Aplikasi Paint dan Photo Dapatkan Desain Yang Seragam Dengan Windows 11

Aplikasi Paint dan Photo Dapatkan Desain Yang Seragam Dengan Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah memberikan sejumlah bocoran mengenai desain ulang antarmuka untuk aplikasi Paint dan Photo. Aplikasi Paint dan Photo tersebut menghilangkan style antarmuka Ribbon, yang telah diperkenalkan sejak Windows 7, dan diganti dengan bahasa Fluent Design yang baru yang ada di Windows 11. 

Microsoft berencana untuk mengganti semua aplikasi bawaan Windows dengan bahasa Fluent Design yang baru ini, termasuk aplikasi yang tidak akan terpikirkan sebelumnya seperti Notepad. Tujuan Microsoft dengan perubahan antarmuka baru ini adalah untuk membawa keseragaman ke Windows 11, untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang dibangun ke dalam Windows 11 terasa dan terlihat sama. 

Estetika desain baru untuk aplikasi Microsoft Paint terlihat dari versi Windows 10 saat ini. Semua ikon telah disegarkan untuk menampilkan desain melingkar dengan sebuah tema hitam putih agar sesuai dengan estetika yang ada di Windows 11. 

Hilangnya desain Ribbon juga terlihat, dengan tombol File, View, Save dan panah yang menampilkan tema yang lebih sederhana namun modern tanpa tepi atau kotak yang terlihat di sekitar teks dan ikon.

Perubahan pada aplikasi Microsoft Photo lebih signifikan dibandingkan dengan aplikasi Paint. Bar statis di bagian atas gambar hilang, digantikan oleh bar mengambang dengan semua alat pengguna seperti zoom, delete, favorit, crop dan banyak lagi lainnya. 

Microsoft juga telah menghilangkan kata-kata “Edit & Create” dan “Share”, menggantinya dengan ikon, sehingga memberikan aplikasi Photo tema yang lebih seragam. 

Fitur lain yang baru hadir di Microsoft Photo adalah galeri di bagian bawah gambar. Sebelumnya, pengguna harus kembali ke koleksi foto untuk melihat semua gambar yang ada, tetapi sekarang pengguna bisa melihat beberapa gambar sekaligus dari galeri sambil melihat gambar utama berada dalam layar penuh.

Aplikasi Photo dan Paint adalah yang aplikasi Windows 11 pertama terlihat mendapatkan elemen antarmuka baru. Dalam waktu dekat, nantinya akan juga terlihat bahasa desain baru Fluent Design tersebut meluas hingga ke semua aplikasi bawaan Microsoft. Sepertinya ambisi Microsoft untuk menghadirkan Windows 11 sebagai sistem operasi yang lebih seragam dan konsisten dalam hal desain ini sebagai perbaikan menyeluruh dari inkonsistensi yang ada di Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend