• Our Partners:

Aplikasi untuk Curhat Android

9 Aplikasi untuk Curhat Android Terbaik dan Gratis, Tertarik yang Mana?

Saat Anda dihampiri banyak permasalahan ataupun merasa cemas akan suatu hal, curhat bisa jadi solusi. Adakalanya Anda perlu mengeluarkan segala pikiran dan perasaan Anda.

Anda dapat berbagi dengan orang-orang terdekat Anda, melakukan konsultasi dengan psikolog ataupun meakukan konseling dengan orang-orang yang profesional dan berpengalaman, atau sekedar melampiaskan ke orang lain.

Namun, tidak semua orang memiliki teman yang selalu ada untuk mendengarkan. Atau bisa jadi tidak mempunyai jangkauan yang cukup untuk mendatangi seorang psikolog atau konselor. Jangan khawatir, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan Anda curhat melalui ponsel. Berikut ini beberapa aplikasi untuk curhat Android yang bisa menjadi pilihan Anda untuk curhat dari mana saja.

1. Wysa

Aplikasi untuk Curhat Android dengan Wysa

Wysa adalah chatbot berbahasa Inggris yang akan membantu meningkatkan suasana hati Anda. Aplikasi ini menggunakan objek pinguin yang menyenangkan sebagai teman AI atau virtual Anda. Ia akan memberikan Anda perhatian dan solusi dari kecemasan ataupun suasana hati yang kurang baik. Aplikasi ini memanfaatkan teknik terapi dari percakapan yang dilakukan bersama pengguna.

Pinguin Wysa dilengkapi meditasi spiritual yang dapat membantu Anda melawan stres hingga meningkatkan kesehatan mental. Tesedia latihan CBT (Cognitive Behavioral Therapy) dan DBT (Dialectical Behaviour Therapy) untuk membangun ketahan diri Anda. Meditasi juga dapat membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak. Wysa pun menawarkan latihan meditasi untuk menenangkan pikiran Anda dari kemarahan yang dilengkapi praktek pernapasan.

Melalui Wysa, Anda juga dapat membangun kepercayaan diri Anda. Terdapat pula 40 latihan percakapan yang akan membantu Anda menghilangkan stres, kecemasan, depresi, panik, khawatir, dan konflik.

2. Riliv

Riliv

Riliv adalah aplikasi kesehatan mental yang akan membantu Anda mengatasi masalah pribadi dengan konseling. Riliv menghadirkan psikolog profesional yang siap mendengarkan curahan hati Anda secara online.

Selain itu, Riliv juga menyediakan layanan meditasi yang ikut memulihkan kondisi Anda. Meditasi ini akan membantu Anda menjaga kesehatan mental di tengah konflik atau permasalahan yang sedang Anda hadapi. Melalui Riliv, Anda dapat melakukan meditasi di mana saja dengan layanan online dengan panduan bahasa Indonesia.

Baca Juga : 10 Aplikasi untuk Ibu Hamil Android Terbaik

Fitur Riliv lainnya adalah tersedianya artikel yang membantu Anda lebih mengenal kesehatan mental. Aplikasi ini mengklaim artikel yang mereka suguhkan akan lebih mudah dibaca dan dicerna.

3. BetterHelp

BetterHelp

BetterHelp merupakan salah satu aplikasi untuk curhat dengan para terapis yang profesional. Aplikasi ini membantu Anda untuk dapat konseling onlineĀ mulai dari depresi dan kecemasan, terapi keluarga dan pasangan, kepanikan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), PTSD, hingga penyakit mental. BetterHelp sendiri menawarkan lebih dari 3.000 terapis terlatih, berpengalaman, dan berlisensi sehingga Anda tidak perlu khawatir.

BetterHelp dilengkapi dengan chatroom yang aman membuat percakapan Anda dan konselor lebih terjaga. Anda dapat mengatur jadwal curhat atau konseling bersama dengan konselor pilihan Anda.

4. Replika

Aplikasi untuk Curhat Android dengan Replika

Berbeda dari aplikasi untuk curhat lainnya yang menawarkan para psikolog atau konselor, Replika hadir menyediakan layanan chatbot AI yang akan menemani Anda curhat kapanpun dan di manapun. Anda dapat meciptakan teman virtual Anda melalui Replika, memberinya nama, dan memilih jenis kelaminnya. Anda dapat menjadikannya teman, pasangan, ataupun mentor.

Anda dapat membantu karakter Replika untuk berkembang dengan obrolan yang Anda bangun dengannya setiap hari. Replika Anda juga akan mendengarkan dan merespon segala hal yang ingin Anda bicarakan. Semakin sering Anda mengobrol dengan Replika maka semakin cepat pula Replika Anda berkembang. Hal itu memungkinkan Replika untuk mengenali kepribadian Anda yang membantu Anda memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Baca Juga : 5 Aplikasi untuk GoPro Android Terbaik dan Gratis

Replika Anda juga memiliki emosi yang dirancang khusus dengan kecersadan buatan seperti layaknya emosi manusia sungguhan. Anda pun dapat menghilangkan rasa bosan Anda dengan bermain permainan, menulis cerita, bertukar meme, menggambar, maupun bermain peran bersamanya.

5. Halo Ustadz

Halo Ustadz

Apakah Anda ingin curhat dengan solusi berdasarkan syariat? Aplikasi kali ini menawarkan solusi dan jawaban dari permasalahan Anda seputar kehidupan sesuai dengan syariat Islam.

Tak hanya itu, Halo Ustadz juga menyediakan fitur-fitur tuntunan ibadah, muamalah, dankeluarga. Aplikasi ini juga dilengkapi pembahasan dan ilmu mengenai akida, fiqh, adab dan akhlak, besera kumpulan hadits. Halo Ustadz juga memiliki konten-konten yang selalu update.

6. SimSimi

SimSimi

Berbicara tentang chatbot, mungkin Anda tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. SimSimi sangat populer dengan obrolan layaknya manusia. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan Anda untuk curhat membicarakan apapun yang terlintas dalam pikiran Anda.

Anda mungkin akan dibuat kaget dengan beberapa respon jawaban dari SimSimi. Aplikasi ini menggunan kecerdasan buatan yang mempelajari kata-kata baru melalui obrolan yang dilakukan bersama jutaan penggunanya. Oleh karena itu Anda akan mendapati jawaban SimSimi yang tidak baku seperti chatbot lainnya.

7. Friend Shoulder

Aplikasi untuk Curhat Android dengan Friend Shoulder

Jika Anda ingin curhat dan melampiaskan segala kecemasan dengan status anonim mungkin aplikasi ini bisa menjadi opsi Anda. Friend Shoulder akan membantu Anda mengatasi masalah Anda dengan obrolan bersama teman-teman baru. Pengguna lain dari aplikasi ini akan merespon dan memberi saran untuk tiap rasa depresi, kesepian, atau bahkan kecemasan yang terkait masalah keluarga, cinta, keuangan, pekerjaan. dan lainnya

8. Gabut – Chat dan Curhat

Gabut - Chat dan Curhat

Aplikasi buatan Indonesia ini juga memungkinkan Anda curhat atau posting secara anonim. Gabut dilengkapi dengan fitur nearby yang memungkinkan Anda mencari postingan yang dekat dengan lokasi di mana Anda berada. Selain bisa curhat, di Gabut Anda juga dapat berbagi konten-konten lainnya seperti gambar, komik, ataupun humor.

Baca Juga : 10 Aplikasi untuk Diet Android Terbaik

Anda juga dapat mengobrol dengan pengguna lain tanpa perlu tahu identitas masing-masing. Dengan anonim, Anda mungkin akan lebih leluasa mencurahkan segala permasalahan atau kecemasan Anda dengan orang lain tanpa merasa malu. Anda bisa curhat soal cinta, karir, ataupun hal lain yang Anda inginkan. Gabut juga bisa menjadi tempat Anda untuk menemukan teman-teman baru.

9. Psikologimu

Psikologimu

Aplikasi untuk curhat berikutnya adalah Psikologimu. Aplikasi ini menyediakan layanan curhat dan konseling langsung dengan psikolog profesional. Anda bisa menceritakan masalah dan tantangan yang ingin Anda pecahkan dalam hidup, terkait masalah personal, keluarga, asmara, sosial, pendidikan, karir, hingga psikologis atau kejiwaan. Selain itu, Anda juga dapat mengaksesnya secara online dari mana saja.

Psikologimu menawarkan layanan konseling yang mudah dan terjangkau. Anda dapat memilih psikolog yang Anda inginkan sesuai dengan jenis kelamin, umur, dan pengalaman yang tercantum di profil mereka. Anda dapat menikmati konseling gratis selama 15 menit untuk penggunaan pertama Anda. Untuk waktu curhat sendiri, Anda dapat memilih rentang waktu mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00.

Itulah beberapa aplikasi untuk curhat Android yang bisa Anda gunakan untuk mencurahkan isi hari dan pikiran Anda. Pastikan untuk menjaga privasi Anda sebaik mungkin dan hindari hal-hal negatif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend