• Our Partners:

Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer

10 Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer Terbaik dan Paling Direkomendasikan

IP (Internet Protocol) merupakan protokol yang digunakana untuk alamat identifikasi pada setiap host atau komputer dalam suatu jaringan. Namun, orang yang memiliki keterampilan untuk mengatur IP biasanya sangat jarang.

Hanya orang yang ahli dalam bidangnya atau yang memang mempelajarinya yang dapat mengatur jaringan. Tapi, sekarang Anda sebenarnya juga bisa belajar memahami bagaimana suatu jaringan itu dibangun tanpa harus sekolah lagi. Anda hanya membutuhkan suatu media atau aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mempelajari ilmu tersebut.

Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer

Di zaman yang sudah canggih seperti ini yang mana banyak aplikasi yang sudah bertebaran di internet. Anda bisa memanfaatkannya untuk belajar membangun sebuah jaringan baik jaringan sederhana hingga rumit. Anda bisa belajar menggunakan aplikasi simulasi jaringan.

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi simulasi jaringan pada PC atau laptop yang bisa Anda gunakan. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi simulasi jaringan untuk PC atau laptop yang dibuat dan dikembangkan oleh suatu perusahaan yang sangat terkenal di dalam bidang jaringan yaitu Cisco Systems. Perusahaan Cisco ini sudah lama berdiri dan sangat ahli dalam bidang jaringan serta penyediaan alat – alat atau tools jaringan.

Aplikasi Cisco Packet Tracer ini merupakan aplikasi simulasi jaringan yang sering digunakan dikalangan anak sekolah menengah kejuruan. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki berbagai tools yang cukup lengkap dalam melakukan simulasi jaringan.

2. Cisco Aspire CCNA Edition

Aplikasi Simulasi Jaringan Komputer

Cisco Aspire CCNA Edition merupakan aplikasi game untuk simulasi jaringan. Aplikasi ini termasuk game edukasi. Game pendidikan ini dibuat oleh perusahaan jaringan termuka, jika dilihat dari namanya pasti Anda sudah tahu apa nama perusahaannya, ya perusahaan itu bernama CISCO. Aplikasi game ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar memahami konsep jaringan serta bagaimana cara bekerja sebuah jaringan.

Aplikasi game Cisco CCNA Aspire Edition dibuat untuk memberikan para pengguna kesempatan dalam mengembangkan keterampilan teknis yang mereka miliki.

Aplikasi Cisco CCNA Aspire Edition mempunyai media-fidelity, jaringan mampu, lingkungan pembelajaran berbasis simulasi yang memungkinkan pengguna untuk merancang jaringan, mengkonfigurasi, serta mengatasi masalah jaringan komputer pada tingkat CCNA Cisco ® kompleksitas.

3. GNS3

GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) merupakan aplikasi simulasi jaringan untuk PC atau laptop yang berbasis GUI yang mirip seperti Cisco Packet Tracer.  Aplikasi GNS3 ini dirilis pada tahun 2008. Aplikasi GNS3 ini dapat mensimulasikan perangkat asli baik menggunakan emulator ataupun menggunakan teknologi virtualisasi.

Prinsip kerja dari aplikasi GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada PC atau laptop Anda, sehingga PC Anda bisa berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router hingga switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card.

Aplikasi GNS3 ini memiliki tool pelengkap yang mudah dan murah sehingga dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh Cisco certification, seperti CCNA, CCNP, CCIP, bahkan CCIE. Hebatnya lagi, aplikasi GNS3 ini adalah simulasi jaringan yang Anda buat bisa dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi Anda seperti belajar layaknya di lab virtual.

4. iNetwork

iNetwork

iNetwork merupakan aplikasi simulasi jaringan yang bersifat interaktif learning yang dapat mengajarkan para penggunanya tentang jaringan. Aplikasi iNetwork ini dikembangkan oleh mahasiswa yang sudah menyelesaikan sarjananya di University of Technology Sydney (UTS), diantaranya adalah Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong.

Aplikasi iNetwork ini dibuat menggunakan bahasa C# .NET Framework. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, karena dibuat berbasis GUI yang mirip seperti aplikasi cisco. Aplikasi ini juga bersifat portable, jadi Anda tidak perlu melakukan instalasi, Anda cukup melakukan ekstrak, lalu jalankan file iNetwork Simulator.exe.

Fitur utama dari aplikasi iNetwork ini  adalah dapat mensimulasi cara kerja DHCP server, DNS server, Webserver, Mail server, Routing (Static dan dinamic/Ripv1) Gateway dan firewall. Untuk setiap masing – masing node bisa dihidupkan dan dimatikan dan aplikasi ini juga ada fitur “Command prompt” seperti ala – ala windows.

5. iPSims

Aplikasi Simulasi Jaringan Internet

iPSims merupakan aplikais permainan yang berupa edukasi tentang simulasi jaringan pada komputer. Aplikasi ini akan menghadapkan para pemain dalam simulasi jaringan komputer seperti jaringan komputer dalam kehidupan dunia nyata. Para pemain harus memberikan alamat IP, subnet mask, serta gateway dengan benar pada setiap router dan host yang sudah tersedia pada tiap stage.

Para pemain diberi waktu selama 5 menit untuk menyelesaikan setiap stage. Semakin cepat para pemain menyelesaikan stage, maka skor yang akan didapat juga akan semakin besar. Petunjuk diberikan pada diagram yang tampak pada setiap stage.

Aplikasi iPSims dilengkapi dengan fitur upload score secara online, sehingga para pemain bisa menunjukkan nilai yang sudah dicapai ke pemain lainnya. Selain bisa mengunggah score, para pemain juga bisa menunjukkan nilainya lewat posting di Facebook, Twitter, atau MySpace.

6. Boson Netsim

Boson Netsim

Boson Netsim merupakan aplikasi Router Simulator yaitu simulasi yang hanya dikhusus untuk Router saja. Tools yang ada di dalam aplikasi ini yang pasti adalah Router, yang mana router tersedia dalam berbagai Series mulai dari Series 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500.

Selain ada Router, juga ada Switches yang tersedia dalam berbagai Series diantaranya Series 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya ada Serial, Ethernet, ISDN. Selain itu, setiap tools atau alat dilengkapi dengan informasi mengenai Class, Speed, Model. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendalami konfigurasi router.

7. VirtualBox

VirtualBox

VirtualBox merupakan aplikasi virtual yang dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi secara virtual pada PC atau laptop Anda. Dengan sifatnya yang virtual itu artinya aplikasi VirtualBox ini bisa Anda gunakan sebagai media untuk mengeksplor berbagai macam software baik itu sistem operasi, software tertentu dengan platform tertentu, dan tentunya juga bisa Anda gunakan untuk melakukan simulasi jaringan tanpa ada device network fisik yang bisa menekan biaya eksperimen Anda alias Anda bisa menghemat.

8. Network Notepad

Aplikasi Simulasi Jaringan Mikrotik

Network Notepad merupakan aplikasi simulasi jaringan yang hampir sama dengan aplikasi iNetwork. Aplikasi ini memiliki 2 versi edisi yaitu Professional Edition dan Freeware Edition. Untuk versi Freeware Edition memiliki penggunaan yang lebih simpel dibandingkan versi Profesional.

Namun, jika Anda menginginkan fitur lengkap dari aplikasi ini, lebih baik Anda memilih versi Profesional. Aplikasi Network Notepad ini dapat Anda gunakan untuk membuat Planning Jaringan pada Perusahaan, Warnet, Kantor, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan presentasi dengan menggunakan program tersebut dan menjelaskannya satu persatu. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tentunya hasil yang akan didapat juga maksimal. Dan aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi windows mulai dari windows vista hingga windows 10.

9. VMWare

VMWare

VMWare merupakan aplikasi virtual yang mirip dengan aplikasi VirtualBox. Namun, memang aplikasi VMWare lebih jarang digunakan dibandingkan aplikasi VirtualBox karena experience nya yang lebih enak digunakan.

Fungsinya juga sama seperti VirtualBox, Anda bisa mensimulasikan jaringan komputer, server, menginstal sistem operasi, dan lain sebagainya. Penggunaannya hampir sama dengan VirtualBox hanya berbeda sedikit pada tampilannya saja.

10. Draw.IO

Draw.IO

Draw.IO merupakan sebuah aplikasi rancang bangun topologi jaringan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membangun sebuah topologi jaringan supaya terlihat lebih bagus dan menarik.

Jika Anda sedang belajar tentang sistem jaringan aplikasi Draw.IO ini mungkin cocok untuk Anda yang ingin belajar mengenai rancangan awal dari sebuah jaringan. Karena selain Anda harus paham tentang konfigurasi masing – masing jaringan, Anda juga harus paham cara membangun rancangan awal dari sebuah jaringan.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi simulasi jaringan di PC atau laptop. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend