Begini Cara Buka Toko di Tokopedia di HP Android Anda, Mudah dan Gak Ribet!

Di era teknologi yang semakin canggih, berjualan online cukup menggiurkan. Bagaimana tidak? Jangkauannya luas, Anda tak perlu capek membuka toko yang bahkan membutuhkan modal yang besar ataupun berkeliling menjajakan barang dagangan. Di dunia yang serba digital dan praktis ini, Anda hanya perlu menyiapkan smartphone, kuota internet dan produk yang akan dijual. Cukup mudah, bukan?

Memang sudah banyak yang menggunakan media sosial seperti instagram, Line, Whatsapp atau bahkan website untuk berjualan. Tetapi, ada media yang lebih aplikatif dan lebih terkontrol, yaitu Marketplace. Marketplace yang beraal dari kata “market” yang berarti pasar. Sebagaimana pasar pada umunya, pasar yang satu ini juga merupakan tempat membeli dan menjual barang, juga bertemunya antara penjual dan pembeli. Hanya saja, pasar ini bersifat online. Apalagi penggunaan internet yang semakin meningkat, membuat pebisnis memanfaatkan marketplace untuk mengembangkan usaha melalui internet.

Saat ini juga masyarakat cenderung lebih nyaman berbelanja online karena barang yang terletak sudah teratur. Beda halnya ketika belanja di Toko, yang membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih untuk bisa berlama-lama dalam memilih dan membeli sesuatu. Belum lagi halnya, jika barang tersebut not ready.

Salah satu contoh marketplace terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Akhir-akhir ini beberapa marketplace sedang berlomba-lomba untuk menarik pengguna dengan menawarkan best deals di masing-masing aplikasi. Seperti penawaran ongkir gratis, ataupun cashback hingga 70%. Hal ini tentu dapat menggaet banyak pengguna untuk menggunakan marketplace yang memberikan banyak kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja online.

Bagaimana cara buka toko di Tokopedia? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Buka Toko di Tokopedia

Berikut ini adalah cara buka toko di Tokopedia, step by step dengan penjelasan gambar. Untuk membuka toko di Tokopedia, Anda harus menginstall aplikasi Tokopedia pada smartphone Anda.

1. Sebelum membuka toko, Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Pada halaman utama, klik menu toogle yang berada pada pojok kiri.

cara buka toko di tokopedia

2. Jika Anda belum mendaftar, silahkan pilih menu daftar, atau jika Anda sudah mempunyai akun dan ingin masuk, silahkan pilih menu Masukcara buka toko di tokopedia di HP

3. Disini Anda bisa masuk melalui akun Google, Facebook, Nomor Ponsel, ataupun Yahoo. Saya akan masuk melalui akun Google, karena setiap orang pasti mempunyai akun google.

cara buka toko di tokopedia dengan mudah

4. Pilh akun google yang akan Anda gunakan untuk masuk ke Tokopedia.

cara buka toko di tokopedia

5. Nah, akan tampil dashboard atau home Tokopedia seperti gambar dibawah ini. Jika Anda ingin membuka toko, klik menu toogle yang berada di pojok kiri atas.

dashboard atau home Tokopedia

6. Selanjutnya, tampil banyak menu seperti gambar di bawah ini. Pilih menu Buka Toko yang terletak paling bawah pada menu tersebut.

Pilih menu Buka Toko

7. Selanjutnya, isi data Nama Toko dan Domain Toko. Nama Toko ini terserah Anda, sesuai kebutuhan Anda karena nantinya toko ini Anda sendiri yang kelola. Domain Toko juga diisi untuk membedakan toko Anda dengan  toko lainnya.

isi data Nama Toko dan Domain Toko

8. Langkah 1, Isi data Slogan Toko dan Deskripsi Toko. Kedua data tersebut bersifat opsional. Maksudnya ialah boleh diisi, boleh juga tidak. Tetapi, disarankan untuk mengisinya, agar konsumen mengerti toko apa yang sedang ia kunjungi seperti menjual produk apa saja atau apapun mengenai toko Anda. Klik Selanjutnya, untuk ke langkah berikutnya.

Isi data Slogan Toko dan Deskripsi Toko

9. Langkah 2, Lokasi Pengiriman. Lengkapi lokasi pengiriman Anda seperti Kota dan Kode Pos, tempat Anda mengirimkan produk kepada konsumen. Bisa juga Anda menambahkan Pinpoint lokasi, tetapi ini bersifat opsional. Dimana pinpoint lokasi ini berguna jika Anda menggunakan kurir Express seperti Go-Send ataupun Grab Express. Klik Selanjutnya, untuk ke langkah berikutnya.

Lengkapi lokasi pengiriman Anda

10. Langkah 3, Layanan Kurir. Pilih layanan kurir apa yang akan Anda gunakan dalam pengiriman barang. Klik Selanjutnya, untuk ke langkah berikutnya.

Langkah 3, Layanan Kurir

11. Ternyata Anda telah sampai pada akhir dari langkah-langkah membuka toko. Selamat, Anda sudah berhasil membuka toko di Tokopedia.

langkah-langkah membuka toko

12. Buka kembali menu toogle yang ada di pojok kiri atas home Tokopedia. Lihat menu yang paling bawah sudah berisi dengan nama toko yang sudah Anda isi diatas.

Lihat menu yang paling bawah sudah berisi

13. Klik Tambah Produk, untuk menambahkan produk apa saja yang akan Anda jual di Tokopedia.

Klik Tambah Produk

14. Selanjutnya, lengkapi data produk Anda. Mulai dari gambar produk, nama produk, kategori, etalase bahkan harga sekalipun.

lengkapi data produk Anda

Bagiamana, mudah bukan? Sekian penjelasan mengenai cara buka toko di Tokopedia, semoga bermanfaat dan dapat Anda gunakan untuk membuka toko tanpa modal yang besar serta memudahkan Anda dalam berjualan online. Terimakasih dan selamat mencoba tutorial diatas!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend