Berkat Adele, Spotifiy Ubah Tombol Play Yang Dinanti Pengguna Sejak Lama

Berkat Adele, Spotifiy Ubah Tombol Play Yang Dinanti Pengguna Sejak Lama

Setelah Adele meluncurkan album 30 baru-baru ini, Spotify pun melakukan perubahan yang cukup signifikan pada pengalaman pengguna akan fitur album secara default di aplikasi mereka. Diumumkan bahwa Spotify telah menghapus tombol ‘shuffle’ atau acak sebagai pengalaman default saat pengguna mendengarkan sebuah album musik. 

Lalu apa pengaruh Adele dalam perubahan Spotify ini? Adele dalam akun Twitter resminya menjelaskan bahwa setiap lagu di dalam album barunya itu memiliki kisah tersendiri, yang disusun sedemikian rupa dengan mengikuti urutan track yang ada di album tersebut. Atau dengan kata lain, kisah yang ingin disampaikan di balik masing-masing lagu dalam satu album tersebut telah berurutan sesuai track-nya. 

Tampaknya, ini juga merupakan perubahan yang telah lama dinantikan oleh banyak pengguna lainnya. Dan faktanya, Adele juga menyempatkan waktu untuk memuji langkah Spotify yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan album kesukaan mereka seperti yang mereka inginkan. 

“Ini adalah satu-satunya permintaan saya yang pernah mengubah sebuah industri. Kami tidak menciptakan album musik dengan begitu banyak perhatian dan pikiran tanpa ada alasan tertentu. Karya seni kami mengisahkan sebuah cerita dan cerita kami seharusnya bisa didengarkan dengan cara yang semestinya. Terima kasih Spotify untuk mau mendengarkan,” kata Adele dalam akun Twitternya. 

Sementara itu pihak Spotify pun memberikan tanggapan atas pujian yang diberikan Adele tersebut. Chris Macowski, Kepala Komunikasi Musik di Spotify, mengkonfirmasi perubahan tersebut dengan mengatakan bahwa pengguna dan artis sama-sama telah meminta fitur tersebut. Bagi pengguna yang masih ingin mengacak album, mereka tetap dapat melakukannya dengan membuka tampilan Now Playing dan memilih tombol Shuffle. 

Fitur baru ini juga hadir bersamaan dengan Spotify yang meluncurkan fitur lirik baru secara global, memungkinkan pengguna baik yang gratisan dan berbayar berkaraoke dengan lirik yang telah disediakan, yang bergulir secara otomatis dan real time ketika musik diputar. 

Macowski menambahkan bahwa tombol Play yang baru itu hanya tersedia untuk pengguna berbayar, artinya pengguna gratisan masih mendapatkan pengalaman ‘shuffle’ di perangkat mobile mereka. 

Leave a Reply

Send this to a friend