4 Cara Cek Kuota Smartfren 3G / 4G dengan Sangat Mudah, Mari Disimak!

Jika Anda sudah mengetahui berapa kuota internet yang tersisa di kartu SIM Smartfren Anda, hal ini akan lebih membuat Anda nyaman ketika menjelajahi di situs-situs tersebut, tidak khawatir proses streaming, ataupun download yang sedang berjalan berhenti di tengah jalan karena kahabisan kuota.

Bukan hanya untuk mengakses situs media sosial saja, untuk mengakses situs-situs yang lain pun kita perlu memastikan kuotanya cukup.

Tentu akan terasa tidak menyenangkan ketika misalnya kita sedang mengakses internet untuk keperluan pekerjaan, tiba-tiba internet terputus karena kita kurang teliti kita dalam mengelola kuota data internet yang kita gunakan.

4 Cara Cek Kuota Smartfren dengan Cepat

Setiap provider telepon seluler menyediakan bermacam-macam layanan pengecekan kuota internet.

Smartfren sebagai salah satu provider telepon seluler terkemuka di Indonesia, telah memberikan kemudahan kepada usernya untuk mengecek kuota paket data internet, dengan empat (4) cara cek kuota Smartfren, yaitu sebagai berikut.

Cara 1 – Mengirimkan kode SMS “CEK” ke 995

Cara yang pertama adalah dengan mengirimkan kode SMS berupa 3 karakter “CEK” ke nomor 995. Kita sering menyebutnya Layanan SMS, seperti yang kita dapati pada cara cek pulsa dan cek kuota data internet pada provider seluler lainnya.

Layanan SMS ini tidak dikenakan pulsa sama sekali, balasan dari 995 nantinya adalah informasi sisa pulsa Smartfren Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Message atau Pesan di smartphone Anda.

2. ketikkan “CEK” tanpa tanda petik, kirim ke nomor 995.

cara cek kuota smartfren

3. Tunggu beberapa saat, Anda akan menerima pesan balasan dari 995.

cara cek kuota smartfren gsm

Cara 2 – Dial menggunakan kode USSD *995#

Cara cek kuota Smartfren yang kedua menggunakan aplikasi phone atau telepon pada smartphone Anda, ketikkan kode *995#, lalu lakukan dial-up ke nomor tersebut.

Panggilan ini tidak akan dikenakan pulsa alias gratis seperti pada cek menggunakan SMS. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Phone atau telepon di smartphone Anda.
  2. Ketikkan nomor *995#, lalu lakukan panggilan dengan menekan ikon telepon.
    cara cek kuota smartfren
  3. Tunggu beberapa saat, Anda akan menerima informasi mengenai kuota Smartfren Anda di layar smartphone.

    cara cek kuota smartfren 4G

  4. Tidak hanya sisa kuota saja, akan ditampilkan juga sampai kapan masa berlaku paket internet tersebut.

Cara 3 – Menggunakan aplikasi “MySmartfren”

Cara ketiga, menggunakan aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini harus Anda download dahulu melalui Google Playstore.

Pada kata kunci pencarian, ketik “MySmartfren” maka Anda langsung dapat menemukannya. Sebelumnya, pastikan kuota internet Smartfren Anda masih mencukupi sehingga aplikasi ini akan terinstall otomatis.  Untuk dapat menggunakannya, pastikan koneksi internet tetap terhubung.

Cara cek kuota Smartfren dengan aplikasi ini cukup mudah/simple. Begitu Anda membuka aplikasi ini, maka informasi kuota internet Anda akan tampil di halaman awal aplikasi ini.

Sekaligus juga akan ditampilkan tambahan informasi tentang jumlah pulsa. Di situ juga Anda akan mendapati tombol “More Information” untuk melihat informasi lebih jauh mengenai bonus data yang Anda miliki.

aplikasi “mysmartfren”

Cara 4 – Melalui situs “my.smartfren.com”

Cara keempat ini terbilang agak rumit dibanding ketiga cara sebelumnya. Untuk menggunakan fitur pada situs my.smartfren.com, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Proses registrasinya cukup rumit, bila Anda merasa kesulitan untuk login, Anda dapat meminta bantuan dengan mendatangi Galeri Smartfren di kota Anda. Berikut ini langkah-langkah cara cek kuota smartfren melalui situs resmi Smartfren.

1. Buka internet browser di komputer Anda (akan lebih mudah menggunakan komputer personal/laptop/PC daripada menggunakan smartphone), lalu ketikkan alamat “https://my.smartfren.com”, tekan Enter.

cara cek kuota smartfren

2. Masukkan username dan password untuk melakukan login. Bila Anda belum mempunyai akun maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu, dengan klik tombol Daftar. Isi data yang dibutuhkan untuk mendaftarkan akun Smartfren Anda.

3. Setelah berhasil login, maka Anda dapat mengakses akun Anda dan melihat informasi-informasi yang berkaitan dengan nomor Smartfren Anda, termasuk informasi dan keterangan mengenai kuota internet pada nomor Smartfren yang Anda gunakan.

Itulah tutorial cara cek kuota Smartfren dengan mudah. Bisa jadi sewaktu-waktu langkah-langkahnya bisa berubah sesuai kebijaksanaan dari provider. Demikian informasi ini kami sajikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend