Aplikasi SSH Client untuk Android Terbaik

5 Aplikasi SSH Client untuk Android Terbaik dan Terpopuler

Apa saja aplikasi SSH Client untuk Android? Sebelum itu, kami akan menjelaskan kepada Anda tentang apa itu SSH. SSH merupakan singkatan dari Secure Shell Connection yang merupakan sebuah protokol administrasi yang membuat user bisa mengakses dan juga memodifikasi dari berbagai macam pengaturan atau file yang terdapat di dalam server.

Sementara itu, SSH Client adalah program atau aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah protokol SSH.

Aplikasi SSH merupakan aplikasi yang sangat penting di dalam mengelola VPS atau cloud server yang membuat komunikasi menjadi lebih aman. Biasanya para penyedia VPS akan menyertakan SSH Server atau OpenSSH pada VPS yang ditawarkan.

Kemudian yang harus Anda lakukan adalah hanya dengan melakukan remote VPS melalui aplikasi SSH Client. Nanti, SSH Client yang ada di komputer pertama dijadikan sebagai komputer di dalam melakukan remote ke komputer kedua.

Sementara itu, pada komputer kedua Anda harus menginstal SSH Server terlebih dahulu misalnya Dropbear, OpenSSH, dan lain sebagainya. Dulu, aplikasi SSH hanya tersedia untuk komputer atau laptop saja.

Dulu program atau aplikasi SSH yang tersedia termasuk aplikasi berbayar. Aplikasi tersebut dibuat memang tujuannya untuk mengkomersilkan seperti Private Shell, Secure Shell, dan Tectia SSH. Namun sekarang sudah ada banyak aplikasi SSH gratis yang bisa Anda download.

Aplikasi ini hanya tersedia untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, MacOS, dan juga Linux. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, munculnya berbagai aplikasi SSH yang tersedia untuk smartphone Android. Aplikasi-aplikasi tersebut hadir dengan keunggulannya masing-masing.

Rekomendasi Aplikasi SSH Client untuk Android

Ada beberapa aplikasi SSH Client untuk yang sudah tersedia di Play Store. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini kami akan memberikan informasinya kepada Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih salah satu di antara semua aplikasi SSH Client yang sudah kami sebutkan.

1. Putty

Putty

Siapa yang tidak mengenal Putty? Putty merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer. Sampai sekarang, aplikasi ini sudah memiliki banyak pengguna yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Salah satu alasan kenapa Putty banyak dipilih karena Anda bisa menggunakannya secara gratis. Meskipun gratis, fitur-fitur yang dimiliki oleh Putty tidak dibatasi.

Anda bisa melakukan berbagai konfigurasi SSH dengan aplikasi Putty dengan mudah. Tampilanya yang sederhan menjadi alasan kenapa aplikasi ini banyak dipilih. Dulu, Putty tersedia untuk para pengguna Windows maupun Linux. Sekarang Anda bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone Android. Kualitasnya pun tidak jauh berbeda dengan versi PC-nya.

2. Mobile SSH

Mobile SSH adalah Aplikasi SSH Client untuk Android

Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi SSH yang sudah tersedia untuk perangkat Android. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara gratis sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Mobile SSH merupakan aplikasi yang dibuat dengan berdasarkan Putty dan juga OpenSSH. Jadi, Anda tidak perlu meragukan akan kualitas dari Mobile SSH.

Mobile SSH tergolong aplikasi open source yang membuat Anda bisa melakukan konfigurasi SSH hanya bermodalkan perangkat Android. Aplikasi ini mendapatkan rating sebesar 3,8 di Play Store. Kelebihan lain yang dimiliki Mobile SSH adalah aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya 1,7 MB. Untuk bisa menggunakannya, pastikan perangkat Anda minimal menggunakan sistem operasi Android versi 4.1.

3. Termius – SSH/SFTP and Telnet Client

Termius - SSHSFTP and Telnet Client

Untuk aplikasi SSH yang ketiga ini digunakan untuk mengelola sistem Linux dan juga UNIX. Anda bisa melakukan konfigurasi baik berupa Raspberry Pi, Docker Container, AWS instanc, VM, dan lain-lain. Sistem kerja yang dimiliki oleh Termius juga tidak berbeda jauh dengan yang ada di Putty. Hanya saja, aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih baik sehingga membuat Anda tidak bosan melihatnya.

Termius sudah mendukung penyimpanan berbasis awan atau cloud dengan proteksi 2FA. Untuk sistem enkripsinya, Termius menggunakan sistem enkripsi AES-256. Semua kelebihan yang dimiliki oleh Termius membuat aplikasi ini mendapatkan rating 4.4 di Play Store. Hal ini menunjukkan kualitas yang dimilikinya. Informasi selengkapnya tentang Termius silakan dapatkan dengan mengunjungi link di bawah ini.

4. JuiceSSH – SSH Client

JuiceSSH - SSH Client

Aplikasi SSH Client untuk Android yang memiliki tampilan terbaik adalah JuiceSSH. Aplikasi yang memiliki ikon buah jeruk ini juga menjadi salah satu yang kami rekomendasikan untuk Anda download.

Lalu apa kelebihan lain yang dimiliki JuiceSSH selain dari tampilannya? JuiceSSH merupakan aplikasi all in one. Aplikasi ini sudah memperoleh banyak dukungan seperti Local Shell, Telnet, dan juga Mosh.

Beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh JuiceSSH antara lain:

  • Mendapatkan dukungan Mosh resmi yaitu http://mosh.mit.edu
  • Mendapatkan dukungan Telnet
  • Memiliki keyboard popup yang di dalamnya terdapat semua karakter yang jarang Anda temukan pada aplikasi lainnya
  • Mendapatkan dukungan keyboard eksternal
  • Untuk mengunbah ukuran font, Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol volume
  • Mendapatkan dukungan UTF-8
  • Dukungan IPv6
  • Sudah mendukung kunci pribadi dan juga OpenSSH yaitu ECDSA, RSA, ed25519, dan juga DSA

Selain tersedia versi gratis, JuiceSSH juga tersedia versi pro yang menyediakan fitur yang tentunya lebih lengkap. Anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

5. Mobaxterm SSH

Mobaxterm SSH

Selain keempat aplikasi SSH Client untuk Android yang sudah kami jelaskan, sebenarnya masih ada aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut bernama Mobaxterm SSH.

Aplikasi ini juga kami rekomendasikan karena memiliki banyak fitur yang tidak kalah dengan aplikasi SSH yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang mudah dipahami.

Jadi, meskipun Anda baru pertama kali menggunakannya kami yakin Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengoperasikan Mobaxterm SSH. Adapun mengenai fitur-fitur yang sekaligus menjadikan kelebihan yang dimiliki oleh Mobaxterm SSH adalah sebagai berikut:

  • Sudah mendukung SSH baik melalui publick key, private key, tunnel network, SSH Agent, maupun pubkey authentication
  • Menyediakan fitur yang membuat Anda bisa mengubah ukuran font hanya dengan menekan tombol volume
  • Sudah mendukung UTF-8
  • Mobaxterm SSH mendukung kata sandi dan juga private key berupa RSA, ECDSA, dan DSA
  • Bisa mengaktifkan SSH pada layar belakang atau background
  • Aplikasi ini sudah mendukung beberapa tema dengan berbagai tampilan yang menarik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera
  • Mobaxterm SSH juga sudah mendukung Telnhuet jarak jauh, RDP, dan juga FTP
  • Sudah mendukung generator kunci RSA yang sudah terenkripsi

Masih banyak kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi Mobaxterm. Selain kelebihan-kelebihan yang sudah kami sebutkan, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara gratis. Jika tertarik, silakan Anda download melalui link di bawah ini.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai beberapa aplikasi SSH Client untuk Android. Kesimpulannya, sekarang sudah tersedia aplikasi SSH Client yang diperuntukkan untuk para pengguna smartphone Android. Aplikasia-aplikasi tersebut bisa Anda unduh secara gratis. Fitur-fitur yang tersedia mampu memudahkan pekerjaan dalam melakukan konfigurasi SSH. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend