Bug fTPM AMD Sebabkan Stuttering di Perangkat Windows 11

Bug fTPM AMD Sebabkan Stuttering di Perangkat Windows 11

NESABAMEDIA.COMDi antara banyak CPU di luar sana, AMD adalah yang paling banyak memiliki masalah dengan Windows 11 sejauh ini. Kini, sebuah bug fTPM AMD menyebabkan masalah pada sistem audio, dan juga menimbulkan stuttering di perangkat tertentu. Masalah ini kebanyakan terjadi pada perangkat PC yang baru saja ditingkatkan dari Windows 10 ke 11. 

TPM merupakan sistem keamanan yang terikat pada CPU yang ramai diperbincangkan ketika diperkenalkan sebagai persyaratan minimal untuk bisa menjalankan Windows 11. Di sistem AMD, TPM ini disebut dengan fTPM, yang merupakan jenis modul keamanan yang diterapkan pada firmware sistem, alih-alih chip tersendiri. 

Lebih lanjut, fTPM bisa diaktifkan dengan mudah di sistem AMD, tapi untuk beberapa konfigurasi, mengaktifkan modul ini tampaknya menyebabkan masalah kinerja. Bug yang baru-baru ini ditemukan, membuat pengguna AMD harus menunggu pihak perusahaan untuk bisa dengan segera memperbaiki masalah ini. 

Diketahui penerapan oleh AMD mengenai fTPM ini kebanyakan menimbulkan masalah dengan audio dan menyebabkan frame rate saat bermain game terganggu. Memang bisa dipahami jika masalah semacam ini bisa membuat pengguna yang paling tenang sekalipun frustasi, dan ini adalah sesuatu yang wajib dengan segera diatasi oleh AMD. 

Keluhan pengguna ini dilontarkan ke sejumlah forum, dan dikonfirmasi oleh banyak pengguna lainnya yang mengaku mengalami permasalahan yang sama. Meski demikian, bug ini sepertinya tidak berdampak ke semua perangkat PC, namun hanya di perangkat tertentu ketika baru saja memperbarui ke Windows 11 dari Windows 10. 

Dari laporan yang ada, tampaknya masalah ini juga tidak benar-benar membuat perangkat sama sekali tidak bisa digunakan. Pasalnya, masalah stuttering ini kebanyakan terjadi hanya dalam beberapa detik saja, dan terjadi secara acak. 

Sejauh ini memang tidak ada perbaikan resmi yang dikirimkan oleh AMD, namun beberapa pengguna tingkat lanjut menawarkan solusi sementara, sembari menunggu datangnya perbaikan dari pihak AMD dan juga Microsoft mengenai masalah ini. 

Saran yang diberikan adalah dengan mencopot Windows 11 dan mematikan fTPM di Windows 10. Meskipun memang cukup dengan mematikan fTPM tanpa harus mencopot Windows 11, namun ada beberapa game yang mengharuskan fTPM ini aktif di Windows 11. Sehingga langkah yang terbaik untuk sementara waktu ini adalah dengan kembali ke Windows 10. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend