Cara Belanja di Bukalapak Sampai Barang Datang di Rumah Anda, Lengkap untuk Pemula!

Bukalapak merupakan salah satu marketplace terbesar dan terpopuler. Sama halnya dengan Tokopedia, marketplace ini bertujuan untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam dunia digital (secara online).

Di Bukalapak, anda dapat membeli berbagai macam barang dan produk secara online dari berbagai penjual (red: pelapak) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan pembelian barang yang anda inginkan, yup cukup menggunakan ponsel anda, anda dapat belanja apapun dengan mudah dan tinggal menunggu paket kiriman datang di rumah anda.

Dengan adanya Bukalapak, kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli mendapatkan keuntungan. Penjual dapat mempromosikan barang mereka dengan mudah, cukup membuka lapak / toko online di Bukalapak sedangkan pembeli dapat membeli barang yang mereka inginkan dengan mudah di Bukalapak, cukup melalui ponsel mereka!

Panduan Cara Belanja di Bukalapak untuk Pemula

Disini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana sih cara belanja di Bukalapak, dengan mudah, bahkan jika anda belum mempunyai rekening, anda tetap bisa melakukan pembelian di Bukalapak. Tutorial kali ini menggunakan aplikasi Bukalapak karena tampilan dan navigasinya lebih mudah dipahami daripada versi webnya, jadi download terlebih dahulu aplikasinya disini.

Langsung saja, berikut langkah demi langkah yang perlu anda simak untuk cara belanja di Bukalapak dengan mudah:

1. Membeli Barang / Produk di Bukalapak

1. Buka aplikasi Bukalapak. Tampilan aplikasi Bukalapak kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya pilih Akun untuk login atau melakukan pendaftaran akun.

cara belanja di Bukalapak untuk pemula

2. Saya anggap anda baru pertama kali menggunakan aplikasi Bukalapak, jadi pilih Daftar Akun.

belanja di Bukalapak 2

3. Nanti anda akan mendapatkan notifikasi yang menyarankan anda untuk daftar menggunakan akun google anda. Namun disini saya tidak daftar menggunakan akun google saya karena saya lebih suka menggunakan nomor telepon, jadi pilih NONE OF THE ABOVE.

cara belanja di Bukalapak

4. Masukkan nama lengkap anda beserta email atau nomor telepon anda (saya lebih menyarankan nomor telepon). Masukkan nomor telepon yang aktif dan anda gunakan saat ini. Setelah itu pilih Jenis Kelamin anda, Laki-laki atau Perempuan kemudian scroll kebawah.

belanja di Bukalapak 4

5. Masukkan username atau nama pengguna yang anda inginkan (pastikan usernamenya tersedia). Kemudian masukkan password yang anda inginkan. Buat password yang tidak terlalu sulit dan tidak juga terlalu mudah, minimal kombinasi huruf dan angka sekaligus mudah anda ingat. Pada kolom Referral, biarkan kosong. Setelah itu pilih Daftar.

cara belanja di Bukalapak dengan cicilan

6. Setelah itu anda akan dikirimi SMS yang berupa kode verifikasi yang perlu anda masukkan ketika membuat akun baru di Bukalapak. Namun biasanya nomor akan secara otomatis terverifikasi jika nomor HP yang anda masukkan pada form pendaftaran tadi itu benar.

7. Setelah registrasi akun baru sudah selesai, anda akan dibawa ke menu Akun. Selanjutnya pilih Pengaturan Akun.

belanja di Bukalapak 6

8. Sebelum berbelanja di Bukalapak, anda perlu menambahkan alamat rumah anda (alamat pengiriman). Maka dari itu, silakan pilih Alamat.

9. Kemudian pilih Tambah Alamat.

cara belanja di Bukalapak bayar di Indomaret

10. Masukkan data-data yang diperlukan seperti Label Alamat, Atas Nama, No. Telepon dan lain sebagainya. Kemudian scroll sedikit kebawah.

belanja di Bukalapak 9

11. Masukkan alamat pengiriman secara lengkap agar memudahkan kurir mengirim paket anda. Cek terlebih dahulu apakah alamat pengiriman yang anda masukkan sudah benar. Jika sudah, pilih Simpan.

12. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti dibawah, pilih Ya.

belanja di Bukalapak 11

13. Berikut alamat pengiriman anda yang telah tersimpan.

belanja di Bukalapak 12

14. Selanjutnya silahkan berburu produk atau barang yang ingin anda beli. Sebelum membeli barang, terlebih dahulu anda harus mengecek detail barang dengan jelas, ulasan atau review barang tersebut dan bandingkan dari beberapa pelapak yang mempunyai barang yang sama (barang yang ingin anda beli). Jika sudah mantap dengan barang tersebut, pilih Beli.

belanja di Bukalapak 13

15. Selanjutnya pilih Lanjut ke Pembayaran. Namun jika anda ingin berbelanja lagi dan total pembayarannya nanti dijadikan satu, silakan pilih Tambah Barang Lagi. Namun disini, saya hanya membeli 1 barang saja.

belanja di Bukalapak 15

16. Pastikan alamat pengiriman dan nomor telepon sudah benar. Setelah itu, scroll sedikit kebawah.

belanja di Bukalapak 16

17. Pilih jumlah barang yang diinginkan, disini saya biarkan 1 karena memang jumlah barang yang saya beli hanya 1. Kemudian pilih Jasa Pengiriman yang anda inginkan, biasanya kalau saya sih JNE dan J&T, namun disini saya menggunakan J&T tipe Regular. Kemudian pada opsi Ya, carikan saya barang pengganti, anda boleh mencentangnya atau tidak. Selanjutnyanya pilih Lanjut ke Pembayaran.

belanja di Bukalapak 17

18. Tentukan metode pembayaran yang anda inginkan. Disini saya memilih Indomaret karena lebih mudah, ya meskipun saya mempunyai rekening bank, namun saya lebih suka melakukan pembayaran di Indomaret maupun Alfamart. Jadi, meskipun anda belum mempunyai rekening bank, tidak perlu khawatir karena pembayaran dapat dilakukan di Indomaret / Alfamart. Selanjutnya scroll kebawah sedikit.

belanja di Bukalapak 20

19. Jika anda mempunyai kode voucher, silakan dimasukkan kemudian pilih Gunakan (kode voucher yang saya gunakan bisa jadi kedepannya sudah tidak berlaku lagi). Kode voucher terbaru bisa dicek langsung disini. Jika anda tidak mempunyai kode voucher, opsi Ya, saya ingin menggunakan voucher biarkan kosong (tidak usah dicentang). Selanjutnya pilih Bayar.

belanja di Bukalapak 22

20. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah pergi ke Indomaret membayar jumlah uang sesuai total pembayaran beserta nomor tagihan (seperti yang saya tandai warna merah). Bilang saja pada penjaga kasir bahwa anda ingin melakukan pembayaran di Bukalapak, mereka pasti akan mengerti kok.

belanja di Bukalapak 23

2. Melacak Paket Anda Berada

Umumnya nomor resi keluar paling lambat 2 hari (menurut pengalaman saya), namun biasanya sih jika anda belanja hari ini, besoknya sudah keluar kok. Anda juga dapat melacak posisi paket anda berada langsung dari aplikasi Bukalapak dengan cara berikut ini:

1. Buka aplikasi Bukalapak, kemudian pilih Transaksi. Klik barang produk / barang yang anda beli.

belanja di Bukalapak 25

2. Kemudian pilih Lihat histori pengiriman.

belanja di Bukalapak 25B

3. Akan terlihat histori / riwayat mengenai posisi paket anda. Anda juga bisa mengecek nomor resi melalui website resmi masing-masing ekspedisi pengiriman, namun saya rasa cek posisi paket menggunakan aplikasi Bukalapak sudah lebih dari cukup.

belanja di Bukalapak 25C

3. Hore, Paket Sudah Datang!

2 hari berikutnya paket sudah saya terima dalam kondisi baik. Sebelum melakukan konfirmasi barang sudah diterima, pastikan anda telah mengecek kondisinya terlebih dahulu, ada lecet atau tidak, sesuai yang dijelaskan di deskripsi barang atau tidak dan lain sebagainya. Berikut penampakan paket barang yang saya beli di Bukalapak:

belanja di Bukalapak 25D

Paket saya sudah datang!

4. Konfirmasi Bahwa Barang Sudah Diterima

Setelah anda selesai mengecek kondisi barang dan telah memastikan bahwa barang tersebut aman dan tidak lecet, selanjutnya anda perlu melakukan konfirmasi bahwa paket atau barang sudah diterima dengan cara berikut:

1. Pilih menu Transaksi, kemudian klik barang / produk yang anda beli. Selanjutnya pilih Konfirmasi Barang Diterima.

belanja di Bukalapak 26

2. Beri feedback dan komentar anda mengenai barang beserta pelayanan dari seller. Jangan lupa juga pilih opsi Saya setuju dengan melakukan….., kemudian scroll sedikit kebawah.

belanja di Bukalapak 27

3. Terakhir pilih Simpan. Anda telah berhasil melakukan konfirmasi barang.

belanja di Bukalapak 28

Itulah panduan cara belanja di Bukalapak yang bisa anda praktekkan sekarang juga. Tidak perlu ragu untuk belanja di Bukalapak, karena marketplace ini terbukti aman dan terpercaya. Namun meskipun begitu, belanja di manapun, anda tetap harus menjadi smart buyer atau pembeli yang bijak dan pintar.

Baca deskripsi, review atau ulasan barang / produk yang ingin anda beli, chat penjual / pelapak untuk menanyakan ketersediaan barang dan hal-hal lain yang perlu anda tanyakan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan sampai jumpa lagi!

15 Comments

  1. Avatar Faris Rahman
  2. Avatar Faris Rahman
  3. Avatar Lybreth Alunat
  4. Avatar Bill
  5. Avatar ardiez
  6. Avatar Fahmi

Leave a Reply

Send this to a friend