www.nesabamedia.com

Google Play Services APK

Google Play Services adalah aplikasi Android, tapi cara kerjanya tidak seperti aplikasi pada umumnya. Google Play Services lebih merupakan sebuah background service yang berjalan secara diam-diam di dalam setiap perangkat Android.

Google Play Services memainkan peranan yang vital pada Android secara keseluruhan sehingga sebagian kalangan menyebutnya sebagai jantungnya Android. Tanpa adanya Google Play Services, banyak aplikasi lain yang tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Kegunaan Google Play Services

Android merupakan sistem operasi mobile yang open source sehingga siapa saja bisa memodifikasinya sesuai keperluan. Keterbukaan ini menimbulkan masalah tersendiri yang sudah mencuat sejak dulu, yaitu masalah fragmentasi. Dampak negatif dari masalah tersebut diminimalisir oleh Google melalui aplikasi Google Play Services.

Istilah fragmentasi sebenarnya ambigu karena tidak ada definisi yang disepakati secara luas, tapi istilah tersebut sangat sering disebut untuk mengacu pada beragamnya versi Android dan banyaknya pengguna yang masih menggunakan versi lama Android.

Sebagai contoh untuk mengilustrasikan dampak negatif fragmentasi, dulu sebelum Google Play Services muncul, Google Maps hanya mendapatkan update ketika versi Android diupdate ke versi baru. Padahal tidak semua orang mampu melakukan update dan tidak semua HP Android dilengkapi dengan fitur untuk update OS.

Untuk mengatasinya, proses update aplikasi kemudian dialihkan ke Google Play Services. Jadi ketika muncul Google Maps versi terbaru, versi tersebut bisa langsung muncul di HP anda melalui Google Play Services tanpa harus melakukan update OS. Aplikasi-aplikasi lain yang anda install pun juga diupdate melalui Google Play Services.

Google Play Services juga menyediakan akses bagi para developer ke berbagai API terbaru milik Google yang dapat dimanfaatkan untuk menambah fitur pada aplikasi yang mereka kembangkan. Salah satu diantaranya adalah Google Maps API yang memungkinkan developer untuk mengembangkan fitur yang terkait dengan Google Maps, misalnya aplikasi perhotelan yang menyediakan petunjuk arah ke lokasi sebuah hotel yang sudah anda booking.

Jangan kaget jika anda melihat jumlah hak akses yang dibutuhkan Google Play Services. Untuk benar-benar mengintegrasikan dirinya dengan Android supaya bisa menjalankan fungsinya tanpa hambatan, Google Play Services membutuhkan banyak hak akses seperti akses ke kamera, daftar kontak, media penyimpanan, kalendar, dan lain-lain.

Download Google Play Services APK

Banyak aplikasi yang fungsionalitasnya tergantung pada keberadaan Google Play Services, jadi aplikasi tersebut wajib ada dalam semua perangkat Android. Performa Android tidak akan terpengaruh karena Google Play Services sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk menjalankannya.

Yang mungkin menjadi masalah adalah daya baterai yang dikonsumsi Google Play Services, tapi masalah ini pun seharusnya bisa diatasi dengan mudah oleh pengguna karena ada banyak tutorial di internet yang menjelaskan mengenai cara mengatasinya. Download Google Play Services APK versi terbaru secara gratis untuk Android pada link dibawah ini:

(2 suara)
  • 4.5
4.5 ( 2 )
App Info
  • App Name Google Play Services
  • License Freeware
  • Publisher Google LLC
  • Updated Des 3, 2022
  • Required Android 5.1 +
  • Version 22.46.17
  • Price $0
Good speed and no viruses!

On our site you can easily download! All without registration and send SMS!

Mengenai Google Play Services APK

  1. Kegunaan Google Play Services
  2. Download Google Play Services APK
Google Play Services adalah aplikasi Android, tapi cara kerjanya tidak seperti aplikasi pada umumnya. Google Play Services lebih merupakan sebuah background service yang berjalan secara diam-diam di dalam setiap perangkat Android. Google Play Services memainkan peranan yang vital pada Android secara keseluruhan sehingga sebagian kalangan menyebutnya sebagai jantungnya Android. Tanpa adanya Google Play Services, banyak aplikasi lain yang tidak akan bisa… Baca selengkapnya

Join Telegram
Langganan
Beri tahu tentang
guest

0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar