UnicTool ChatMover

Backup Data WhatsApp Menjadi Lebih Mudah dengan UnicTool ChatMover

UnicTool ChatMoverBanyak pengguna yang lebih memilih WhatsApp sebagai alat komunikasi utama sehari-hari untuk percakapan jarak jauh. Tak heran, WhatsApp memang dikenal sebagai aplikasi chat yang memiliki fitur-fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan komunikasi setiap kalangan, entah itu untuk keperluan pribadi atau untuk mendukung aktivitas bisnis.

Sekalipun misalnya hanya digunakan untuk keperluan pribadi, pasti ada data tertentu yang sangat disayangkan apabila hilang, misalnya foto keluarga, bukti-bukti transaksi keuangan, atau bahkan bukti-bukti kejahatan (contohnya, hasil rekaman percakapan yang didalamnya mengandung unsur ancaman kekerasan oleh pihak debt collector).

Maka dari itu, data WhatsApp perlu di-backup secara rutin, apalagi untuk para pengguna WhatsApp Business. Cara melakukannya mudah saja, asalkan anda menggunakan UnicTool ChatMover yang salah satu fungsi utamanya memang khusus ditujukan untuk backup data WhatsApp.

Kelebihan UnicTool ChatMover

UnicTool ChatMover dikembangkan untuk mendukung aktivitas backup WhatsApp secara rutin dari perangkat Android dan iOS ke PC dan laptop. Data yang di-backup tidak sekedar data chat (obrolan).

Semua jenis data didukung oleh UnicTool ChatMover. File video, foto, musik, dokumen, pesan, emoji, dan lain-lain. Sekali lagi, apa pun jenis data yang tersimpan di dalam akun WhatsApp anda, UnicTool ChatMover dapat menyalin semuanya ke PC dan laptop.

Kelebihan UnicTool ChatMover sebagai alat backup WhatsApp tidak itu saja. Masih ada kelebihan-kelebihan lainnya yang bisa anda simak berikut ini.

Sangat Mudah Digunakan

Secanggih apa pun fitur-fitur yang ditawarkan oleh sebuah software, banyak pengguna yang akan enggan untuk memakainya apabila semua fitur tersebut sulit untuk digunakan. Sebagai solusi backup yang ditujukan untuk semua kalangan pengguna, UnicTool ChatMover dikembangkan dengan sangat memperhatikan kemudahan pemakaiannya.

Begitu anda menjalankan software tersebut, anda bisa langsung mengetahui bagian mana yang perlu anda klik untuk backup, export, restore, atau transfer data WhatsApp. Semua fitur ini diposisikan sedemikian rupa pada interface UnicTool ChatMover agar mudah untuk ditemukan.

Kemudahannya tidak berhenti sampai di situ saja. Setiap fitur dilengkapi dengan petunjuk yang memandu anda langkah demi langkah. Jika misalnya anda ingin transfer data WhatsApp, anda hanya perlu mengikuti semua petunjuk yang ada dari awal hingga akhir untuk melakukannya.

100% Aman

Faktor keamanan relatif lebih penting daripada faktor kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan software. Dalam hal ini, pengembang UnicTool ChatMover mengklaim bahwa mereka mematuhi kebijakan GDPR (General Data Protection Regulation) dan regulasi-regulasi lain yang terkait dengan pengolahan data.

Mendukung Android dan iOS

Jumlah pengguna iPhone di Indonesia mungkin tidak sebanyak pengguna Android, tetapi UnicTool ChatMover tetap mendukung keduanya. Prosedur backup dan restore data WhatsApp di kedua perangkat tersebut juga sama-sama tidak menyulitkan pengguna.

Mendukung WhatsApp dan WhatsApp Business

Pada awalnya WhatsApp semata-mata adalah solusi komunikasi untuk keperluan pribadi, tetapi dalam perkembangannya banyak yang menggunakannya untuk kebutuhan bisnis. Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, akhirnya muncullah WhatsApp Business.

WhatsApp Business menyediakan opsi-opsi tambahan yang memungkinkan anda untuk menambahkan data yang terkait dengan bisnis seperti jam buka, tipe bisnis, alamat bisnis, katalog produk, dan link ke website bisnis anda. Semua data ini bisa anda backup dengan UnicTool ChatMover.

Transfer, Backup, Restore, Export dalam 1X Klik

Apa pun keperluan anda dalam menggunakan UnicTool ChatMover, semuanya mudah untuk dijalankan. Ingin backup data WhatsApp? Atau mungkin restore data WhatsApp? Semua serba praktis. Bahkan ketika anda ingin transfer konten WhatsApp dari perangkat Android ke iOS, atau sebaliknya, caranya juga sama mudahnya.

Backup Data WhatsApp dengan UnicTool ChatMover

Pertama-tama silahkan download UnicTool ChatMover terlebih dahulu. Jika sudah, install sampai selesai, lalu jalankan UnicTool ChatMover. Selanjutnya, untuk backup data WhatsApp ke PC, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Hubungkan perangkat anda ke PC. Jika anda ingin backup WhatsApp dari iPhone ke PC, maka anda harus klik “Trust this computer” pada layar iPhone. Jika yang ingin anda backup adalah data WhatsApp pada Android, fitur USB debugging harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam Android. Setelah itu, klik tombol “Start“ pada jendela UnicTool ChatMover, yang kemudian diikuti dengan memilih WhatsApp Messenger atau WhatsApp Business sesuai dengan tipe akun WhatsApp yang hendak anda backup.

Hubungkan iPhone/Android ke PC

2. Proses backup WhatsApp relatif lebih mudah dilakukan pada iPhone karena anda hanya menunggu sampai selesai setelah melalui langkah di atas. Untuk Android, anda perlu melakukan langkah-langkah berikutnya sesuai dengan instruksi pada layar agar UnicTool ChatMover dapat mengakses data WhatsApp anda untuk di-backup.

3. Lamanya proses backup tergantung pada kualitas koneksi antara Android/iPhone dengan PC dan besarnya ukuran file data WhatsApp. Begitu prosesnya selesai, akan muncul notifikasi pemberitahuan pada layar UnicTool ChatMover.

Data WhatsApp berhasil di-backup

Restore Data WhatsApp dengan UnicTool ChatMover

Proses restore data WhatsApp juga tidak kalah mudahnya. Anda hanya perlu menjalankan tahapan-tahapan berikut ini.

1. Jika anda sudah backup WhatsApp berkali-kali, anda perlu memilih salah satu backup untuk di-restore. Setelah itu, hubungkan iPhone atau Android ke PC untuk memulai proses restore.

Ada catatan penting yang harus anda ingat. Data WhatsApp yang ada di dalam HP akan terhapus saat proses restore dijalankan. Maka dari itu, sebaiknya anda backup dulu data tersebut jika tidak ingin kehilangan.

Pilih versi backup

2. Untuk iPhone, fitur “Find My iPhone” harus dimatikan dulu sebelum menjalankan proses restore. Untuk Android, gunakan WhatsApp yang sudah dikustomisasi oleh UnicTool dan ikuti rangkaian instruksi yang harus anda jalankan di komputer untuk memulihkan data WhatsApp ke HP Android anda.

Nonaktifkan fitur Find My iPhone sebelum restore

3. Tunggu sampai semua data WhatsApp berhasil dipulihkan oleh UnicTool ChatMover yang ditandai dengan munculnya notifikasi.

Data WhatsApp berhasil dipulihkan

UnicTool ChatMover menyimpan setiap backup sebagai file tersendiri. Dengan demikian anda akan memiliki beberapa versi backup yang nantinya bisa anda pilih ketika hendak memulihkan data WhatsApp. Banyaknya jumlah backup yang bisa anda simpan tidak dibatasi oleh UnicTool ChatMover sehingga anda bisa menyimpan backup sebanyak yang anda perlukan.

Jika anda bingung memilih file backup yang mana yang sebaiknya anda restore, anda bisa melihat isi setiap file. Setelah anda yakin dengan file backup yang anda pilih, mulailah proses backup seperti yang sudah ditunjukkan di atas.

Mengenai seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses backup dan restore, selain tergantung pada banyaknya data yang perlu ditransfer, juga tergantung pada spesifikasi HP yang digunakan.

Sebagai contoh, HP Android yang sudah dilengkapi dengan USB Type-C secara teori mampu mentransfer file lebih cepat daripada HP yang hanya berbekal micro USB. Kecepatan transfer USB Type-C bisa mencapai hingga 10 Gbps, sedangkan micro USB hanya mencapai hingga 480 Mbps.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara melakukan backup dan restore data WhatsApp di Android dan iPhone dengan menggunakan UnicTool ChatMover. Jika anda tak ingin kehilangan data WhatsApp, lakukanlah backup sebelum terlambat dan lakukanlah sesering mungkin.

  • User Interface - 9.5/10
    9.5/10
  • Features - 9/10
    9/10
  • Functionality - 9.5/10
    9.5/10
  • Compability - 9/10
    9/10
  • Ease of Use - 9/10
    9/10
Overall
9.2/10
9.2/10

Leave a Reply

Send this to a friend