Begini Cara Gunakan Whatsapp UWP Baru di Windows 10 dan 11

Begini Cara Gunakan Whatsapp UWP Baru di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMMeta tengah mengerjakan sebuah XAML baru berbasis aplikasi desktop untuk aplikasi Whatsapp mereka di Windows 11 dan Windows 10. Aplikasi itu sebelumnya telah muncul di Microsoft Store sejak awal November dan kini telah secara resmi tersedia untuk pengujian beta, dengan pembaruan baru yang diluncurkan kemarin lewat toko aplikasi tersebut. 

Whatsapp UWP saat ini masih dalam tahap beta dan bisa diunduh dari Microsoft Store baik di Windows 11 dan Windows 10. Diyakini bahwa aplikasi desktop yang baru ini berbasis pada XAML dan WinUI, serta komponen web berbasis Electron untuk kinerja yang lebih baik. 

Dalam hal kinerja, pengalaman Whatsapp yang baru ini dinilai lebih baik daripada Whatsapp versi web dan desainnya juga mirip dengan yang ada di Windows Phone dan web.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Whatsapp UWP masih dalam tahap beta di awal pengembangan, sehingga mungkin anda tidak akan mendapatkan fitur tingkat lanjut seperti dukungan status. 

Untuk memasang Whatsapp yang baru ini, buka halaman aplikasi Whatsapp di Microsoft Store berikut ini. Kemudian tinggal klik tombol unduh atau download, namun pastikan terlebih dahulu anda memiliki versi terbaru dari Windows 10 atau Windows 11. 

Perlu dicatat juga bahwa anda bisa menjalankan Whatsapp UWP Beta bersamaan dengan Whatsapp Desktop atau web. 

Fitur Baru di Whatsapp UWP

Whatsapp UWP menggunakan tampilan modern sebagai bagian dari WinUI. Misalnya, kini aplikasi itu menggunakan sudut membulat, namun ini hanya tersedia sebagai bagian dari Windows 11 yang baru saja. Selain itu, terlihat juga bahwa ada efek transparan Mica yang diterapkan di aplikasi ini. 

Sedangkan di Windows 10, anda akan melihat adanya efek transparan akrilik, yang memberikan pengalaman asli yang lebih baik, serta selaras dengan antarmuka dan peningkatan desain modern yang tersedia untuk OS tersebut. 

Meta juga dikabarkan sedang mengerjakan dukungan untuk Windows Inking. Untuk menggunakan fitur tersebut, tinggal klik tombol lampiran atau attachment dan klik ‘inking’. Ini adalah alat yang sangat baik untuk mereka yang menggunakan layar sentuh, namun juga bisa bekerja dengan mouse atau touchpad. 

Yang mengejutkan, Whatsapp UWP Beta juga memiliki dukungan untuk notifikasi toast tradisional dan juga Focus Assist untuk Windows 10 dan Windows 11. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments