Aplikasi Pengolah Angka untuk PC

10+ Aplikasi Pengolah Angka untuk PC / Laptop (Terbaik 2022)

Aplikasi pengolah angka atau biasa disebut dengan spreadsheet dapat membantu Anda dalam membuat, menyunting, serta memanipulasi data yang terdiri dari kumpulan baris atau kolom.

Melalui aplikasi spreadsheet ini Anda juga dapat membuat tabel, grafik, serta menghitung angka menggunakan rumus matematika, dan lain sebagainya.

10 Contoh Aplikasi Pengolah Angka

Salah satu contoh aplikasi pengolah angka yang paling populer adalah Microsoft Excel. Namun, tahukah Anda bahwa bukan hanya Excel saja yang dapat Anda gunakan untuk mengolah angka.

Berikut ini 10 contoh aplikasi pengolah angka yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih aplikasi mana yang cocok untuk Anda. Langsung saja, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Microsoft Excel

microsoft excel

Aplikasi pengolah angka pertama yang memang sudah juara dalam hal mengelola angka adalah aplikasi Microsoft Excel. Awalnya aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1987 dan memulai popularitasnya.

Aplikasi besutan Microsoft ini dapat Anda gunakan untuk melakukan perhitungan akuntansi seperti keuntungan dan kerugian dalam penjualan, perhitungan rata-rata, penambahan, perkalian, pembagian, pengurangan, perhitungan nilai maksimum minimum, dan lain sebagainya.

Banyak sekali kelebihan dari aplikasi Microsoft Excel ini, salah satunya adalah tampilan antarmukanya yang sederhana sehingga kecepatan loadingnya pun hanya sebentar. Anda dapat meyimpan file Excel ke dalam berbagai format, seperti PDF hingga Open Ofice seperti Linux.

2. KSpread

KSpread

KSpread merupakan aplikasi spreadsheet yang termasuk ke dalam bagian dari Koffice. Aplikasi ini memiliki sifat open source dan multiplatform. Itu artinya Anda dapat mengubah kode program agar dapat menambahkan fitur-fitur baru pada program perangkat lunak KSpread.

Karena aplikasi KSpread ini bersifat multiplatform itu artinya Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini pada berbagai jenis sistem operasi. Anda dapat menjalankan perangkat lunak ini di sistem operasi Windows hingga Linux.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Kspread ini diantaranya adalah beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, berbagai macam pemformatan, memiliki dukungan lebih dari 100 fungsi, hingga pemeriksaan ejaan.

3. Spread32

Aplikasi Pengolah Angka untuk PC

Aplikasi pengolah angka selanjutnya adalah aplikasi SPREAD32. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi alternatif Excel gratis yang memiliki lebih dari 300 fungsi matematika dan trigonometri, logika, referensi, teknik dan kategori keuangan dan bekerja dengan file spreadsheet dasar seperti layaknya CSV, XLS, dan PXL.

Aplikasi Spread32 ini tidak disarankan untuk Anda yang ingin melakukan analisis data yang komprehensif dan dalam jumlah yang cukup besar. Aplikasi ini hanya dapat menganalisis atau mengatur sejumlah data kecil. Hampir semua fitur penting ada di dalam aplikasi Spread32 ini seperti memfilter data, menyisipkan bagan, serta menyiapkan hingga tiga pengaturan pemformatan bersyarat.

4. Abacus

Abacus

Selanjutnya adalah aplikasi Abacus. Aplikasi Abacus ini tidak akan menguras banyak kuota dan memori penyimpanan PC atau laptop Anda karena hanya berukuran sekitar 2 MB saja. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang suka aplikasi perangkat lunak minimalis dan hemat memori.

Anda tidak perlu merasa kesulitas saat menggunakan aplikasi ini, karena pengoperasian Abacus ini terbilang cukup mudah. Sehingga sangat cocok untuk kamu pertimbangkan. Namun, sayang sekali aplikasi Abacus ini masih tersedia untuk sistem operasi Linux saja.

5. WingZ

WingZ

Jika Anda suka dengan aplikasi gratis, WingZ dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Aplikasi WingZ ini dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial dan tidak dapat Anda jual belikan. Aplikasi perangkat lunak ini memiliki sifat multiplatform, itu artinya Anda dapat menggunakannya di berbagai sistem operasi.

Jika Anda membutuhkan berbagai fitur yang lengkap dan mempunyai budget yang tinggi, aplikasi WingZ ini dapat Anda coba. Aplikasi perangkat lunak ini dibekali berbagai macam fitur menarik, seperti Micro Add-Ins bahkan Anda dapat melakukan pemrograman di aplikasi WingZ ini.

6. LibreOffice Calc

Aplikasi Pengolah Angka untuk Laptop

Saat Anda pertama kali membuka aplikasi LibreOffice Calc, Anda akan merasa seperti melihat aplikasi Excel versi lama. LibreOffice merupakan aplikasi pengolah angka yang sepenuhnya dapat Anda gunakan secara gratis dan bersifat open source, yang dimulai sebagai cabang dari OpenOffice.

Tampilan antarmuka aplikasi ini terlihat biasa seperti tampilan aplikasi Microsoft biasanya. Anda sebagai pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka dengan hanya menampilkan fungsi-fungsi yang diinginkan saja. Aplikasi ini juga menyediakan satu set lengkap kontrol keyboard untuk menavigasi aplikasi dengan cepat.

7. Google Sheets

google sheets

Aplikasi pengolah angka yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah aplikasi Google Sheets. Aplikasi ini dapat Anda gunakan di PC, laptop, ataupun handphone. Aplikasi buatan Google ini dapat memudahkan Anda dalam menyunting, meng-input, hingga memanipulasi data sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Google Sheets ini sangat simpel sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat akan menggunakannya. Google Sheets ini juga terintegrasi langsung dengan akun Google Anda, sehingga file yang Anda buat dapat diakses di mana saja seperti melalui web browser, tidak harus menggunakan aplikasi.

Misalnya, ketika Anda membuat file sheet di handphone maka file tersebut akan langsung tersinkronisasi ke dalam cloud atau penyimpanan awan. Jadi, saat Anda ingin menyunting file tersebut dari perangkat lain, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan data tersebut lagi.

8. Office Suite

Office suite

Office Suite merupakan sebuah aplikasi paket lengkap yang tidak hanya menawarkan aplikasi pengolah angka saja. Aplikasi ini dapat Anda gunakan dengan mudah melalui handphone. Aplikasi Office Suite ini menyediakan beberapa program yang bisa Anda gunakan, mulai dari spreadsheet, doc, hingga pdf. Sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya lagi. Cukup praktis kan!

9. Zoho Sheet

zoho sheet

Jika Anda sedang mencari aplikasi pengolah angka atau spreadsheet di handphone, Zoho Sheet dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Aplikasi Zoho Sheet memungkinkan para penggunanya untuk memindai kertas yang berisikan tabel untuk nantinya disunting di aplikasi dengan mudah.

Selain fitur keren tersebut, Zoho Sheet juga memiliki asisten AI yang diberi nama Zia yang akan membantu Anda dalam merekomendasikan chart ataupun membuat Pivot Table.

Bukan hanya fitur tersebut saja yang bisa Anda gunakan, Zoho Sheet juga menyediakan lebih dari 35 jenis bagan yang di dalamnya sudah termasuk pie dan juga bar charts. Anda juga dapat berkolaborasi dengan siapa saja dan dilengkapi dengan fitur  read only, read and write, dan sebagainya. Anda juga dapat mengekspor file sheet ke dalam bentuk format lainnya seperti PDF, CSV, XLSX, dan lain sebagainya.

10. Polaris Office

polaris office

Aplikasi pengolah angka terakhir yang dapat Anda gunakan dengan mudah adalah aplikasi Polaris Office. Aplikasi ini memiliki beragam fungsi dan dapat menangani 300 formula dan menampilkan lebih dari 20 diagram. Anda juga dapat melakukan diskusi dengan teman Anda menggunakan fitur yang disediakan oleh aplikasi ini sebelum akhirnya dokumen dicetak atau dikirim.

Hasil dari spreadsheet Anda juga dapat dibagikan ke berbagai macam jenis layanan cloud, termasuk Polaris Drive yang merupakan layanan penyimpanan cloud besutan mereka sendiri.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 contoh aplikasi pengolah angka yang dapat Anda gunakan di PC, laptop, ataupun handphone. Silakan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop atau handphone Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments