Aplikasi Text Editor di PC / Laptop Terbaik

10 Aplikasi Text Editor di PC / Laptop Terbaik untuk Coding

Aplikasi text editor di PC atau laptop diperlukan untuk membuat aplikasi yang di dalamnya terdapat berisan kode. Semakin lengkap barisan kode yang disediakan, maka semakin maksimal aplikasi yang dihasilkan. Sudah banyak aplikasi editor teks yang bisa digunakan dengan berbagai spesifikasi dan keungulannya masing-masing.

Ada yang menawarkan tampilan modern dan ringan, plugin tambahan, gratis, dan masih banyak yang lainnya. Namun yang terpenting aplikasi yang anda pilih harus sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Beberapa aplikasi text editor terbaik yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut.

Aplikasi Text Editor di PC / Laptop

1. Notepad++

Notepad++

Aplikasi text editor di PC atau laptop yang pertama akan kami bahas adalah Notepad++. Semua pengguna Windows pasi tahu apa itu Notepad. Sebuah aplikasi default atau aplikasi bawaan Windows yang digunakan untuk membuat file text maupun mengetik catatan ringan selain di Ms. Word. Untuk Notepad++, aplikasi ini merupakan pengembangan dari Notepad yang sebenarnya memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama.

Namun untuk Notepad++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern serta canggih. Notepad++ menyediakan menu dan tampilan yang beragam sementara Notepad hanya menyediakan menu yang sederhana dengan tampilan berlatar belakang putih. Salah satu kelebihan Notepad++ adalah mampu membaca berbagai macam bahasa pemograman. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur plugin yang bisa anda gunakan untuk menambahkan fitur.

Beberapa fitur dari Notepad++ yang banyak digunakan antara lain: auto-completion, macro recording, shortcut customization, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda memerlukan sebuah aplikasi editor teks yang ringan dengan penggunaan yang terbatas, maka Notepad++ bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Sublime Text

Aplikasi Text Editor di PC

Jika anda mencari sebuah aplikasi editor teks dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang bagus, maka gunakanlah Sublime Text. Salah satu yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah Sublime Text mempunyai tampilan yang dinamis.

Anda juga akan disediakan beberapa tema yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Kelebihan lainnya yaitu Sublime Text sudah mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Jadi, anda tidak perlu bingung apakah komputer atau laptop anda bisa menggunakan aplikasi ini atau tidak.

Namun jika kita berbicara tentang sistem operasi yang paling kompatible dengan Sublime Text, maka Linux adalah jawabannya. Ketika menggunakan Linux, maka performa dan pencariannya bisa bekerja lebih maksimal.

Anda juga bisa menambahkan fitur karena aplikasi ini juga sudah menyediakan plugin. Untuk menggunakannya, anda bisa mengunduh secara gratis namun dengan batasan tertentu. Setelah itu, anda akan dikenakan biaya sekitar 70 US Dollar agar bisa memperoleh lisensi penuh.

3. Visual Studio Code

Visual Studio Code

Aplikasi text editor di PC atau laptop yang ketiga adalah Visual Studio Code. Aplikasi ini memiliki ciri khasnya sendiri dibandingkan aplikasi sebelumnya. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan langsung bisa menggunakan semua fitur yang ada.

Semua fitur yang disediakan pasti membuat anda suka menggunakan Visual Studio Code. Anda juga bisa menyembunyikan ikon dan menu melalui mode Zen.

Mode Zen adalah mode yang akan membantu anda fokus pada apa yang sedang anda kerjakan. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan debugging dan Git sehingga bisa membantu dalam mengoreksi kesalahan yang terdapat pada baris kode. Sebuah aplikasi yang sangat pas bagi para programmer.

4. Atom

Aplikasi Text Editor di Laptop

Jika anda mencari sebuah aplikasi editor teks open source terbaik, maka jawabannya adalah Atom. Sama dengan Sublime Text, Atom juga tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac.

Atom juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan dengan semua fitur yang disediakan diantaranya: fuzzy finder, TextMate grammars, dan lain-lain. Atom juga sudah terintegrasi dengan Node.js.

Alasan lain mengapa Atom yang banyak digunakan adalah karena aplikasi ini mudah diinstal. Meskipun anda pertama kali mencobanya pun anda tidak akan kesulitan menggunakannya. Dikarenakan banyak fitur yang disediakan, pastikan anda sudah menyiapkan resource yang besar dibandingkan aplikasi lain.

5. Brackets

Brackets

Selain keempat aplikasi text editor di PC atau laptop yang sudah kami bahas, ada Brackets yang juga bisa menjadi alternatif. Bagi para web designer pasti tidak asing lagi dengan Brackets.

Salah satu keungulannya adalah tampilan yang modern dan lebih bersih. Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung berbagai sistem operasi seperti aplikasi editor teks pada umumnya.

Beberapa fitur yang tersedia antara lain: highlighting, beragam keeyboards shortcut, split screen, serta mode no-distraction. Namun fitur yang menjadi keunggulannya adalah live preview. Fitur ini membuat anda bisa melihat secara langsung hasil HTML/CSS anda. Tampilannya pun bisa anda ganti sesuka hati, apakah memilih tema gelap atua terang.

6. Geany

Aplikasi Text Editor di PC Windows

Jika Notepad++ identik dengan Windows, maka Geany merupakan aplikasi untuk Linux. Sama dengan Notepad++, Geany juga merupakan aplikasi yang ringan dan tidaka akan memberatkan kinerja komputer atau laptop anda.

Meskipun ringan, namun aplikasi ini mampu menjalankan berbagai fitur yang andacode folding butuhkan seperti code folding, code navigation, highlighting, autocompletion programming, dan lain-lain.

Beberapa bahasa pemograman yang juga sudah mendukung Geany antara lain: PHP, Java, HTML, C, Phython, dan lain sebagainya. Jadi, bagi anda yang menggunakan sistem operasi Linux, maka kami sarankan anda menggunakan Geany untuk menjalankan berbagai keperluan editor teks anda.

7. Kate

Kate

Kate merupakan aplikasi editor teks bawaan KDE desktop environment yang merupakan bagian dari KDE Software Compilation. Aplikasi ini menyediakan fitur code folding, syntax highlighting, serta dukungan regular expression.

Anda juga bisa mengatur dan mengembangkannya sesuai keinginan. Dikarenakan bagian dari KDE Frameworks 5, maka Kate sudah terintegrasi dengan terminal Konsole serta mampu menyimpan berbagai file dengan melalui berbagai protokol seperti SMB, SSH, FTP, HTTP, dan WebDav.

8. Notepadqq

Notepadqq

Jika anda mencari Noteped-nya Linux, maka anda bisa menggunakan Notepadqq. Berbeda dengan Notepad, Notepadqq bukan hanya sekadar menulis teks biasa melainkan juga bisa menulis dan membaca perintah bahasa pemograman.

Aplikasi ini juga bersifat open source dan sudah bisa digunakan untuk kalangan distro Linux serta keturuannya. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan seperti mengedit dan mengecek kesalahan.

Notepaddqq juga bisa anda gunakan untuk mencari baris perintah berdasarkan struktur kalimat. Selain itu, anda juga bisa mengedit maupun menambahkan syntax. Proses instalasi yang mudah menjadi kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

9. PSPad

PSPad

Aplikasi coding lainnya yang juga tidak kalah populer adalah PSPad. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan pada 25 Maret tahun 2001. Salah satu yang menjadi kelebihannya adalah pengguna bisa menyimpannya dalam bentuk sistem pohon sehingga lebih mudah dalam mengaturnya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu anda dalam menjalankan berbagai dokumen dalam waktu bersamaan dan masih banyak fitur-fitur canggih dan menarik lainnya yang membuat anda ingin menggunakaan PSPad dibandingkan yang lain.

10. UltraEdit

UltraEdit

UltraEdit juga merupaka aplikasi editor teks untuk berbagai sistem operasi yang umum digunakan. Jika anda mencari sebuah aplikasi coding dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang menarik, maka kami sarankan anda memilih Kate.

Beberapa fitur yang tersedia dan tentukan akan sangat membantu anda dalam proses coding antara lain: disk based text editing, multiline find and replace, unicode support, spell checker, 64 bit file handling, sampai large file handling.

Dengan semua kelebihann yang ditawarkan, sayangnya untuk menggunakannya anda harus memperoleh lisensi terlebih dahulu. Namun bagi anda yang tidak masalah akan hal tersebut, anda unduh dan jadikan aplikasi ini sebagai pilihan terbaik untuk melakukan coding.

Leave a Reply

Send this to a friend