• Our Partners:

apple arcade gaming platform subscription

Apple Batalkan Kontrak Pengembang Game untuk Arcade, Alasannya?

NESABAMEDIA.COM – Awal tahun ini, Apple dikabarkan membatalkan beberapa kontrak untuk game yang akan diluncurkan di Arcade, layanan berlangganan ekslusif game yang dikenal dengan judul-judul game berkualitas tinggi yang tidak menertakan iklan atau pembelian dalam aplikasi. Mereka diduga membatalkan kontrak karena alasan yang sama: Apple menginginkan game baru yang akan membuat pemain betah berlama-lama.

Sebuah laporan dari Bloomberg mencatat bahwa seorang eksekutif Arcade mengatakan kepada beberapa pengembang yang dikontrak bahwa Apple mencari permainan yang memiliki “keterlibatan” tingkat tinggi, seperti yang dilakukan oleh salah satu sumber publikasi. Untuk pengembang yang bertanya-tanya di mana bar Apple untuk keterlibatan saat ini berada, laporan menyebutkan bahwa perwakilan Apple Arcade mengutip Grindstone, pengembang game multilevel yang menawan dari Capybara Games, sebagai contohnya.

Menurut laporan ini, Apple membayar studio game yang terkena dampak untuk memenuhi tonggak pengembangan, dan mengatakan kepada pengembang bahwa itu akan bekerja dengan mereka di masa depan jika mereka memenuhi persyaratan Apple untuk keterlibatan. Namun, Bloomberg menyebutkan bahwa beberapa pengembang ini menghadapi kesulitan keuangan sebagai akibat dari kontrak yang dibatalkan.

Agaknya, game-game ini diizinkan untuk dirilis pada platform lain, seperti layanan Play Pass serupa Google untuk perangkat Android, meskipun itu mungkin tidak cukup untuk menutup kerugian. Menurut wawancara rekan saya Andrew Webster dengan pengembang indie yang menerbitkan game di Apple Arcade, Play Pass membayar pengembang berdasarkan metrik keterlibatan pengguna, sedangkan Apple menegosiasikan kesepakatan dengan pengembang untuk permainan mereka.

Alasan Apple mengubah persyaratannya hampir pasti adalah untuk mempertahankan pelanggan. Arcade memiliki banyak momentum pada akhir tahun 2019, sakah satunya dibantu oleh masa uji coba satu bulan gratis yang datang sebagai tawaran pengantar dengan layanan ini. Setelah masa uji coba usai, pengguna akan dikenakan biaya $4,99 setiap bulan atau $49,99 per tahun.

Sulit rasanya bagi pihak pengembang untuk mengikuti keinginan Apple yang ingin tetap menyajikan konten game bebas iklan, tetapi bisa membuat penggunanya betah bermain sembari menggunakan aplikasi lainnya di AppStore.

Leave a Reply

Send this to a friend