• Our Partners:

Aplikasi Transfer File Peer to Peer di PC dan Laptop

10 Aplikasi Transfer File Peer to Peer di PC / Laptop Terbaik untuk Windows

Anda atau saya pasti sudah terbiasa mengunduh sebuah file atau program dengan cara yang biasa yaitu dengan mengunjungi situs – situs resminya. Banyak yang bilang cara seperti itu sudah ketinggalan zaman.

Apalagi saat ini situs – situs yang menyediakan aplikasi gratis sudah semakin sedikit, jika adapun mereka banyak menyisipkan iklan, adware, bahkan malware yang pastinya membuat kita kurang nyaman.

Selain cara mengunduh yang sudah ketinggalan zaman, cara membagikan atau mentransfer file kita pun juga ketinggalan zaman. Kita mungkin masih menggunakan bluetooth, USB, atau aplikasi chat untuk saling membagikan file.

Padahal zaman sekarang sudah ada teknologi yang namanya peer to peer. Dengan menggunakan teknologi peer to peer kita bisa mengunduh dan juga saling membagikan file, baik musik, program, video, dan lain sebagainya.

10 Aplikasi Transfer File Peer to Peer

Cara mengunduh atau transfer file menggunakan peer to peer juga hampir sama dengan mengunduh cara biasa yang mungkin juga rentan terkena virus, adware, atau malware.

Namun, jangan khawatir tidak semua aplikasi transfer file peer to peer seperti itu. Tentu kita akan mencari aplikasi yang aman, cepat, dan terbaik pastinya.

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi transfer file peer to peer di PC / laptop yang bisa Anda gunakan. Langsung saja silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Shareaza

Shareaza

Shareaza merupakan salah satu aplikasi transfer file peer to peer yang sudah muncul sejak peer to peer atau P2P baru – baru saja diluncurkan. Aplikasi Shareaza ini mendukung berbagai macam jenis jaringan, misalnya seperti Gnutella, Gnutella2, BitTorrent, dan Edonkey Network.

Anda juga dapat mengunduh file pada protokol FTP dan HTTP yang mana secara otomatis juga dapat menangani magnet links, tautan Piolet, tautan ed2k, serta tautan Gnutella yang tidak perlu Anda update lagi.

Aplikasi Shareaza ini sudah mempunyai jutaan pengguna dan jumlah file yang dibagikan melalui jaringan Shareaza yang sudah tidak dapat terhitung banyaknya. Aplikasi ini juga mendukung sistem operasi Windows XP, Windows 7, dan Windows Vista.

2. Ares Galaxy

Aplikasi Transfer File Peer to Peer di PC / Laptop

Ares Galaxy merupakan salah satu aplikasi peer to peer yang menjadi favorit banyak orang. Walaupun jaringan yang dimiliki aplikasi Ares Galaxy ini tidak sebesar aplikasi peer to peer lainnya, tapi aplikasi ini sudah mengklaim pasti bebas virus, adware, dan spyware.

Ukurannya yang kecil dengan kecepatan download-nya yang cukup kencang, dan performanya yang sangat bagus membuat aplikasi Ares Galaxy ini menjadi favorit.

Sejauh ini belum ada pengguna yang mengeluhkan file installer hasil dari unduhan aplikasi ini yang terkena virus ataupun corrupt. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada sistem operasi windows XP, windows 7, dan windows vista.

3. eMule

eMule

eMule merupakan salah satu client app terbesar dan juga paling dapat diandalkan dalam urusan berbagi file secara peer to peer. Aplikasi eMule ini bersifat open source dan berbasis pada klien edonkey2000 sehingga sangat cocok untuk diandalkan dalam peer to peer.

Aplikasi eMule ini menyediakan berbagai macam bahasa serta kemampuan agar dapat terhubung ke beberapa server serta mampu mendeteksi file corrupt yang sangat canggih sehingga file yang Anda unduh akan terjamin aman. Aplikasi eMule sudah dipastikan bebas dari adware, spyware, dan Anda dapat menggunakannya secara gratis.

Aplikasi eMule ini juga menyediakan versi portable yang mana memungkinkan Anda untuk bisa tetap menjalankannya menggunakan USB flash disk. Sistem operasi yang didukung: Windows XP, Vista, Windows 7

4. WinMX

Aplikasi Transfer File Peer to Peer di PC / Laptop Windows

WinMX ini merupakan salah satu aplikasi peer to peer yang tertua, bahkan jika Anda lihat situs resminya sudah RIP sejak tahun 2005 tapi aplikasi ini masih tetap berjalan dan sukses.termasuk salah satu program P2P tertua, bahkan situs

Saat aplikasi ini dicoba, jaringan yang dimiliki WinMX masih terdapat virus. Dan ukuran file yang dapat dibagikan pun terbatas yaitu maksimal hanya 2 GB saja.

Aplikasi WinMX ini lebih sering digunakan untuk membagikan file audio dan video saja walaupun pada dasarnya Anda tetap bisa menggunakannya untuk berbagai file jenis apa saja. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows.

5. BitTorrent

BitTorrent

BitTorrent saat ini disebut sebagai salah satu aplikasi peer to peer yang paling baik, paling aman, dan pastinya banyak yang menggunakannya. Aplikasi BitTorrent ini menawarkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan aplikasi pesaingnya.

Dan kelebihan lainnya yang dimiliki BitTorrent ini adalah sistem operasi yang mendukungnya, aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux, yang mana aplikasi pesaingnya hanya mampu mendukung sistem operasi windows saja.

6. KCeasy

KCeasy

KCeasy merupakan client app yang berbasis protokol file sharing peer to peer yang bernama GIFT. Protokol ini dapat meningkatkan kegunaan keseluruhan dari jaringan peer to peer.

KCeasy memiliki kemampuan untuk mengunduh file tunggal dari banyak peers dalam waktu bersamaan. Aplikasi Kceasy ini juga mendukung berbagai macam jaringan untuk dapat membagikan file yang Anda miliki. Aplikai ini masih mendukung sistem operasi Windows 7, Windows XP, dan Windows Vista.

7. ANts P2P

Aplikasi Transfer File Peer to Peer di PC / Laptop Terbaik

ANts P2P merupakan satu – satunya aplikasi file sharing peer to peer yang melakukan enkripsi pada setiap aktivitasnya. Hal tersebut pastinya dapat melindungi privasi Anda saat terhubung ke jaringan peer to peer, sehingga Anda akan semakin sulit untuk dilacak, dan Anda juga dapat menyembunyikan identitas atau alamat IP serta dapat mengenkripsi file apa saja yang Anda kirim atau terima dari pengguna lainnya.

ANts P2P ini dirancang dan dikembangkan menggunakan bahasa Java, maka dari itu aplikasi ini mendukung semua jenis sistem operasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir apakah PC / laptop Anda bisa digunakan atau tidak.

8. Acquisition

Acquisition

Dibandingkan dengan aplikasi pesaingnya yang lain, Acquisition ini masih terbilang baru dalam aplikasi file sharing peer to peer ini. Aplikasi Acquisition ini menggunakan jaringan Gnutella untuk membagikan file secara peer to peer dan menggunakan client BitTorrent yang berbasis pada LimeWire.

Salah satu yang membedakan Acquisition dengan aplikasi peer to peer lainnya adalah aplikasi ini hanya dapat mendukung sistem operasi Mac OS saja.

 

9. Vuze

Vuze

Vuze dulunya bernama Azureus. Aplikasi ini memiliki fitur spesial yaitu fitur pencarian dan torrent sharing secara peer to peer.

Aplikasi Vuze ini mempunyai manajemen bandwith yang terbaik sehingga proses mengunduh file dan transfer file menjadi lebih cepat dibandingkan aplikasi pesaingnya yang lain. Vuze juga mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, and Linux.

10. Soulseek

Soulseek

Soulseek merupakan sebuah aplikasi file sharing yang menggunakan peer to peer yang sudah ada cukup lama. Banyak yang mengatakan aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk berbagai file musik.

Jika Anda ingin membagikan atau mengunduh file musik, audio, atau file MP3, aplikasi Soulseek ini sangat cocok digunakan. Aplikasi ini juga mendukung berbagai sistem operasi Windows, seperti windows 7, windows Xp, dan windows vista.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi transfer file peer to peer di PC / laptop. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan cocok untuk sistem operasi yang sedang Anda gunakan saat ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend