Aplikasi untuk Membuat Video PC

20 Aplikasi untuk Membuat Video di PC / Laptop Terbaik dan Gratis

NESABAMEDIA.COM – Ingin membuat video untuk konten YouTube? Atau ingin memoles video agar tampil menarik? Anda dapat mengedit video dengan aplikasi untuk membuat video yang tersedia pada PC/laptop.

Mulai dari yang ramah digunakan oleh pemula, hingga aplikasi untuk para profesional. Tersedia pula opsi mulai dari gratis hingga berbayar. Berikut ini berbagai aplikasi untuk membuat video PC/laptop gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan.

20 Aplikasi untuk Membuat Video di PC / Laptop

1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah aplikasi bawaan Windows untuk membuat dan mengedit video. Karena bawaan, tentunya aplikasi ini disediakan secara gratis dan sangat cocok digunakan bagi Anda sebagai pemula.

Windows Movie Maker menyediakan fitur-fitur, seperti penambahan efek, transisi, judul, audio, dan lain-lain. Antarmuka yang disediakan oleh aplikasi ini juga cukup sederhana sehingga Anda tidak terlalu bingung saat menggunakannya. Anda dapat menghasilkan video berformat WMV (Windows Media Video) dan DV AVI.

2. Avidemux

Avidemux

Rekomendasi aplikasi untuk membuat video yang gratis berikutnya adalah Avidemux. Aplikasi ini sangat bersahabat untuk pemula.

Dengan fitur yang sederhana seperti memotong video, menambahkan filter, dan encoding, Anda dapat melakukan pengeditan video menggnakan Windows 7, 8, dan 10. Avidemux mendukung berbagai format file, di antaranya AVI, MPEG, MP4, dan lain-lain.

3. OpenShot

OpenShot

OpenShot tersedia secara gratis dan open-source dengan berbagai fitur pengeditan video yang tersedia untuk Windows. Anda dapat menambahkan transisi dan efek ke dalam video Anda.

Tak hanya itu, OpenShot juga mendukung penambahan beberapa klip video dan audio dalam pengeditan. Aplikasi ini menerima input file dengan format AVI, WMV, MPEG dan lain-lain serta menghasilkan output berformat MPEG, AVI, MP4, MOV, dan lain-lain.

4. VSDC Video Editor

VSDC

Aplikasi untuk membuat video kali ini, yaitu VSDC Video Editor. Meskipun gratis, Anda perlu takjub dengan beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

VSDC Video Editor memungkinkan Anda untuk menambahkan filter, overlay, transisi, dan pengatur warna. Selain itu, aplikasi ini mendukung berbagai jenis format file video sebagai input. Tersedia untuk Windows dengan atarmuka yang ramah untuk pemula, VSDC Video Editor juga memiliki fitur untuk mengonversi format video atau audio.

5. VideoPad Video Editor

Videopad Video Editor

Walaupun gratis, aplikasi untuk membuat video ini bisa jadi pilihan Anda. VideoPad Video Editor menawarkan fitur fast editing. Selain itu, tersedia beberapa fitur, seperti penambahan efek dan transisi, penambahan dan pengeditan efek audio, dan burn.

Anda dapat menyimpan, mengunggah, atau membagikan video Anda secara langsung melalui aplikasi ini. Di samping itu, VideoPad Video Editor memungkinkan Anda untuk mengedit dan mengekspor video 3D dan 360.

6. Kdenlive

Kdenlive

Adapula Kdenlive. aplikasi untuk membuat video kali ini juga tersedia secara gratis. Aplikasi ini mendukung pada penggunaan Linux, Windows, dan macOS.

Kdenlive memadupadankan konsep kesederhanaan editor video dengan editor profesional. Aplikasi ini mendukung berbagai format input dan output file video, sperti AVI, WMV, MPEG, MP4, dan sebagainya.

7. Blender

Blender

Blender adalah aplikasi untuk mebuat video khusus dirancang untuk profesional. Karena itu, aplikasi ini sulit digunakan bagi pemula. Namun, jika Anda semi-pro yang ingin meningkatkan pengeditan video, Blender bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Aplikasi ini mendukung pembuatan konten 3D dengan fitur canggih yang dapat Anda gunakan pada perangkat Windows dan Mac.

8. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve

 

Aplikasi untuk membuat video pada Windows dan Mac ini bisa Anda dapatkan secara gratis. DaVinci Resolve diakui banyak pengguna sebagai editor video dan audio profesional. Fitur unggulannya adalah color grading yang memiliki in-depth yang imersif.

Anda dapat menggunakan kurva warna primer da fitur pengenalan wajah di mana mendukung penyesuaian terhadap warna kulit, mata, dan bibir. Pada audio, DaVinci Resolve memanfaatkan fairlight yang berfungsi untuk mix hingga 1000 channel.

9. Lightworks

Lightworks

Adalagi Lightworks, aplikasi untuk membuat video ini juga memiliki versi gratisnya yang memungkinkan Anda mengedit video profesional. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada Windows 10. Anda dapat memotong dan mencampur klip audio dan video yang Anda inginkan dan memungkinkan kontrol tinggi pada timeline yang luar biasa.

10. Apple iMovie

Apple iMovie

Dari namanya, Apple iMovie memang dikhususkan untuk pengguna Mac. Aplikasi ini menyediakan berbagai filter dan efek yang dapat menjadikan video Anda lebih menarik. Di samping itu, Anda dapat mengekspor video hingga kualitas 4K. Pada versi MacBook Pro terbaru, anda dapat menikmati fitur video 360 derajat dan pengeditan multi kamera dengan dukungan touch bar.

11. Shotcut

Shotcut

Shotcut mendukung penggunaan pada Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit video dengan berbagai format dan resolusi hingga 4K. Anda dapat mengedit video dengan menambahkan berbagai efek dan filter. Antarmuka yang disediakan oleh Shotcut juga terbilang mudah dipahami dan tidak rumit.

12. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah aplikasi editor video terbaik untuk Windows. Dengan berbagai fitur canggihnya, aplikasi ini sering menjadi pilihan banyak edito profesional. Adobe Premiere Pro memiliki fitur utama, yaitu pengeditan multi-cam dan 3D. Meskipun berbayar, Anda dapat menggunakan layanan uji coba Adobe Premiere Pro secara gratis.

13. Final Cut Pro

Final Cut Pro

Jika Adobe Premiere Pro adalah editor video andalan Windows, Final Cut Pro hadir sebagai andalan macOS. Didukung dengan fitur multi-cam dan intellegent color balancing, aplikasi ini sangat mampu untuk membuat video Anda menjadi luar biasa. Anda akan dimanjakan dengan antarmuka Final Cut Pro yang cerdas dengan berbagai fungsi serbaguna.

14. Adobe Premiere Elements

Adobe Premiere Elements

Satu lagi produk Adobe yang dapat menjadi andalan Anda dalam membuat video. Adalah Adobe Premier Elements, aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi untuk membuat video yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Anda dapat memanfaatkan fitur deteksi wajah, efek audio, dan pelacakan gerakan otomatis. Jangan khawatir meskipun berbayar, produk Adobe satu ini memberi Anda layanan free trial.

15. Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Vegas Pro, yang dikembangkan oleh Sony, dirancang untuk profesional video editor. Aplikasi ini juga populer dengan karya-karya editing video yang dihasilkannya. Fitur yang disediakan oleh Vegas Pro cukup kompleks. Anda dapat menemukan fitur animasi yang dapat diterapkan secara langsung pada video Anda.

16. Corel VideoStudio

Corel VideoStudio

Aplikasi untuk membuat video selanjutnya adalah Corel VideoStudio. Aplikasi berbayar ini dikhususkan bagi pengguna perangkat Windows. Corel VideoStudio disebut sebagai editor video yang berkualitas tinggi yang dapat digunakan oleh pemula.Fitur efek dan koreksi warna menjadi andalan dari aplikasi ini.

17. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora

Aplikasi satu ini juga memiliki banyak efek yang dapat Anda terapkan pada video Anda. Filmora mendukung penggunaan pada platform Windows dan Mac. Anda dapat menikamati sensasi membuat video dengan percobaan gratis yang ditawarkannya. Filmora memungkinkan Anda untuk mengedit video hingga resolusi 4K.

18. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink Power Director

Satu lagi aplikasi untuk membuat video yang dapat Anda pertimbangkan, Cyberlink PowerDirector. TErsedia untuk Windows, aplikasi ini mendukung pengeditan multi-cam dan video 360 derajat. Di samping itu, Anda akan menemukan fitur pelacak gerakan dan fitur editing video lainnya. Cyberlink PowerDirector sangat direkomendasikan bagi Anad yang ingin membua film.

19. Pinacle Studio

Pinacle Studio

Hadir untuk Windows, Pinacle Studio menawarkan pengeditan multi-cam dan color control. Anda juga akan dimanjakan dengan fitur animasi stop motion yang akan menambah epik tampilan video Anda. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi pemula untuk membuat dan mengedit video.

20. HitFilm Express

Hitfilm Express

Tersedia untuk Windows dan Mac, HitFilm Express memiliki add-on yang bagus dan kaya fitur. Aplikas ini memungkinkan Anda mengekspor berbagai format video dengan fitur untuk komposisi efek 2D dan 3D serta penambahan efek visual. Anda juga dapat memanfaatkan HitFilm Express untuk membuat video YouTube Anda dan membagikannya secara langsung.

Nah, itulah rekomendasi aplikasi-aplikasi untuk membuat video PC / laptop yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend