Bagaimana Titan M2 dan Tensor Bekerja di Pixel 6

Bagaimana Titan M2 dan Tensor Bekerja di Pixel 6

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menggunakan chip keamanan dengan desain baru bernama Titan M2. Keduanya bukanlah ponsel Pixel pertama yang dikirimkan dengan perangkat keras yang didukung oleh teknologi keamanan Titan, tetapi chip tersebut sepenuhnya didesain ulang.

Titan M2 adalah chip yang difokuskan untuk keamanan yang dikembangkan dan dirancang sepenuhnya oleh Google. Ini adalah prosesor RISC-V yang dikombinasikan dengan memorinya sendiri untuk menjembatani fungsi keamanan antara beberapa inti dan thread CPU. Arsitekturnya sendiri telah terbukti sangat tahan terhadap serangan siber.

Titan M2 juga mendukung Android Strongbox, yang dengan aman menghasilkan dan menyimpan kunci yang digunakan untuk melindungi kata sandi dan PIN pengguna. Titan M2 bekerja saling bahu-membahu dengan inti keamanan Google Tensor untuk melindungi kunci data pengguna saat digunakan di SoC.

Apa itu inti keamanan Google Tensor?

Inti keamanan Google Tensor adalah subsistem keamanan yang dirancang khusus. Ini adalah perangkat keras fisik aktual yang terdiri dari CPU khusus, ROM, memori yang dapat diprogram satu kali (OTP), mesin kripto, SRAM internal, dan DRAM yang dilindungi. Inti keamanan Tensor menggunakan Open-source Trusty TEE/

Di Pixel 6 dan 6 Pro, kasus penggunaan utama inti keamanan Tensor adalah melindungi kunci data pengguna saat runtime, memperkuat proses Secure Boot, dan berinteraksi dengan chip Titan M2 setiap kali ponsel anda meminta verifikasi kredensial.

Dengan dua perangkat keras ini, Pixel 6 dengan mudah menjadi salah satu ponsel Android paling aman yang pernah ada saat ini. Karena tidak ada tindakan yang diperlukan oleh pengguna, perangkat keras dapat dengan mudah melakukan tugasnya dan menjaga kredensial tepercaya tetap aman.

Titan adalah merek Google untuk produk keamanan berbasis perangkat keras, dan dengan seri Pixel 6, sekarang menjadi ‘setelan dua chip khusus’. Titan M2 adalah chip keamanan RISC-V terpisah yang sepenuhnya dirancang dan dikembangkan oleh Google. Ini berkomunikasi dengan inti keamanan Google Tensor baru, yang merupakan subsistem keamanan yang dirancang khusus. Bersama-sama mereka didedikasikan untuk menjaga privasi pengguna.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend