan pada aplikasi website.

Ketika Anda menggunakan Fiddler, aplikasi ini akan mulai mengcapture traffic HTTP secara otomatis. Jika Anda ingin menghentikan capturenya, tinggal tekan F12. Anda juga bisa menentukan proses mana saja yang ingin Anda capture dengan cara klik All Processes pada status bar bagian bawah. Bisa juga dengan cara drag pada ikon Any Process pada menu bar bagian atas aplikasi yang aktif.

9. NetworkMiner

NetworkMiner

Cara kerja NetworkMiner yaitu dengan mengcapture paket data lalu melakukan parsing data agar bisa mengesktrak file dan juga gambar. Dengan begitu, proses rekonstruksi event bisa lebih mudah.

Anda juga bisa memasukkan keyword sambil aplikasi ini mengcapture paket data. Aplikasi ini juga dikategorikan sebagai Network Forensic Analysis Tool (NFAT) yang berguna dalam mengummpulkan informasi seperti sistem operasi, hostname, dan juga open port pada hosts.

10. Pandora FMS

Aplikasi Monitoring Jaringan di Laptop Windows

Aplikasi monitoring jaringan di PC / laptop yang juga kami rekomendasikan adalah Pandoma FMS. Aplikasi ini dapat membantu Anda di dalam mengawasi jalannya server, aplikasi serta komunikasi. Aplikasi ini bersifat fleksibel serta akan mempermudah Anda di dalam melakukan manajemen maupun mengontrol sebuah infrastruktur jaringan dengan sempurna tanpa perlu ada investasi waktu dan uang.

Pandora FMS mempunyai fitur yang nantinya dapat mengambil informasi yang berasal dari perintah yang dieksekusi sampai penggunaan CPU. Jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan sistem, Pandorma FMS akan langsung memberikan informasi tersebut kepada admin jaringan. Software ini juga bisa Anda gunakan untuk menghapus temporary files maupun mengeksekusi proses yang biasanya dilakukan oleh web.

11. Collectd

Collectd

Bagi Anda yang membutuhkan sebuah aplikasi yang bersifat powerfull serta open source, maka Collectd bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Aplikasi ini dapat memonitoring jaringan kapan saja dan dimana saja serta akan memberikan informasi dalam bentuk grafik. Datanya akan ditampilkan dalam berbagai macam format misalnya file RRD. Aplikasi juga mampu menggunakan bahasa pemgoraman C++ sehingga cocok untuk semua platform sistem operasi.

Leave a Reply

Send this to a friend