Aplikasi Transfer File PC ke PC

8 Aplikasi Transfer File PC ke PC Terbaik dan Paling Recommended untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Transfer file atau mengirim file antar perangkat mempunyai banyak cara baik itu antar PC, antar handphone, atau PC ke handphone.

Sebelum muncul berbagai cara untuk mentransfer file, dahulu cara yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan via bluetooth.

Semakin kesini orang – orang mulai meninggalkan bluetooth karena kecepatan transfernya yang sudah banyak dikalahkan oleh aplikasi – aplikasi transfer lainnya.

8 Aplikasi Transfer File PC ke PC

Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dan kecepatan saat mengirim file. Nah, saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan dan kecepatan tersebut. Aplikasi apa sajakah itu?

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi transfer file PC ke PC yang bisa Anda gunakan. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. SHAREit

SHAREit merupakan aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk transfer file dari PC ke PC. Aplikasi SHAREit sudah mendapatkan banyak pengguna dari seluruh penjuru dunia yaitu sebanyak lebih dari 1,5 milyar orang. Aplikasi ini termasuk jajaran 10 aplikasi yang paling banyak dicari.

Aplikasi SHAREit bukan hanya dapat digunakan untuk mentransfer file dari PC ke PC saja, tapi aplikasi ini mendukung berbagai macam platform diantaranya adalah Android, iOS, Windows Phone, Windows, dan MacOS.

Penggunaannya yang mudah dan tampilannya yang modern dan sederhana membuat orang menyukai aplikasi ini. Dan tentunya aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis file, mulai dari docx, apk, jpg, pdf, zip, rar dan lain sebagainya.

Aplikasi SHAREit ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mentransfer file, sehingga menjadikannya aplikasi yang sangat dicari dalam hal transfer file dan aplikasi ini juga mendapatkan popularitas tinggi dalam waktu yang sangat relatif singkat.  Aplikasi ini juga tidak membatasi jumlah file yang Anda transfer dan Anda bisa mentransfernya secara satu persatu ataupun secara bersama – sama.

2. Xender

Xender merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk transfer file antar platform. Aplikasi ini lebih dikenal sebagai aplikasi transfer file di Android, tapi bukan hanya bisa digunakan pada Android saja, aplikasi ini juga bisa digunakan pada berbagai platform diantaranya adalah Android, iOS, Windows Phone, Windows PC, dan MacOS.

Aplikasi Xender dapat mendukung berbagai jenis file, seperti kontak, file, gambar, musik, video, dan bahkan aplikasi. Aplikasi ini dapat berfungsi jika orang atau PC yang ingin Anda transfer file berada didekat Anda. Kecepatan transfer file aplikasi Xender ini sudah tidak diragukan lagi.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini juga sangat ramah pengguna atau user friendly. Selain itu, Anda juga bisa mengirim file ke lima perangkat berbeda secara bersama – sama. Keunggulan lainnya yang dimiliki aplikasi Xender ini adalah aplikasi web-nya, jadi Anda bisa menggunakan Xender tanpa harus mengunduh aplikasinya hanya menggunakan website nya saja.

3. Zapya

Zapya merupakan aplikasi yang digunakan untuk transfer file pada berbagai platform, bukan hanya di PC saja tapi aplikasi ini juga bisa digunakan di handphone baik itu Android, iOS, MacOS, Windows Phone, dan Windows PC.

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi Zapya mendukung berbagai jenis file, diantaranya seperti musik, foto, dokumen, video, dan lain sebagainya dan tentunya kecepatan transfernya juga tidak diragukan lagi.

Faktanya, kecepatan transfer file pada aplikasi Zapya ini mencapai 100x lebih cepat daripada yang Anda dapatkan dengan menggunakan via Bluetooth. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini juga cukup sederhana dan intuitif.

Sehingga akan memungkinkan Anda untuk mengirim file hanya dalam hitungan detik saja. Cara kerja dari aplikasi Zapya ini mirip dengan aplikasi Xender. Salah satu keunggulan dari aplikasi Zapya ini adalah mempunyai aplikasi lain untuk webshare, yaitu dapat mengakses konten pada Android atau iOS melalui web browser PC Anda.

4. Feem

Feem merupakan aplikasi transfer file yang mendukung berbagai platform seperti Android, iOS, Windows Phone, MacOS, Windows PC, dan Linux 64-bit. Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, video, dan lain sebagainya. Aplikasi Feem juga memberikan enkripsi pada semua transfer lokal dan Anda juga dapat mengatur letak folder utama transfer file tapi untuk menikmati fitur ini Anda harus menggunakan versi Pro.

Aplikasi Feem untuk PC sangat sederhana dan mudah digunakan dan tidak membutuhkan prosedur penyiapan yang rumit. Bahkan mentransfer file besar dapat dilakukan antara pengguna Feem melalui jaringan lokal tanpa menggunakan server eksternal.

Dan aplikasi Feem ini mengklaim bahwa kecepatan transfernya hingga 50 kali lebih cepat dibandingkan menggunakan bluetooth. Jika saat Anda mengirim file besar tiba – tiba terputus, Anda tidak perlu khawatir untuk mengulangnya karena aplikasi Feem akan melanjutkannya tanpa kehilangan satu byte pun.

5. Send Anywhere

Send Anywhere merupakan aplikasi transfer file yang bisa digunakan pada berbagai platform, seperti Android, iOS, Windows PC, dan MacOS. Sama seperti aplikasi transfer file lainnya, aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis file seperti dokumen, audio, video, gambar, dan lain sebagainya.

Penggunaan aplikasi Send Anywhere sangatlah mudah baik dari PC ataupun handphone. Tampilan antarmuka yang dimilikinya hanya tersedia beberapa pilihan saja, yaitu send, recieve, dan setting. Aplikasi ini tidak memerlukan identitas apapun. Anda tidak perlu login menggunakan email, nomor telepon, atau yang lainnya. Karena aplikasi ini menggunakan nomor kunci (key).

Pengiriman file menggunakan kode atau kunci yang mana jika kode tersebut sudah digunakan maka tidak akan valid setelahnya, jadi hanya satu kali pakai saja (One Time Key). Dan artinya hanya orang yang menerima kunci atau kode tersebut saja yang bisa mengunduh atau menerima file tersebut.

6. Share me Files

Share me File merupakan aplikasi transfer file yang sangat mudah dan cepat tentunya tanpa ada registrasi apapun. Anda hanya perlu mengunggah file dan kirim link atau tautan atau kunci ke penerima, Anda hanya melakukannya dengan satu klik saja. Aplikasi Share me Files ini juga mendukung berbagai platform baik Windows, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Aplikasi Share me File juga memberikan fitur kata sandi untuk melindungi file yang Anda kirim. Saat Anda sudah menerima dan mengunduh file, maka aplikasi akan segera menghapus file tersebut setelah Anda mengunduhnya agar aplikasi tetap berjalan dengan lancar dan cepat.

Anda juga dapat mengirim berbagai jenis file sebanyak – banyaknya hingga 1GB. Saat Anda mengirim file, maka Anda akan memberikan akses file tersebut dengan sebuah tautan atau kunci ke penerima, artinya tidak bisa semua orang mengunduh file tersebut hanya orang yang menerima tautan atau kunci dari Anda saja.

7. Cloud Storage

Aplikasi transfer file lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan Cloud Storage atau penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, OneDrivedan lain sebagainya. Cloud Storage merupakan layanan untuk menyimpan segala jenis file secara online. Pasti setiap orang memiliki Cloud Storage di PC nya masing – masing.

Anda dapat menyimpan file yang Anda milki hanya dengan mengunggahnya saja dan jika Anda ingin mengirimkan file tersebut Anda bisa mengirimkan link atau tautannya saja kepada orang yang Anda inginkan.

Dan jika Anda juga ingin mendapatkan file itu lagi, Anda hanya perlu mengunduhnya kembali. Dan biasanya Cloud Storage ini bisa Anda gunakan tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu, Anda bisa mengaksesnya menggunakan web browser.

8. Email

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk saling berkirim atau bertransfer file antar PC adalah Email. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan email baik itu Gmail, Yahoo Mail dan lain sebagainya.

Email bisa Anda gunakan untuk mengirim, menerima, dan mengelola pesan. Aplikasi Email dapat Anda gunakan pada berbagai platform baik Windows, iOS, MacOS, Android, dan lain sebagainya.

Dan Email juga bisa mengirim beberapa file sekaligus. Tapi, biasanya ada batasan ukuran file, misalnya saja Gmail yang membatasi hanya sampai 25MB saja. Jika lebih akan dialihkan ke Google Drive. Dan Email juga bisa Anda akses tanpa harus mengunduhnya, Anda bisa mengaksesnya hanya melalui web browser saja.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 8 aplikasi transfer file PC ke PC. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Zuhroh Nilakandi

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Send this to a friend