Tidak Sulit! Begini Cara Membuat Folder Baru di Android

Cara membuat folder baru di Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Bagi sebagian pengguna baru smartphone ataupun android mungkin masih merasa kesulitan tetang bagaimana cara membuat folder baru dalam gadget mereka.

Artikel ini pas sekali untuk kamu yang masih baru menggunakan Hp Android, dan belum tahu cara untuk membuat folder baru di Android kamu. Karna artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat folder baru di Android.

Membuat Folder Menggunakan File Manager

Jika kamu ingin membuat folder langsung di Penyimpanan Perangkat atau Kartu SD, caranya adalah dengan menggunakan File Manager. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, buka file manger pada Hp Android kamu, seperti contoh pada gambar.

cara membuat folder baru di Android

2. Setelah membuka file manager Hp Android kamu, kemudia pilih letak folder yang akan ditambah. Di Penyimpanan Perangkat atapun Kartu SD, seperti contoh pada gambar.

cara membuat folder baru di Android

3. Kemudian sentuh/pilih  menu Lainnya, yang terletak di bagian atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

sentuh lainnya

4. Kemudian pilih/sentuh Membuat Folder, seperti contoh pada gambar.

cara membuat folder baru di Android

5. Kemudia, buat nama folder yang baru kamu tambah dan sentuh/pilih  Membuat. Seperti contoh pada gambar.

buat nama folder

6. Membuat folder baru sudah selesai, sekarang memindahkan file kedalam folder baru kamu. Pilih file/gambar yang akan kamu pindahkan kedalam folder baru, kemudian pilih/sentuh Lainnya yang berada pada atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

cara membuat folder baru di Android

7. Kemudian pilih/sentuh Pindahkan, seperti contoh pada gambar.

pilih/sentuh pindahkan

8. Kemudian klik Selesai pada folder baru kamu. Seperti contoh pada gambar.

cara membuat folder baru di Android

9. Jika folder baru yang kamu buat tidak muncul di galeri, restart Hp kamu. Ini hanya berlaku jika folder yang kamu buat untuk penyimpanan foto/gambar dan video.

 

Membuat Folder Menggunakan Galeri

Tujuan membuat folder baru di galeri adalah untuk mengatur koleksi foto ataupun video agar terlihat lebih rapi. Berikut langkah-langkah membuat folder dalam galeri:

1. Pertama, buka Galeri di Hp Android kamu. Seperti contoh pada gambar.

buka galeri hp

2. Setelah membuka Galeri, kemudia pilih/sentuh Lainnya yang berada di bagian atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

pilih Lainnya

3. Kemudian pilih/sentuh Buat Album, seperti contoh pada gambar.

pilih buat album

4. Selanjutnya pilih letak penyimpanan folder baru kamu, seperti contoh pada gambar.

pilih letak folder baru

5. Setelah memilih penyimpanan folder baru, kemudian buat nama folder baru kamu dan sentuh/pilih Buat. Seperti contoh pada gambar.

pilih buat

6. Kemudian pilih foto/gambar yang ingin pidahkan kedalam folder baru, dan pilih/sentuh Selesai yang berada pada atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

pilih gambar dan sentuh selesai

7. Setelah itu akan muncul pertanyaan apakah kamu ingin menyalin atau memindahkan gambar. Jika kamu ingin  menyalin gambar ke folder baru, pilih/sentuh Salin. Atau jika kamu ingin memindahkan gambar ke folder baru pilih/sentuh Pindah. Seperti contoh pada gambar.

pilih salin atau pindah

 

Membuat Folder Aplikasi di Android

Pernahkah kamu mengalami kesulitan ketika mencari aplikasi di smartphone ata Android kamu?? mungkin kejadian ini sempat kamu alami. Saya pernah mengalami kejadian ketika saya ingin membuka aplikasi Transportasi Online saya kesulitan untuk menemuka aplikasi tersebut di gadget handphone saya, akhirnya teman saya menyaran untuk membuat folder aplikasi di Android, yang bisa memudahkan saya untuk mencari aplikasi-aplikasi yang sering saya gunakan. Maka saya akan memberi tahu cara bagaimana membuat folder aplikasi di Android kamu dengan mudah dan cepat.

Disini saya mencontohkan Membuat Folder Aplikas di Android dengan menggunak Hp Samsung J5, berikut langkah-langkahnya

1. Pertama, pindahkan semua aplikasi yang ingin kamu jadikan dalam satu folde ke layar Home Hp Android kamu. Seperti contoh pada gambar.

pindahkan aplikasi ke layar home

2. Setelah memindahkan semua aplikasi yang ingin dijadikan dalam satu folder, kemudian geserkan aplikasi tersebut kedalam aplikasi lain, hingga berada dalam satu folder. Seperti contoh pada gambar.

aplikasi dalam satu folder

Jika sudah seperti gambar diatas, kemudian sentuh tanda Tambah pada folder tersebut jika ingin menambahkan aplikasi lain kedalam folder tersebut. Seperti gambar diatas.

3. Kemudian pilih aplikasi yang ingin ditambah ke dalam folder aplikasi, dan sentuh/pilih Tambah yang terletas di posisi atas kiri. Seperti contoh pada gambar.

tampah aplikasi kedalam folder

 

Itulah cara untuh menambahkan folder baru di Android. Cara Membuat Folder Baru di Android sangatlah mudah dengan mengikuti cara-cara diatas. Kamu bisa memindahkan file,foto,video ataupun aplikasi kedalam folder sesuai keinginan kamu, guna untuk merapikan penyimpanan kamu. Semoga artikel ini bermamfaat .Selamat Mencoba dan Terima Kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend