• Our Partners:

Bisakah Windows 11 Berjalan di Perangkat Mac

Bisakah Windows 11 Berjalan di Perangkat Mac?

NESABAMEDIA.COMSistem operasi terbaru Microsoft menghadirkan banyak fitur baru dan peningkatan desain, banyak di antaranya mirip dengan fungsionalitas macOS. Hal ini pun membuat publik penasaran, apakah Windows 11 nantinya bisa berjalan di perangkat mac milik Apple?

Meskipun memasang Windows di perangkat Mac telah menjadi hal yang umum bagi banyak orang di masa lalu, Windows 11 dan M1 Mac membawa beberapa hal yang berbeda yang menjadi tantangan tersendiri.

Memasang Windows di Mac

Memasang Windows di perangkat Mac telah menjadi cara yang populer untuk mendapatkan kinerja dan fitur terbaik dari kedua platform tersebut dalam satu perangkat. Secara historis, memasang Windows di Mac menjadi mudah berkat adanya tool Boot Camp bawaan. Boot Camp adalah utilitas multi-boot Apple yang memandu pengguna lewat partisi disk, untuk memasang Windows bersama macOS, atau dalam hal ini dual-boot.

Namun, pada chip Silicon M1 Apple, Boot Camp tidak lagi didukung. Ada kemungkinan bahwa Apple dapat mendukung pemasangan Windows 11 pada Mac berbasis chipset Intel yang lebih lama menggunakan Boot Camp, tetapi mereka belum mengkonfirmasi hal ini.

Selain itu, menurut persyaratan minimal sistem Windows 11, perangkat apa pun yang menjalankan sistem operasi baru itu perlu menawarkan modul keamanan yang disebut TPM.

Apa itu TPM?

TPM (yang merupakan singkatan dari Trusted Platform Module) adalah chip keamanan yang meningkatkan enkripsi dan login yang jauh lebih aman. Ini terintegrasi ke dalam perangkat keluaran terbaru. Windows dapat menggunakan chip TPM untuk perlindungan yang lebih baik dengan BitLocker dan Secure Boot.

Apakah Mac Memiliki TPM?

Beberapa Mac berbasis Intel memiliki fitur chip TPM yang terintegrasi ke dalam prosesor, tetapi tidak didukung. Ada kemungkinan bahwa Apple akan menawarkan beberapa metode untuk mengaktifkan dan menggunakan chip TPM untuk bisa menjalankan Windows 11, tetapi ini belum diumumkan.

M1 Mac Apple tidak memiliki fitur TPM, tetapi mereka memiliki chip keamanan T2 milik Apple yang terpasang. Dengan Apple perlahan-lahan beralih dari prosesor berbasis Intel ke chip silikonnya sendiri, prospeknya tidak bagus bagi mereka yang ingin menjalankan Windows secara native di Mac mereka nantinya.

Bagaimana Dengan Windows 365?

Microsoft baru-baru ini mengumumkan Windows 365, solusi PC berbasis cloud. Windows 365 memungkinkan pengguna mengakses lingkungan Windows berbasis cloud dari sistem lain, langsung dari browser. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses Windows 365 pada perangkat komputer apa pun dengan browser yang didukung, termasuk perangkat macOS dan Android.

Windows 365 juga mendukung Windows 11, jadi ini adalah cara terbaik sejauh ini untuk menggunakan Windows di perangkat Mac.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend