Bagaimana Microsoft Menjadikan Peralihan Dari IE ke Edge Sangat Mudah

Bagaimana Microsoft Jadikan Peralihan Dari IE ke Edge Sangat Mudah

NESABAMEDIA.COMInternet Explorer pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 dan menjadi pintu masuk pilihan jutaan pengguna untuk mengakses World Wide Web. Namun meskipun IE tidak lagi menjadi browser populer, browser itu masih dijadikan rujukan oleh beberapa orang dan perusahaan yang masih menggunakan aplikasi dan situs lama mereka. Perlu diketahui bahwa Microsoft akan mengakhiri IE pada tanggal 15 Juni 2022. Lalu bagaimana masa depan IE dan dampak yang akan terjadi pada bisnis orang-orang?

Pada 19 Mei 2021, ketika mengumumkan berakhirnya dukungan untuk Internet Explorer, Microsoft menyatakan bahwa masa depan IE itu adalah Microsoft Edge. Apa yang tersedia bagi organisasi komersial, admin IT, pengembang atau pengguna IE adalah pengalaman web yang lebih cepat, lebih aman dan lebih modern dalam bentuk Microsoft Edge. Browser baru ini pun memiliki mode IE yang akan menjadi satu-satunya browser dengan kompatibilitas bawaan untuk situs dan aplikasi berbasis IE yang lama.

Microsoft melakukan revolusi pada produk dan aplikasi mereka, dan ketika melaksanakannya, mereka juga memastikan bahwa situs dan aplikasi lama masih mendapatkan dukungan dan tidak akan ditinggalkan. Microsoft Edge dengan Mode IE adalah sebuah solusi yang akan menjadi jembatan bagi web masa depan sembari memberikan akses ke web versi lama. 

Lalu apa saja kelebihan Microsoft Edge yang diklaim mampu menggantikan Internet Explorer?

Peningkatan Kompatibilitas

Dengan peluncuran Windows 10, Microsoft telah menyarankan pengguna untuk memakai Microsoft Edge sebagai browser modern, dan kembali ke IE hanya saat dibutuhkan apabila ada masalah kompatibilitas dengan website atau aplikasi lama. 

Karena Microsoft Edge dengan Mode IE itu dibuat dengan dasar mesin Chromium, pengguna akan mendapatkan keuntungan mesin ganda. Pengguna bisa mengakses situs modern dengan Chromium dan situs lama menggunakan Mode IE.

Dukungan App Assure Untuk Windows 10 dan Microsoft 365

Studi yang dilakukan Microsoft yang melibatkan pengguna dan ratusan ribu aplikasi menemukan bahwa lebih dari 99,7 persen aplikasi bekerja pada versi terbaru produk Microsoft. Bahkan jika sebuah aplikasi tidak berfungsi, tidak perlu khawatir. Layanan jaminan Microsoft App hadir dengan menjanjikan bahwa aplikasi lama IE akan berfungsi di Microsoft Edge. 

Apabila ada masalah dengan salah satu aplikasi, pengguna bisa menghubungi tim App Assure, dan teknisi mereka untuk melakukan perbaikan tanpa adanya biaya tambahan.

Efisiensi Produktivitas

Tetap efisien dan produktif adalah tujuan utama pengguna sehari-hari, dan hanya dengan sebuah browser untuk mengakses semuanya adalah nilai tambah tersendiri. Microsoft dengan mesin gandanya itu akan mampu meningkatkan efisiensi produktivitas pengguna. Entah itu situs publik atau aplikasi internal, pengguna bisa menjalankannya hanya dengan Microsoft Edge saja.

Keamanan Yang Lebih Baik

Di saat ancaman atas keamanan siber semakin meningkat, memastikan keamanan dari informasi penting pun semakin besar tantangannya. Diperkirakan ada 579 percobaan serangan atas kata sandi pengguna terjadi setiap detiknya. Namun Microsoft Edge menjanjikan tingkat keamanan untuk mengatasi masalah tersebut, dengan keberadaan Microsoft Defender SmartScreen. 

Edge juga menawarkan fitur Password Monitor, yang akan memindai Dark Web untuk mengidentifikasi apakah data pribadi pengguna telah mengalami peretasan. Microsoft Edge juga lebih tanggap ketika merespon adanya kerentanan keamanan. Misalnya, jika IE mendapatkan pembaruan keamanan satu bulan sekali, Edge bisa menerbitkan perbaikan secara langsung ketika sebuah kerentanan terdeteksi.

Leave a Reply

Send this to a friend