Konflik Game Fortnite antara Epic Games Fortnite dan Apple

Apple dan Google Tarik Fortnite dari Toko Aplikasi, Epic Game Siap Gugat

NESABAMEDIA.COM – Apple dan Google menghentikan operasional video game Fortnite dari toko aplikasi mereka setelah pengembang game tersebut memperkenalkan paket pembayaran langsung yang melewati platform mereka. Apalasan mereka tarik salah satu game terpopuler saat ini?

Apple dan Google sama-sama mengambil potongan biaya 30% dari pembelian pendapatan dalam aplikasi dalam game, yang telah lama menjadi masalah bagi pengembang.

Fortnite memang gratis, tetapi pengguna dapat membayar perlengkapan dalam game seperti senjata dan skin. Pengembangnya, Epic Games, mengatakan dalam sebuah posting blog pada Kamis (13/8/2020) bahwa mereka memperkenalkan pembayaran Epic Direct, paket pembayaran langsung untuk iOS Apple dan Google Play. Epic mengatakan sistemnya adalah sistem pembayaran yang sama yang sudah digunakan untuk memproses pembayaran di PC dan komputer Mac dan ponsel Android.

Apple dan Google mengatakan layanan tersebut melanggar pedoman mereka.

“Epic mengaktifkan fitur di aplikasinya yang tidak ditinjau atau disetujui oleh Apple, dan mereka melakukannya dengan maksud melanggar pedoman App Store terkait pembayaran dalam aplikasi yang berlaku untuk setiap pengembang yang menjual barang atau layanan digital,” Apple kata dalam sebuah pernyataan.

Google mengatakan bahwa Fortnite akan tetap tersedia di Android, tidak melalui toko aplikasinya. Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi dari toko aplikasi lain, meskipun itu umumnya bukan pilihan bagi pengguna iPhone.

Epic Games tidak segera membalas permintaan komentar. Akun Twitter Epic’s Fortnite mengatakan perusahaan akan memulai debut film pendek baru berjudul “Nineteen Eighty-Fortnite,” parodi dari iklan ikonik Apple “1984” yang memperkenalkan komputer Macintosh. Itu juga telah mengajukan keluhan terhadap Apple di Pengadilan Distrik AS di California Utara karena mencabut Fortnite.

“Apple melangkah lebih jauh untuk membungkam pihak pengembang aplikasi, (ia) mencegah mereka bahkan menyebutkan kepada pengguna opsi untuk membeli konten yang sama di luar aplikasi – misalnya, dengan membeli konten langsung dari pengembang aplikasi, atau menggunakan browser web,” keluh pihak Fortnite kepada media. “Karena Apple memiliki monopoli atas distribusi aplikasi iOS, pengembang aplikasi tidak punya pilihan selain menyetujui ikatan anti persaingan ini; ini adalah cara Apple atau jalan raya. “

Leave a Reply

Send this to a friend