Bug NTFS Windows 10

Bug Yang Rusak Sistem NTFS Windows 10, Telah Diperbaiki Microsoft

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah memperbaiki bug tingkat tinggi NTFS di Windows 10 yang ditemukan pada bulan lalu, melalui sebuah pembaruan yang dirilis ke Windows 10 Insider Build 21322. Meskipun pembaruan berisi penambalan tersebut belum hadir di kanal beta dan pengguna umum, bug itu jika terpicu, akan merusak hardisk NTFS dan sistem kemudian akan melakukan restart PC.

Di saat Microsoft merilis pembaruan keamanan untuk menambal semua celah kerentanan yang telah terdeteksi, seorang bernama Jonas L melaporkan adanya bug Zero Day di sistem NTFS Windows 10. Dalam laporan yang dia sampaikan itu, bug tersebut dijelaskan sebagai bug tingkat tinggi karena bisa menyebabkan kerusakan di direktori file hanya dengan sebuah perintah baris. Terlebih, rupanya masalah ini seperti disepelekan oleh beberapa pihak. 

Adapun bug tersebut dikategorikan dengan kritis tingkat tinggi dikarenakan bug itu bisa dieksekusi oleh semua pengguna, baik pengguna dengan hak akses tingkat rendah maupun tingkat tinggi. Bug tersebut terpicu oleh sebuah perintah baris berikut ini: 

cd c:\:$130:$bitmap

Penting, jangan akses jalur di atas karena akan memicu terjadinya kerusakan sistem permanen.

Dilaporkan juga bahwa bug tersebut ada di versi Windows 10 Build 1803 atau pembaruan Windows 10 April 2018, hingga ke versi yang terbaru. Ketika jalur direktori itu diakses melalui program Command Prompt dan menekan tombol Enter, maka akan muncul pemberitahuan pop-up yang bertuliskan “File atau direktori rusak dan tidak terbaca.”

Setelahnya, sistem akan meminta pengguna untuk melakukan restart perangkat dan kemudian dilakukan pengecekan disk dan mencoba untuk melakukan perbaikan. Dalam beberapa kasus, sistem akan berhasil memulihkan disk yang mengalami kerusakan tersebut, namun juga ada beberapa yang melaporkan mereka mengalami kerusakan permanen. 

Hingga saat ini, bagaimana proses kerusakan sistem itu bisa terjadi masih belum bisa diketahui, namun pihak Microsoft telah memperbaikinya dengan merilis pembaruan Windows 10 di Dev Channel program Windows Insider dengan pembaruan Build 21322. 

Bug ini tidak terdokumentasikan secara resmi oleh pihak Microsoft, namun sangat disarankan pengguna untuk segera melakukan pembaruan. Namun karena perbaikan saat ini hanya tersedia untuk pengguna yang tergabung di Beta Channel, pengguna umum disarankan untuk tidak mengakses jalur direktori di atas. 

Leave a Reply

Send this to a friend