• Our Partners:

Situs Wikipedia

Boikot Wikipedia Diserukan Pemicunya Terkait Artikel PKI

NESABAMEDIA.COMNama Wikipedia belakangan ramai jadi perbincangan netizen, dengan munculnya tagar #boikotwikipedia yang menjadi trending topic di internet. Seruan untuk melakukan boikot Wikipedia ini tak lain disebabkan oleh isi salah satu artikel atau dokumen yang ada di halaman ensiklopedia tersebut. Apalagi, isu yang dibawa dalam artikel itu merupakan isu yang sangat sensitif untuk dibahas di Indonesia, yakni masalah Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selama ini isu PKI menjadi sebuah hal yang “terlarang” untuk diperbincangkan. Tak lain karena sejarah masa lalu bangsa Indonesia yang sempat terjadi ‘perang sipil’ gara-gara partai tersebut. Apalagi, banyak sekali rahasia-rahasia dan konspirasi di sekitar isu PKI itu yang sejarahnya hingga kini masih terus memunculkan perdebatan. 

Wikipedia mendapatkan hujatan dan hastag #boikotwikipedia menjadi trending topic. Pasalnya, dalam salah satu artikel yang membahas PKI itu, isinya dianggap menyesatkan oleh para pengguna internet. Disebutkan, ‘partai terlarang’ itu menjadi korban pembantaian pada tahun 1965, dengan menyebut nama mantan presiden Soeharto sebagai dalang dibalik tragedi pembantaian tersebut.

Roy Suryo Boikot Wikipedia

Roy Suryo Boikot Wikipedia

Seruan untuk melakukan revisi pada artikel Wikipedia itu kemudian ramai-ramai didengungkan. Salah satu tokoh yang menyerukan perbaikan isi artikel itu adalah Roy Suryo. Pengamat telematika dan juga mantan Menpora itu mengajak para sejarawan yang benar-benar kredibel untuk melakukan perbaikan konten Wikipedia tersebut dengan menuliskan sejarah yang sebenarnya. 

Sementara itu, netizen lainnya menghakimi Wikipedia dengan menyerukan aksi boikot lewat hastag #boikotwikipedia. Mereka mengajak pemboikotan, mempertanyakan kebijakan dari Wikipedia sehingga isi artikel semacam itu bisa sampai lolos proses editorial. Terlebih, mereka menyebut jika artikel yang dianggap menyesatkan itu sudah termuat di Wikipedia sejak 2 bulan yang lalu. 

Di sisi lain, sejumlah netizen juga mengkritisi aksi #boikotwikipedia. Mereka mempertanyakan maksud dibalik seruan aksi boikot terhadap Wikipedia. Jika memang dianggap telah memuat tulisan yang menyesatkan, kesalahan itu seharusnya bukan sepenuhnya di alamatkan ke pihak Wikipedia. Mereka juga meragukan pemahaman netizen yang menyerukan aksi boikot, akan fungsi dan keberadaan dari Wikipedia itu sendiri.

Sebab Wikipedia sebenarnya adalah sebuah wadah open source. Artinya siapa pun bisa menuliskan konten atau artikel mengenai segala hal di halaman Wikipedia. Termasuk juga melakukan editing dari artikel yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, Wikipedia tidak bisa begitu saja dijadikan sebagai sumber yang mutlak atau valid kebenarannya.

Menurut mereka yang kritis akan aksi boikot tersebut, langkah terbaik sebenarnya adalah dengan memperbaiki konten yang dianggap menyesatkan itu. Bukan sebaliknya dengan menyerukan aksi boikot terhadap Wikipedia. [br/tn]

One Response

  1. Avatar Yogi

Leave a Reply

Send this to a friend