Apa itu Bahasa Pemrograman SQL? Mengenal Bahasa Pemograman SQL

Apa itu Bahasa Pemrograman SQL? Mengenal Bahasa Pemrograman SQL

Apa itu bahasa pemrograman SQL? SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language yang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan menajemen data di dalam RDBMS. Bahasa ini biasanya berisi perintah sederhana yang di dalamnya terdapat berbagai instruksi khusus yang bisa digunakan untuk keperluan manipulasi data. Perintah yang dimiliki bahasa SQL sering disebut Query.

Jenis Perintah Pada Bahasa Pemrograman SQL

Pengertian Bahasa Pemrograman SQL

Setelah mempelajari seputar pengertian bahasa pemrograman SQL, Anda juga harus mengetahui apa saja jenis perintah yang terdapat pada SQL. Terdapat 3 perintah dasar di dalam SQL yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. DDL atau Data Definition Language

Jenis perintah SQL yang pertama akan kita bahas adalah DDL. Perintah ini merupakan perintah yang paling dasar pada bahasa pemrograman SQL. Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah struktur database. Perintah DDL masih dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Create: perintah yang digunakan untuk membuat database baru, baik berupa kolom maupun tabel baru. Anda bisa membuat query seperti “CREATE DATABASE nama_database”
  • Alter: perintah yang digunakan untuk mengubah struktur pada tabel yang sudah ada. Misalnya Anda ingin mengubah nama tabel, mengubah, menambahkan, maupun menghapus kolom dan menambahkan beberapa atribut lainnya
  • Rename: perintah yang digunakan untuk mengubah nama pada tabel maupun kolom yang sudah ada. Jika Anda menggunakan perintah ini, maka perintahnya yaitu “RENAME TABLE nama_table_lama TO nama_tabel_baru”
  • Drop: perintah ini digunakan untuk menghapus database, kolom, tabel, sampai dengan index
  • Show: perintah yang satu ini berfungsi untuk menampilkan tabel yang sudah ada

2. DML atau Data Manipulation Language

Sesuai dengan namanya, DML merupakan perintah untuk memanipulasi data yang ada pada database. Terdapat beberapa jenis perintah DML ini yaitu:

  • Insert: dengan perintah ini, Anda dapat memasukkan record baru dalam tabel databse
  • Select: perintah ini digunakan untuk menampilkan atau mengambil data pada sebuah tabel. Data yang diambil tidak hanya satu jenis data melainkan bisa lebih dari satu tabel dengan menggunakan relasi
  • Update: perintah ini bisa Anda gunakan ketika ingin memperbarui data dalam tabel. Misalnya ketika terdapat kesalahan saat memasukkan record, Anda tidak harus menghapusnya. Anda bisa memperbarui data tersebut dengan perintah ini
  • Delete: sesuai namanya, perintah DML yang satu ini digunakan untuk menghapus record yang ada di dalam tabel

3. DCL atau Data Control Language

Sebuah perintah yang digunakan untuk mengatur apa saja hak dari pengguna baik hak pada tabel maupun database. Beberapa perintah yang berhubungan dengan DML yaitu:

  • Grant: perintah yang digunakan pada saat admin ingin memberikan hak akses pada pengguna lainnya
  • Revoke: perintah yang digunakan untuk mencabut hak akses yang dimiliki pengguna

Leave a Reply

Send this to a friend