Google Chrome Zero Day Windows 10

Bahaya! Jangan Gunakan Chrome di Windows 10, Sebelum Melakukan Pembaruan

NESABAMEDIA.COMPengguna diminta untuk segera memperbarui versi browser Chrome, dan Google mengatakan hal ini sangat mendesak untuk dilakukan. Pembaruan kali ini akan berisi sejumlah perbaikan pada sejumlah masalah keamanan serius, termasuk bug Zero Day yang saat ini sedang menjadi andalan utama para peretas, dan targetnya adalah perangkat Windows 10.

Bug Zero Day ini mengacu pada masalah keamanan yang ditemukan pada software pra-rilis, di mana para peretas memanfaatkannya sebagai celah di versi setelah rilis. Bug Zero Day pertama tercantum dengan kode CVE-2020-16009 pada catatan perilisan keamanan terbaru browser Chrome. 

Lebih lanjut, celah ini terdapat pada komponen Javascript Chrome V8 di perangkat desktop, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun hingga saat ini, tidak diketahui bagaimana para peretas secara teknis memanfaatkan celah tersebut untuk penyerangan. 

Ini adalah patch kedua dalam dua minggu terakhir yang terkait dengan bug Zero Day. Bug ketiga yang berdampak pada daftar pustaka font di browser Chrome, yakni CVE-2020-15999, dan telah ditambal pada pembaruan tanggal 20 Oktober yang lalu. 

Bug ini memungkinkan peretas melakukan pengambilalihan akses dari jarak jauh, untuk kemudian memasang malware yang ditandemkan dengan bug Zero Day lain yang ada di Windows 10, sehingga kerusakan yang dihasilkan bisa semakin parah. 

Kabar baiknya adalah, ketiga bug Zero Day itu telah diperbaiki oleh Chrome, sementara bug yang ada pada Windows 10 akan datang dalam waktu dekat. Lebih lanjut, Microsoft akan merilis perbaikan celah di sistem Windows 10 kemungkinan pada pembaruan 10 November nanti. 

Meski demikian, pengguna disarankan tidak menggantungkan pada pembaruan otomatis. Karena pembaruan otomatis ini juga tidak dirilis secara serentak, namun bisa terjadi delay antara satu pengguna dengan yang lainnya. 

Sekali lagi pengguna disarankan untuk segera melakukan pembaruan, meski harus secara manual. Karena meskipun bug Zero Day ini sangat langka, namun dampaknya bisa benar-benar serius. 

Sebagai informasi tambahan, pengguna Windows 10 yang belum juga memperbarui perangkat mereka dengan pembaruan Oktober 2020 (20H2), akan jauh lebih rentan akan bug Zero Day ini. Segeralah mengakses Chrome://settings/help di browser Chrome untuk melakukan pembaruan. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend